pkm1

Animal Anology: Aksesoris Pintar Karya Mahasiswa UGM

Tim mahasiswa UGM berhasil mengembangkan terobosan baru dalam bidang teknologi yakni alat untuk mengidentifikasi dan menampilkan data rekam medis hewan secara elektronik. Inovasi ini diharapkan dapat mempermudah praktisi kesehatan hewan dalam mengidentifikasi dan menjaga kualitas data informasi kesehatan hewan. “Produk kami berupa kalung hewan yang dilengkapi dengan RFID. Ada beberapa komponen yang digunakan yaitu arduino dan modul RFID reader sebagai pendeteksi. Sedangkan untuk menampilkan data medisnya menggunakan aplikasi visual studio,”kata Ketua tim pengembang, Rafika Nur Azizah.

pkm2

Inovasi yang dinamai Animal Anology atau singkatan dari Animal Accesories Technology ini berawal dari Program Kreativitas Mahasiswa bidang Penerapan Teknologi (PKM-T) 2018 yang mendapat dana hibah dari DIKTI. Rafika mengembangkan produk ini bersama dengan keempat rekannya yaitu Rani Rismayani (Rekam Medis 2016), Tanatsa Fahma Al Husna (Rekam Medis 2016), Avita Putri W (Kesehatan Hewan 2015) serta Aditya Bagus K (Teknik Fisika 2016) di bawah bimbingan Savitri Citra Budi, S.K.M.,M.P.H.

Produk ini dapat memberikan beberapa keuntungan bagi praktisi kesehatan hewan diantaranya: sebagai identitas pada setiap hewan yang berkunjung ke klinik hewan, efisiensi ruang penyimpanan, meminimalisir ketidaklengkapan pengisian informasi kesehatan hewan, dan tampilan yang menarik.

Dengan adanya perkembangan teknologi saat ini, Animal Anology menjadi alat yang dibutuhkan oleh praktisi kesehatan hewan. Sehingga bisa diperkirakan alat Animal Anology memiliki potensi yang besar untuk bertahan dalam jangka waktu yang lama dan dapat dikembangkan sesuai dengan kebutuhan. Diharapkan produk ini tidak hanya membantu mitra, tetapi juga seluruh penyedia jasa pelayanan kesehatan hewan lainnya di Indonesia.

Check Also

electronic health record

Inilah Tahapan Ideal Implementasi Rekam Medis Elektronik di Rumah Sakit

Berikut adalah tahapan ideal dalam implementasi rekam medis elektronik, khususnya di rumah sakit.

Show Buttons
Hide Buttons