Fakta di Balik Apple Watch yang Telah Menyelamatkan Hidup Seseorang

Apple, perusahaan tersohor di dunia yang bergerak dalam bidang teknologi. Pada artikel ini kami akan membahas apple watch atau jam yang diluncurkan oleh apple. Pasalnya beberapa waktu lalu seorang pria bernama James Green berasal dari New York mengunggah pengakuannya mengenai hidupnya yang telah diselamatkan oleh sebuah jam apple miliknya. Apple Watch memberikan notifikasi kepada green tentang detak jantungnya yang semakin meningkat dan berpotensi terkena serangan jantung. Berkat notifikasi tersebut, Green segera mendapatkan pertolongan di rumah sakit sehingga hidupnya terselematkan.

Apple Watch yang merupakan salah satu produk apple yang memiliki berbagai fitur, pada produk series 1-3 telah dilengkapi dengan perekam detak jantung. Cara kerjanya seperti aplikasi instant heart rate. Keunggulan dari perekaman jantung dengan Apple Watch ini selain lebih praktis karena telah otomatis detak jantung Anda dapat terekam ketika menggunakan jam tangan ini juga dapat melihat riwayat detak jantung anda secara lengkap melalui iPhone Anda. Lalu bagaimana cara kerja apple watch dalam merekam detak jantung penggunanya?

Cara Apple Watch mengukur detak jantung

watch-measure-sensorsApple Watch menggunakan photoplethysmography sebagai alat sensor detak jantung. Cara kerja teknologi ini sangat sederhana : yaitu dengan menyerap pantulan warna merah dari aliran darah yang berwarna merah, Apple Watch menggunakan lampu LED hijau yang dipasangkan dengan fotooda sensitif cahaya untuk mendeteksi jumlah darah yang mengalir melalui pergelangan tangan Anda. Saat jantung Anda berdetak kencang, darah mengalir di pergelangan tangan dan penyerapan cahaya hijau LED lebih besar.

ios11-iphone7-watchos4-heart-rate

Apple Watch memiliki fitur notifikasi untuk peringatan jika detak jantung penggunanya saat beristirahat lebih dari 120 detik per menit. Fitur ini sangat membantu seseorang yang memiliki riwayat penyakit jantung atau pernafasan lainnya.  Tak heran jika James Green hidupnya dapat terselamatkan karena ia mengaktifkan notifikasi apple watch ini sehingga dirinya dapat tertolong dengan cepat.

Riwayat Detak Jantung pada App

Saat Anda sedang beraktivitas Anda dapat menggunakan aplikasi Workout, Apple Watch mengukur detak jantung Anda terus menerus selama beraktivitas dan selama 3 menit setelah aktivitas berakhir. Informasi serta data lain yang dikumpulkannya, membantu Apple Watch memperkirakan berapa banyak kalori yang telah Anda bakar. Apple Watch juga menghitung tingkat istirahat harian dan rata-rata berjalan Anda dengan menghubungkan bacaan denyut jantung dan data accelerometer. Terkait privasi dan kerahasiaan data, Anda dapat mengontrol pihak ketiga mana yang memiliki akses ke data kesehatan Anda dari aplikasi ini.

 

(Wahyu DJ)

Check Also

amoba2

AMOBA: Aplikasi untuk Kesehatan Ibu dan Anak Besutan Mahasiswa Sekolah Vokasi UGM

AMOBA (Application of Mother and Baby) adalah sebuah aplikasi mobile yang merupakan buah ide dari lima mahasiswa Sekolah Vokasi UGM.

Show Buttons
Hide Buttons