Leka – Teman Main Cerdas Untuk Anak Berkebutuhan Khusus

Mungkin kita sering mendengar kata autisme. Ya, dalam bahasa kedokteran autisme atau Autism Spectrum Disorder (ASD) adalah gangguan perkembangan saraf yang memengaruhi kemampuan anak dalam berkomunikasi, interaksi sosial, dan perilaku. Anak dengan sindrom ini membutuhkan terapi khusus salah satunya  dengan Cognitive Behavioural Therapy (CBT). Terapi tersebut dilakukan agar anak autisme dapat beradaptasi dengan lingkungan sekitar.

1

Sebuah tim dari Prancis yang didirikan dan diketuai oleh Ladislas de Toldi membuat sebuah robot mainan cerdas yang dinamakan Leka. Leka didirikan pada tahun 2013 , dipasarkan pada tahun 2016 dan masih dikembangkan hingga saat ini. Leka mengubah cara anak-anak dengan berkebutuhan khusus dalam belajar, bermain dan berfikir lebih maju. Leka adalah alat interaktif yang dirancang untuk membuat komunikasi antara terapis, orang tua dan anak menjadi lebih mudah, lebih efisien dan lebih mudah diakses. Cara kerjanya dapat menyesuaikan dengan kebutuhan dan kemampuan masing-masing anak, Leka mampu memberikan umpan balik yang penting kepada orang tua dan terapis mengenai kemajuan dan perkembangan anak.

3

Berdasarkan makalah yang dipublikasikan di peer review sources, Leka telah dikembangkan secara langsung dari kantor, sekolah, rumah dan dengan orang tua, terapis juga perawat, untuk membantu dalam berbagai pengaturan. Dilihat secara langsung di lapangan Leka lebih memudahkan dlam melakukan terapi, lebih efisien, dan lebih mudah diakses.

ekspresi wajah Leka memiliki wajah dengan berbagai ekspresi yang dapat dimengerti oleh anak. Tujuannya agar anak dapat belajar berekspresi terhadap lingkungannya.
an education tools Leka adalah permainan edukasi yang efektif dengan menampilkan berbagai objek agar dapat dipahami oleh anak.
komunikasi Leka dapat menghasilkan musik dan suara sehingga dapat digunakan untuk belajar berkomunikasi dengan anak.
sensori Leka dapat membuat lampu, suara dan getaran dari sesor yang diberikan oleh anak.
interaktif Leka adalah permainan yang interaktif dengan sensornya dapat memberikan reaksi terhadap interaksi anak. Leka melakukan gerakan lembut untuk memberikan umpan balik kepada anak.

(Wahyu Dwi J)

Referensi: autismspeaks, leka

Check Also

amoba2

AMOBA: Aplikasi untuk Kesehatan Ibu dan Anak Besutan Mahasiswa Sekolah Vokasi UGM

AMOBA (Application of Mother and Baby) adalah sebuah aplikasi mobile yang merupakan buah ide dari lima mahasiswa Sekolah Vokasi UGM.

Show Buttons
Hide Buttons