amoba2

AMOBA: Aplikasi untuk Kesehatan Ibu dan Anak Besutan Mahasiswa Sekolah Vokasi UGM

Kesehatan merupakan hal yang sangat penting untuk dijaga selama masa kehamilan bagi setiap ibu hamil. Hal tersebut dikarenakan kesehatan ibu akan berpangaruh terhadap kesehatan janin. Selama kondisi kehamilan, ibu akan mengalami beberapa perubahan baik fisik maupun psikologis. Oleh karena itu, ibu harus cermat dalam hal menjaga kesehatan selama kehamilan seperti memilih makanan yang pas, hal-hal yang perlu dilakukan atau tidak perlu dilakukan, dan kegiatan lain yang berpengaruh dengan kehamilan.

AMOBA (Application of Mother and Baby) adalah sebuah aplikasi mobile yang merupakan buah ide dari lima mahasiswa Sekolah Vokasi UGM. Lima mahasiswa tersebut  adalah  Yuni Rahmawati (Kebidanan) sebagai ketua tim, dengan empat anggotanya, Abidurrahman Alfaruq (Komsi), Ana Amirotun Solihah (Rekam Medis), Rizky Puspa Dewi (Kebidanan), dan Shyfany Krismarestuti (Rekam Medis), serta Savitri Citra Budi., SKM., M.PH. selaku dosen pendamping. Dalam rangka melaksanakan Program Kreativitas Mahasiswa bidang Pengabdian kepada Masyarakat, kelima mahasiswa tersebut dengan semangat menciptakan inovasi ini dengan Puskesmas Jetis Yogyakarta sebagai mitra.

AMOBA adalah sebuah aplikasi berbasis android sebagai sarana promotif peningkatan kesehatan ibu selama masa kehamilan hingga kelahiran dan kesehatan bayi baru lahir hingga berusia 2 tahun. Aplikasi ini memiliki sistem pengingat jadwal kunjungan periksa untuk ibu dan jadwal pengingat imunisasi untuk anak. Pengguna dari aplikasi ini adalah ibu hamil, ibu baru melahirkan, tenaga kesehatan seperti bidan, serta kader yang telah dipilih.

amoba

Terdapat tiga menu utama dalam AMOBA yaitu menu informasi, menu pengingat, dan menu komunitas. Adapun menu informasi di dalamnya memuat tiga sub menu. Menu kedua yaitu pengingat, di dalam menu ini ibu hamil akan mendapatkan jadwal pemerikasaan, jadwal minum obat, dan juga jadwal perawatan diri setiap harinya selama tiga trimester. Menu berikutnya adalah menu kominitas, setelah ibu memiliki akun, di dalam menu komunitas ibu dapat mengajukan pertanyaan yang kemudian dapat dijawab oleh ibu lain dan tenaga kesehatan.

AMOBA dapat didownload melalui Google Play Store. Saat ini pengunaan AMOBA masih terbatas pada wilayah kerja Puskesmas Jetis Kota Yogyakarta sebagai mitra implementasi awal. Harapan kedepan AMOBA tidak hanya dapat digunakan di wilayah Yogyakarta saja, tetapi dapat digunakan dalam lingkup nasional.

Check Also

free wifi

Tiga Fitur Penting Akses WiFi Fratis bagi Pengunjung Rumah Sakit

Dalam membangun jaringan wifi, tiga fitur ini layak menjadi perhatian. Pengunjung rumah sakit dapat menikmati wifi, staf juga tidak terganggu akses internetnya.

Show Buttons
Hide Buttons