Sperma: Senjata Pembunuh Sel Kanker pada Tubuh Wanita

Sahabat Gawai Sehat, pernah terbayang sperma dapat berperan sebagai agen pembawa obat untuk membunuh sel kanker di dalam tubuh?

The guided missile technique” adalah sebuah teknik yang menggunakan sperma sebagai pembawa obat ke sel kanker yang ada di dalam tubuh wanita. Teknik ini dapat menolong ribuan wanita yang memiliki kanker pada sistem reproduksinya. Kanker rahim telah membunuh sedikitnya 2000 wanita per tahun di Inggris dan inovasi teknik pengobatan ini merupakan upaya untuk mengatasinya.

sperm to destroy cancer

Sebelumnya teknik kemoterapi adalah yang paling banyak digunakan, teknik ini menggunakan racun untuk membunuh sel kanker sebelum mereka menyebar lebih luas. Namun teknik ini juga merusak sel-sel sehat disekitarnya. Selama beberapa tahun terakhir para peneliti mencari cara agar dapat membunuh sel kanker secara akurat tanpa harus merusak sel-sel sehat di sekitarnya. Salah satu cara adalah menggunakan bakteri sebagai pembawa obat yang langsung menuju sel kanker. Meskipun teknik ini cukup efektif tetapi kadang sistem imun tubuh akan membunuh bakteri tersebut sebelum sampai kepada sel kanker yang dituju. Solusi dari kasus ini adalah penggunaan sperma sebagai media pembawa obat, karena meskipun sperma merupakan “benda asing” bagi tubuh wanita, tetapi sistem imun tubuh wanita tidak akan membunuh sel sperma.

Para peneliti di Institute for Integrative Nanoscience di Jerman memilih untuk melakukan eksperimen menggunakan sperma karena kemampuannya hidup dan bergerak di saluran reproduksi wanita. Para peneliti masih mencoba berbagai cara untuk menyetir sel sperma agar bisa menjangkau lokasi sel kanker yang paling sulit sekalipun di organ reproduksi wanita serta terus menyempurnakannya agar tidak terjadi kehamilan saat proses pengobatan.

Sejauh ini teknik ini baru diujicoba di laboratorium menggunakan sperma banteng yang dipilih karena menyerupai struktur sperma manusia. Selanjutnya peneliti akan melakukan percobaan kepada sperma manusia. Teknik ini akan terus dikembangkan sehingga bisa diujicobakan kepada pasien kanker dalam kurun waktu 5 tahun ke depan. Mari kita tunggu hasil penelitiannya.

Sumber: PressReader

Check Also

free wifi

Tiga Fitur Penting Akses WiFi Fratis bagi Pengunjung Rumah Sakit

Dalam membangun jaringan wifi, tiga fitur ini layak menjadi perhatian. Pengunjung rumah sakit dapat menikmati wifi, staf juga tidak terganggu akses internetnya.

Show Buttons
Hide Buttons