Nano Retina: Chip untuk Mengatasi Kebutaan

Jutaan orang di seluruh dunia menderita penyakit retina degeneratif sehingga mengalami gangguan penglihatan dengan berbagai tingkat kebutaan dari sebagian hingga kebutaan total. Sebagian besar penyakit retina degeneratif disebabkan oleh kerusakan foto reseptor yang terdapat pada retina. Normalnya foto reseptor dapat mendeteksi cahaya kemudian mengirimkan sinyal elektrik ke otak untuk memproduksi gambar (cara kerja yang sama seperti kamera). Jika fotoreseptor mengalami gangguna maka gambar yang diproduksi akan menjadi blur atau bahkan tidak terlihat sama sekali.

Nano Retina, sebuah perusahaan di Israel telah mengembangkan teknologi yang dapat mengatasi masalah malfungsi retina dengan menciptakan implant dengan nama NR600 yang ditanam pada retina untuk menggantikan fungsi fotoreseptor yang rusak. NR600 terdiri atas chip implant yang ditanam pada retina dan sebuah kacamata yang dipakai oleh pasien.

nano retina 2

Nano Retina Implant ditanam pada mata dengan operasi kecil menggunakan anestesi lokal dengan proses yang cepat dan pasien tidak perlu menginap. Prosedur pemasangan implant memakan waktu kurang dari 1 jam.

nano retina

Teknologi ini masih dalam tahap pengembangan dengan pembiayaan dari beberapa investor. Biaya untuk 1 set Nano Retina berkisar $60.000, harga yang cukup mahal. Namun seiring dengan penyempurnaan produk dan produksi masal komponennya maka harga ini akan dapat ditekan. Selngkapnya tentang teknologi ini dapat Anda peroleh informasinya pada website resmi Nano Retina.

 

(DBS)

Check Also

free wifi

Tiga Fitur Penting Akses WiFi Fratis bagi Pengunjung Rumah Sakit

Dalam membangun jaringan wifi, tiga fitur ini layak menjadi perhatian. Pengunjung rumah sakit dapat menikmati wifi, staf juga tidak terganggu akses internetnya.

Show Buttons
Hide Buttons