Memilih Rekam Medis Elektronik yang Tepat untuk Fasilitas Pelayanan Kesehatan Primer

Anda bekerja di Fasilitas Pelayanan Kesehatan Primer? Sudahkah Fasyankes Primer Anda menggunakan Rekam Medis Elektronik? Nah setelah dipostingan sebelumnya sudah dibahas mulai dari manfaat RME, pengertian RME, scenario perkembangan RME, tampilan RME, tahapan ideal penerapan RME, dan yang terakhir tinjauan hukum RME. Rasanya kurang lengkap apabila belum dibahas cara memilih Rekam Medis Elektronik yang tepat untuk Fasilitas Pelayanan Kesehatan Primer.

Menurut Perpres Nomor 72 tahun 2012 tentang Sistem Kesehatan Nasional upaya kesehatan primer terdiri dari pelayanan kesehatan perorangan primer dan pelayanan kesehatan masyarakat primer. Pelayanan kesehatan perorangan primer adalah pelayanan kesehatan dimana terjadi kontak pertama secara perorangan sebagai proses awal pelayanan kesehatan. Pelayanan kesehatan masyarakat primer adalah pelayanan peningkatan dan pencegahan tanpa mengabaikan pengobatan dan pemulihan dengan sasaran keluarga, kelompok, dan masyarakat. Dari pengertian tersebut peran fasilitas pelayanan kesehatan primer adalah sebagai sarana pelayanan kesehatan yang pertama yang akan dituju baik pribadi maupun masyarakat apabila ingin berkonsultasi kesehatan maupun berobat.

Agar Fasyankes Primer Anda dapat bekerja secara optimal, Anda memerlukan Rekam Medis Elektronik. Fitur yang lengkap dan mudah digunakan sangat membantu para tenaga kesehatan dalam melakukan pelayanan kepada pasien. Pertanyaan besarnya adalah bagaimana cara memilih sistem Rekam Medis Elektronik yang tepat bagi Fasyankes Primer Anda karena ini sangat menentukan terkait dengan fungsi dan biaya yang akan dikeluarkan. Apa saja yang harus dipertimbangkan?

Kemudahan Penggunaan

Sebelum memutuskan Rekam Medis Elektronik mana yang akan Anda pilih alangkah lebih baik apabila Anda dan tim menguji dahulu produk tersebut untuk mengetahui kemudahan penggunaannya. Kemudahan penggunaan ini penting agar implementasi rekam medis elektronik dapat menunjang dan mendukung kegiatan pelayanan, bukan menghambat.

Kelengkapan

Kelengkapan fitur memungkinkan Anda dan tim untuk melakukan pekerjaan di masing-masing ruangan. Data dari masing-masing ruangan akan ditransfer dan dikumpulkan dalam database sistem tersebut. Semakin lengkap fiturnya maka semakin banyak aspek data dan pekerjaan yang dapat di-cover oleh sistem tersebut.

Terintegrasi

Rekam Medis Elektronik yang akan Anda pilih harus terintegrasi. Apabila sudah terintegrasi maka tagihan pasien dapat direkap secara otomatis, riwayat perawatan pasien secara kontinyu dapat diakses dengan cepat, pasien dapat menjadwalkan perawatan berikutnya sesuai dengan waktu yang diinginkan, kemudahan proses klaim, dan berbagai kemudahan lainnya.

Pengembangan Produk

Anda harus melihat apakah pihak developer selalu mengembangkan versi Rekam Medis Elektronik yang akan Anda pilih? Tantangan Fasyankes Anda ke depan akan semakin kompleks, Anda perlu dukungan sistem yang selalu diperbaiki dan dikembangkan untuk menjawab tantangan di masa depan.

Training and Support

Pelatihan online terkait perubahan system yang diperbaharui, tutorial online yang mudah diakses sangat membantu Anda dalam memahami system apabila ada kendala saat menggunakan Rekam Medis Elektronik.  Anda juga harus melihat apakah vendor tersebut menyediakan help desk atau customer support yang tanggap untuk menangani masalah Rekam Medis Elektronik.

Apakah sudah mendapat gambaran Rekam Medis Elektronik yang cocok untuk diterapkan di Fasyankes Primer Anda?

 

(Abdillah Azis)

 

Referensi:

Practice EHR. How To Select the Right HER System For Your Small Practice .18 Maret 2017.https://www.practiceehr.com/blog/how-to-select-the-right-ehr-system-for-your-small-practice

Republik Indonesia. 2012. Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 72 Tahun 2012 Tentang Sistem Kesehatan Nasional. Sekretariat Kabinet RI. Jakarta.

Check Also

rekam medis elektronik

Tampilan Menarik Rekam Medis Elektronik (RME)

Berikut adalah ulasan untuk membangun rekam medis elektronik dengan penampilan/interface yang menarik, simpel, dan mudah dipahami oleh semua tipe pengguna.

Show Buttons
Hide Buttons