Sambungkan Smartphone-mu dengan Sikat Gigi Pintar Ini

Di kehidupan sehari-hari kita perlu membersihkan seluruh anggota tubuh kita agar tetap bersih dan fresh. Salah satu anggota tubuh yang wajib dibersihkan adalah gigi. Setiap hari kita wajib membersihkan gigi minimal 2 kali sehari (pagi sesudah sarapan dan malam sebelum tidur). Alat untuk membantu kita untuk membersihkan gigi adalah sikat gigi.

Sikat gigi mulai berkembang, tidak hanya sikat gigi yang sering kita jumpai di supermarket atau warung-warung kelontong. Akan tetapi sikat gigi model terbaru yang dikembangkan oleh perusahaan asal Amerika Serikat by Onvi,  ini bernama Prophix. Prophix ini adalah bentuk sikat gigi yang sudah dibekali dengan kamera video. Kamera itu dapat mengetahui kondisi gigi kita saat sedang menggunakan Prophix.

prophix

Kebanyakan orang pada zaman sekarang mempunyai smartphone tetapi tidak digunakan dengan maksimal. Contohnya saja anak-anak muda sekarang menggunakan smartphone untuk update, upload dan lain-lain di media sosial.  Padahal, smartphone banyak memiliki fungsi yang  belum kita banyak ketahui. Salah satunya ada hubungannya dengan alat Prophix. Alat Prophix ini mudah digunakan, cukup kita memasang aplikasi smartphone yang tersedia untuk  iOS dan Android yang masih dalam tahap pengembangan.  Jadi, kita dapat merekam dan mengambil gambar kondisi gigi dari waktu ke waktu selama kita menyikat gigi dengan menggunakan Prophix. Meskipun kita  tidak dapat merekam dan menyimpan seluruh video melalui aplikasi, namun memungkinkan kita untuk snap gambar dari setiap titik masalah untuk berbagi dengan dokter gigi . Tak hanya itu, aplikasi ini juga dapat memberikan informasi perubahan dari kondisi gigi. Kita juga dapat menerima masukan-masukan untuk meningkatkan kualitas kesehatan mulut dari aplikasi tersebut.

Dalam paket pembelian alat Prophix ini  menyediakan beberapa perangkat tambahan seperti pengisi daya dan kepala sikat yang dapat diganti. Sikat gigi unik ini bisa didapat dengan harga kurang lebih US$ 299 atau sekitar Rp 4 juta rupiah. Pengagas Prophix adalah Seorang Dokter Gigi yang bernama Craig Kohler mengatakan  bahwa Prophix hadir sebagai sebuah solusi kesehatan gigi yang dapat dengan mudah dibawa ke rumah dan diharapkan dapat membantu kita untuk mengetahui kesehatan gigi karena kesehatan gigi ini penting. Rencananya Prophix akan mulai dipasarkan pada kuartal pertama 2017. Untuk saat ini, perangkat atau alat unik ini memang masih dipasarkan untuk wilayah Amerika Serikat dan belum masuk ke negara kita yaitu Indonesia. Namun, tak tertutup kemungkinan suatu saat sikat gigi ini dapat hadir untuk pasar Internasional. Semoga ke depan kita semakin betah menikmati menyikat gigi karena sudah ada sikat gigi pintar Prophix (hehehe).

 

(Okta Riviana)

Sumber: liputan6, trenmax

Image Credit: petapixel

Check Also

nano retina 2

Nano Retina: Chip untuk Mengatasi Kebutaan

Nano Retina, sebuah perusahaan di Israel, mengembangkan teknologi berupa implant untuk menggantikan fungsi fotoreseptor yang rusak.

Show Buttons
Hide Buttons