mobile-health-apps

[Survey] Berbagai Jenis Aplikasi Kesehatan Berbasis Mobile Di Pasaran

Revolusi aplikasi mobile telah membuka peluang bagi para pengembang atau developer aplikasi mobile untuk membuat aplikasi yang dibutuhkan masyarakat, salah satunya adalah aplikasi kesehatan berbasis mobile atau mobile health apps. Pada tahun 2012 saja tercatat sudah ada 40.000 aplikasi kesehatan yang beredar di pasaran. Terdapat berbagai jenis aplikasi kesehatan, dimulai dari yang hanya sekedar reminder sampai yang memiliki layanan sebagai sistem pendukung keputusan.

Kali ini Gawai Sehat akan membahas berbagai jenis aplikasi kesehatan berbasis mobile yang ada di pasaraan saat ini.

Aplikasi kesehatan untuk tenaga kesehatan

Aplikasi ini dibuat untuk memudahkan dan membantu para petugas kesehatan terutama dokter dan perawat. Sebuah survey menunjukkan bahwa mayoritas tenaga kesehatan menyukai aplikasi kesehatan yang memiliki fungsi instruksi kerjadrug reference guides dan decision support tools.

Aplikasi kesehatan untuk penyakit spesifik

Beberapa aplikasi kesehatan menyuguhkan pengetahuan kesehatan secara umum, namun beberapa yang lain diperuntukkan untuk penyakit yang spesifik. Seperti aplikasi kesehatan yang diperuntukkan khusus untuk penderita hiv/aids, diabetes, kanker payudara, dan Alzheimer.

Aplikasi kesehatan untuk pendidikan

Sebuah survey yang dilakukan oleh US Accreditation Council for Graduate Medical Education (ACGME) yang dipuplikasikan pada tahun 2012 menunjukkan bahwa 85% responden yang terdiri dari mahasiswa kedokteran menggunakan smartphone atau gawai dan lebih dari separuhnya menggunakan aplikasi mobile dalam aktifitasnya seperti drug guides, kalkulator kesehatan, kamus kesehatan, dan mobile library.

Aplikasi kesehatan untuk umum dan menjaga kebugaran

Aplikasi kesehatan ini banyak digunakan pleh masyarakat umum seperti aplikasi kesehatan untuk membantu mengontrol berat badan, membantu berhenti merokok dan mengobati kecanduan alcohol, memacu hidup sehat dengan berolahraga (Endomondo, Nike Run Club), dan berbagai aplikasi kesehatan lain yang menarik untuk membantu menjaga kesehatan individu dan masyarakat.

 

Sumber:

Maged, N. et al. 2014. Mobile medical and health apps: state of the art, concerns, regulatory control and certification. Online Journal of Public Health Informatics 5(3):e229.

*image credit: amazonaws

Check Also

AR VR dalam kesehatan

Peran AR, VR dan Gawai dalam Pelayanan Kesehatan

Augmented reality (AR), virtual reality (VR) dan gawai atau gadget memegang peranan penting dalam pengembangan dan peningkatan kualitas pelayanan kesehatan.

Show Buttons
Hide Buttons