Kalkulator Sehat: Aplikasi Simpel Untuk Solusi Sehat

Apa yang terlintas di benak Anda saat mendengar kata-kata indeks masa tubuh? Apakah Anda pernah menghitung berat tubuh yang seharusnya ideal untuk Anda? Apakah Anda penah mempehatikan berapa asupan cairan yang seharusnya dibutuhkan oleh tubuh kita untuk memenuhi kebutuhan cairan sehari-hari? Tentu harapan jawaban yang Anda berikan terutama untuk diri Anda sendiri adalah “YA”.

Sangat ribet ya kalau kita ditanya tentang berapa indeks masa tubuh kita, pasti anda langsung terpintas rumus BMI (Body Mass Index) dan langsung sibuk menghitung dengan kakulator atau menghitung manual ini dan itu dengan rumus atau bahkan ada yang belum faham apa itu indeks masa tubuh dan cara menghitungnya, sehingga jarang dari kita yang memperhatikan masalah indeks masa tubuh (body Mass Indexs) yang behubungan dengan berat ideal kita. Sensitif sekali kalau mendengar bahkan membicarakan berat badan ideal, padahal memperhatikan berat badan ideal menjadi salah satu keharusan yang merupakan poin penting untuk menjaga kesehatan tubuh agar tidak disebut kurus atau bahkan disebut obesitas karena kelebihan berat badan. Jangankan menghitung IMT untuk memantau dan memperhatikan berat badan ideal, hal paling sepele dan tak kalah penting untuk  menjaga kesehatan kita seperti kebutuhan asupan cairan tubuh pun kadang tak terfikirkan sehingga tak jarang tanpa kita sadari kita terkena dehidrasi, mudah lelah, lemas dan kurang bersemangat.

Nah sahabat Gawai Sehat jangan galau dulu ya kalau Anda belum bisa perhatian dengan kesehatan Anda, karena banyak sekali aplikasi penunjang untuk membantu Anda memperhatikan kesehatan salah satunya seperti “Kakulator Sehat”, aplikasi buatan dalam negri yang membantu Anda menghitung indeks masa tubuh, tinggi badan ideal, dan asupan kebutuhan cairan. Sudahkah Anda mengenal dan menggunakan “Kakulator Sehat” di ponsel android Anda?

Apa sih kakulator sehat?

Kakulator sehat adalah aplikasi yang membantu Anda dalam menghitung berat badan ideal berdasarkan body mass index dan rumus J.B Devine, menghitung kebutuhan air minum yang seharusnya kita penuhi sehari-hari, dan menghitung tinggi ideal Anda. Aplikasi kakulator sehat dengan versi 1.2.1 ini sangat simpel, dengan memasangnya di ponsel android Anda cukup menyediakan kapasitas ruang penyimpanan 0,92 MB Anda sudah bisa meninstall dan menggunakan kakulator sehat.

Bagaimana tampilan kakulator sehat?

Tampilan kakulator sehat ini sangat simpel, pada tampilan awal Anda akan langsung disuguhkan menu praktis untuk menghitung konsumsi air minum harian, berat badan ideal, tinggi ideal, riwayat, dan yang tak kalah bermanfaat ada berita kesehatan yang memudahkan Anda mengakses berita-berita kesehatan.

kalkulator sehat

Konsumsi air minum harian harian

Dalam menu ini Anda benar-benar sangat dimudahkan dalam mengontrol asupan air minum atau kebutuhan cairan yang seharusnya terpenuhi dalam jangka waktu sehari, dengan cukup mengetikkan berat badan dan umur Anda sekarang, Anda langsung mengetahui berapa asupan yang harus Anda penuhi sehari-hari sesuai umur dan berat badan Anda. Sebelum Anda menggunakan perhitungan konsumsi air minum ini anda wajib untuk melakukan penimbangan berat badan agar hasil yang didapat sesuai dengan kebutuhan tubuh Anda.

Berat badan ideal

Di menu ini Anda tinggal memasukkan berat dan tinggi badan untuk mengetahui indeks masa tubuh secara praktis berdasarkan rumus J.B Devine sehingga saat itu juga aplikasi tersebut menunjukan apakah berat badan Anda termasuk dalam kategori kurus, normal, atau dalam kategori gemuk. Wah praktis sekali ya.. tanpa kita harus menghitung rumus ini itu dan melakukan coret-coretan di kertas hanya untuk memperhatikan dalam kategori mana indeks masa tubuh kita sehingga pemantauan berat badan kita jadi lebih mudah.

Tinggi ideal

Di menu ini anda juga dapat menentukan apakah tinggi badan Anda ideal dan sesuai dengan berat badan Anda. Hanya cukup memasukkan berapa berat badan saat ini dan Anda akan mendapatkan hasil berapa tinggi badan yang seharusnya ideal dengan berat badan sekarang.

Berita kesehatan

Dalam menu ini Anda bisa mengakses berita-berita kesehatan dari kompas health dan detik health yang bisa Anda simak untuk menambah pengetahuan seputar kesehatan

Riwayat

Menu ini menyimpan hasil perhitungan, mulai dari konsumsi air minum harian, berat ideal, dan tinggi harian sehingga memberikan kemudahan bagi Anda apabila ingin melakukan pemantauan berat badan secara berkala. Aplikasi ini sangat bermanfaat, terutama bagi Anda yang sedang menjalankan program diet atau menjaga pola makan dimana kita tak perlu susah-susah lagi melakukan perhitungan untuk melakukan pemantauan berat badan. Dalam riwayat ini anda bisa dengan mudah membandingkan berat badan Anda sebelumya dengan berat badan sekarang.

Bagaimana? Apakah Anda berminat dengan aplikasi praktis ini? “Kalkulator Sehat” dapat Anda download disini.

 

(Susitrisyani)

Rating Redaksi Gawai Sehat

Manfaat
Tampilan
Kemudahan
Efisiensi Storage
Fitur

Overall

Check Also

mobile-health-apps

[Survey] Berbagai Jenis Aplikasi Kesehatan Berbasis Mobile Di Pasaran

Terdapat berbagai mobile health apps atau aplikasi kesehatan berbasis mobile di pasaran, mulai dari yang memiliki fungsi sederhana hingga yang kompleks.

Show Buttons
Hide Buttons