IndoHCF Innovation Award: Penghargaan bagi Inovator Bidang Kesehatan di Indonesia

Indonesia Healthcare Forum (IndoHCF) merupakan bentuk CSR dari IDS Medical Systems Indonesia yang bertujuan memfasilitasi pendidikan dan kolaborasi dari berbagai kalangan bidang kesehatan seperti pemangku kebijakan, praktisi, dokter, akademisi, dan pihak manajemen utama rumah sakit dalam membahas isu-isu yang berdampak pada dunia kesehatan di Indonesia.

Salah satu rangkaian kegiatan IndoHCF adalah pemberian penghargaan bagi para innovator bidang kesehatan di Indonesia dengan tajuk IndoHCF Innovation Award. Penghargaan ini merupakan program penghargaan kepada instansi dan individu/kelompok perorangan yang telah berhasil menjalankan program-program peningkatan pelayanan kesehatan khususnya bidang kegawatdaruratan, kesehatan ibu & anak, inovasi di bidang alat kesehatan, teknologi informasi dan robotik kesehatan serta kreasi seni promosi kesehatan. Program penghargaan ini dilaksanakan dengan harapan dapat memacu perkembangan pengembangan positif dalam inovasi dan teknologi di bidang kesehatan yang berkelanjutan guna meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan di Indonesia.

Ada 5 kategori penghargaan yang diberikan yaitu:
1. Inovasi SPGDT (Sistem Penanggulangan Gawat Darurat Terpadu) Pra-RS
Pemberian penghargaan kepada Pemda Kabupaten/Kota yang melakukan inovasi dalam pengembangan / penguatan Sistem Penanggulangan Gawat Darurat Terpadu mulai dari lokasi kejadian sampai dengan dibawa ke rumah sakit. Bertujuan untuk mendukung percepatan integrasi SPGDT Pra-RS di suatu daerah.

2. Inovasi Program KIA (Kesehatan Ibu dan Anak)
Pemberian penghargaan kepada Pemda Kabupaten/Kota yang melakukan inovasi dalam upaya peningkatan kesehatan Ibu dan Anak yang sudah diimplementasikan dan dapat diukur keberhasilannya. Bertujuan untuk percepatan tercapainya peningkatan kesehatan Ibu & Anak khususnya dalam upaya menurunkan angka stunting, morbiditas dan mortalitas.

3. Inovasi Alat Kesehatan
Pemberian penghargaan kepada individu/institusi/kelompok yang melakukan inovasi / temuan di bidang alat kesehatan yang tepat guna dan berdaya guna. Bertujuan untuk mendorong peningkatan produksi alat kesehatan dalam negeri yang berkualitas.

4. Inovasi E-Health
Pemberian penghargaan kepada individu/institusi/kelompok yang melakukan inovasi / temuan ICT (Information & Communication Technology) di bidang kesehatan. Bertujuan untuk mendorong pengembangan ICT di bidang kesehatan baik dalam upaya promotif, preventif, kuratif dan rehabilitatif.

5. Inovasi Seni Kreasi Promosi Kesehatan.
Pemberian penghargaan kepada individu/institusi/kelompok yang melakukan inovasi / kreasi seni pertunjukan (dalam bentuk kreasi tarian atau parodi) dengan tema promosi kesehatan. Bertujuan untuk mendorong pengembangan kreativitas dalam mengkomunikasikan program promosi kesehatan kepada masyarakat.

Timeline pelaksanaan program IndoHCF Innovation Award 2017 dapat dilihat pada gambar berikut.

indohcf-award2017

Pendaftaran program IndoHCF Innovation Award 2017 tidak dipungut biaya dan 1 orang bisa mendaftar pada lebih dari 1 kategori. Informasi selengkapnya dapat dilihat pada website resmi IndoHCF Innovation Award. Innovator bidang kesehatan Indonesia, mari berpartisipasi agar karya kita lebih dikenal dan dapat diimplementasikan dengan lebih luas  🙂

Salam Gawai Sehat.

Sumber: indohcf.com

Show Buttons
Hide Buttons