Kaleidoskop Gawai Sehat 2016

Tahun 2016 begitu cepat berlalu bagi tim Gawai Sehat. Sejak diluncurkan pada bulan Juni 2016, Gawai Sehat perlahan mulai dikenal dan mengenalkan diri kepada public. Tim redaksi yang solid pun telah dibentuk sebagai komitmen Gawai Sehat dalam menyajikan berita dan konten-konten terkait perkembangan teknologi kesehatan seperti mobile health apps, wearable device, alat untuk deteksi dini penyakit, implementasi sistem informasi manajemen kesehatan, tips keamanan system, bridging system, dan berbagai liputan terkait inovasi di bidang kesehatan. Berikut adalah beberapa poin penting yang telah dirangkum redaksi Gawai Sehat selama tahun 2016.

kaleidoskop 2016

Rekam Medis Elektronik

Rekam medis elektronik menjadi topik yang paling banyak diapresiasi dengan banyaknya jumlah pengunjung yang telah membaca artikel-artikel tersebut, terutama dari civitas akademik serta praktisi bidang rekam medis dan informasi kesehatan (RMIK). Tidak dapat dipungkiri bahwa profesi perekam medis dan informasi kesehatan memegang peranan vital dalam implementasi sistem informasi manajemen berbasis elektronik di sarana pelayanan kesehatan. Isu keamanan, aspek hukum, patient safety, dan standardisasi data merupakan topik yang masih hangat untuk dibahas bahkan di tahun-tahun berikutnya.

Update INA-CBG’s

Update INA CBG 5.0 dan 5.1 yang telah diluncurkan pada tahun 2016 menjadi topik yang paling banyak dicari oleh pengunjung Gawai Sehat. Dengan diberlakukannya Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) dan kewajiban rumah sakit untuk menggunakan software INA CBG sebagai sarana klaim, tentu membuat update dari system ini terus dinanti sebagai bentuk perbaikan dan penyempurnaan.

Bridging SIMPUS dan p-Care

Fasilitas kesehatan primer seperti puskesmas juga tidak luput dari kewajiban menggunakan software BPJS pada era JKN. Software BPJS ini disebut dengan pCare. Implementasi pCare bersamaan dengan implementasi SIMPUS (Sistem Informasi Manajemen Puskesmas) membawa dilema tersendiri bagi petugas puskesmas dikarenakan para petugas tersebut harus melakukan double entry data pada pCare dan SIMPUS. Solusi dari masalah ini adalah dilakukannya bridging system antara pCare dan SIMPUS yang telah dibahas langkah-langkahnya oleh redaksi Gawai Sehat.

Fenomena AloDokter

AloDokter menjelma menjadi portal kesehatan dan mobile health apps yang begitu diminati di Indonesia. Selain lisensinya yang gratis, AloDokter menyediakan database penyakit dan obat yang sangat lengkap, bahkan bisa dikatakan yang terlengkap di Indonesia. Merujuk pada alexa.com, AloDokter menempati peringkat 32 pada daftar website yang paling banyak dikunjungi di Indonesia hingga akhir tahun 2016. AloDokter bahkan memiliki peringkat yang lebih tinggi dibandingkan facebook. Hanya satu kata untuk AloDokter, “Luar Biasa!!!”.

Demikian beberapa poin penting yang dapat disimpulkan tim redaksi Gawai Sehat selama tahun 2016 ini. Mohon doa dan dukungan agar di tahun 2017 Gawai Sehat dapat memberikan konten yang lebih berbobot, inspiratif dan inovatif untuk mendukung peningkatan derajat kesehatan rakyat Indonesia melalui gawai dan teknologi.

Salam Gawai Sehat.

Show Buttons
Hide Buttons