NusaHealth: Resolusi Pola Hidup Sehat Tahun 2017

Hai sahabat Gawai Sehat yang berbahagia… kita jumpa lagi….. Wah tak terasa tahun 2016 berakhir dan tahun 2017 tinggal menghitung detik demi detik (cieela malah nyanyi lagunya Krisdayanti hehe). Menyambut datangnya tahun baru pasti kamu sudah punya resolusi di tahun 2017 dong. Coba cek apakah pola hidup sehat masuk dalam resolusi kamu di tahun 2017? Kalau belum, sempilin deh pola hidup sehat di resolusi kamu. Yang belum punya resolusi di tahun 2017 segera buat yuuuk…

Dari data yang kami dapat, 10 penyebab kematian di Indonesia adalah sebagai berikut;

  1. Stroke 21%
  2. Ischemic Heart Disease 9%
  3. Diabetes 7%
  4. Lower Respiratory Infections 5%
  5. TB 4%
  6. Cirrhosis 3%
  7. Chronic Obstructive Pulmonary Disease 3%
  8. Road Injury 3%
  9. Hypertensive Heart Disease 3%
  10. Kidney Diseases 3%

Apabila dilihat, diamati, tren penyebab kematian di Indonesia yang dulu disebabkan oleh Penyakit Menular bergeser ke Penyakit Tidak Menular (PTM). Penyakit Tidak Menular jarang dianggap serius di kalangan masyarakat dan dapat dicegah dengan pola hidup sehat.

Nah setelah kemarin tim Gawai Sehat telah merilis berita tentang NusaHealth kali ini kami akan mengulas apps yang mengajak kita berpola hidup sehat. Sebelum mengulas tentang konten dari aplikasi NusaHealth. Kami akan cerita sedikit tentang NusaHealth.

Apps NusaHealth

NusaHealth adalah hasil kerjasama antara UGM dengan SIXCAP. Tujuan aplikasi NusaHealth adalah;

  • Meningkatkan pelayanan kesehatan bagi masyarakat pedesaan di Indonesia.
  • Meningkatkan pengetahuan kesehatan yang dapat mempengaruhi perilaku hidup sehat masyarakat Indonesia.
  • Meminimalisir angka kesakitan.
  • Meningkatkan pelayanan kesehatan dengan berbasis teknologi.

Apps NusaHealth sudah tersedia di android dan iPhone (segera) lho. Versi Android yang mendukung adalah android Kitkat (4.4-4.4.4). Lollipop (5.0-5.1.1). Marshmallow (6.0-6.0.1).  Sedangkan untuk versi iPhone (segera rilis) iOS9 dan iOS10.

screenshot-nusahealth

Kemudahan Akses

Apps NusaHealth cukup mudah ditemukan di google playstore. Untuk memasang apps NusaHealth membutuhkan cukup banyak memori di ruang penyimpanan Anda, yaitu sebesar  31MB. Untuk mengakses apps NusaHealth minimal menggunakan sinyal 3G.

Tampilan

Tampilan yang ada di apps NusaHealth cukup menarik dan lucu. Ikon nya yaitu BIO (ikon berwarna kuning) sangat lucu, coba Anda sentuh BIO dan lihat apa yang terjadi….hehehe. Kombinasi warna pastel di apps NusaHealth juga menambah daya tarik pengguna.

Fitur

Sebelum masuk ke fitur Anda diminta untuk memilih ingin masuk (jika sudah mempunyai akun), membuat akun (jika belum mempunyai akun NusaHealth) atau masuk menggunakan akun Facebook.

Fitur Tantangan Harian

NusaHealth akan memberikan tantangan harian kepada Anda. Tantangan harian ini bersifat mudah dan menyenangkan dan juga berisi edukasi dan membiasakan pola hidup sehat.

NusaPoints

NusaPoints adalah jumlah poin yang Anda miliki yang terdapat dalam lingkaran ungu. Dalam fitur NusaPoints ada Tukar NusaPoints, disini Anda dapat menukar NusaPoints dengan pelayanan kesehatan ataupun produk dari NusaHealth.

Profil

Dalam fitur Profil Anda dapat menngubah informasi Anda (sebelum mengubah informasi Anda diharuskan memasukkan Kode PIN sesuai yang Anda buat). Selain itu ada Personal Health Record. Anda dapat mengakses data kesehatan Anda dengan gawai (tentunya Anda harus memasukkan kode PIN sesuai yang Anda buat). Apabila Anda ingin melihat hasil cek lab darah Anda mudah saja tinggal klik tombol tambahkan lab Anda di pojok kanan bawah, masukkan ID Register (Anda akan mendapatkan ID Register melalui SMS yang akan dikirimkan oleh RS UGM), tanggal cek lab dan nama lab (saat ini yang tersedia baru RS UGM).

Hasil lab yang ditampilkan berupa visual dan sangat informatif. Hasil lab Anda akan langsung dikonversi secara otomatis menjadi normal atau abnormal. Jadi Anda tidak pelu membandingkan hasil lab Anda dengan indikator normal atau tidaknya.

Sangat menarik bukan? Sayangnya Apps NusaHealth masih sering mengalami crash dan belum ada fitur konsultasi dokter. Semoga ke depan NusaHealth dapat menyediakan fitur konsultasi dokter dengan bekerjasama dengan RS UGM. Yuuk buruan download NusaHealth di sini.

 

(Abdillah Azis)

Review Redaksi Gawai Sehat

Manfaat
Tampilan
Kemudahan
Kecepatan
Efisiensi Storage
Fitur

Overall

Sering mengalami forced close, tetapi secara umum sangat bermanfaat untuk memacu perilaku hidup sehat.

Check Also

mobile-health-apps

[Survey] Berbagai Jenis Aplikasi Kesehatan Berbasis Mobile Di Pasaran

Terdapat berbagai mobile health apps atau aplikasi kesehatan berbasis mobile di pasaran, mulai dari yang memiliki fungsi sederhana hingga yang kompleks.

Show Buttons
Hide Buttons