Rekam Kesehatan Personal Sebagai Kunci Pemberdayaan Pasien

Pada artikel sebelumya Gawai Sehat telah membahas tentang pengertian rekam medis elektronik, rekam kesehatan elektronik, dan rekam kesehatan personal bersama perbedaan masing-masing istilah tersebut. Rekam kesehatan personal atau Personal Health Record (PHR) merupakan kunci sukses pemberdayaan pasien dimana pasien akan memegang peranan aktif terhadap pelayanan kesehatan yang diberikan kepada dirinya. Mengapa demikian? Dengan rekam kesehatan personal maka pasien akan dapat melihat riwayat kesehatan dan pelayanan yang telah ia terima dari berbagai pemberi layanan kesehatan yang pernah menanganinya. Hal ini akan memudahkan pasien berkomunikasi dengan dokter terkait dengan kondisinya. Pasien yang mengelola dan menggunakan rekam kesehatan personal akan menjadi well educated patient dimana dokter akan mudah berkomunikasi dengan pasien tersebut.

Berbagai produk rekam kesehatan personal telah tersedia di pasaran. Bahkan vendor besar seperti Google dan Microsoft telah meluncurkan produk rekam kesehatan personal besutannya. Sebuah survey produk rekam kesehatan personal telah dilakukan Helmer et al (2011). Struktur data yang disimpan dalam produk-produk rekam kesehatan personal tersebut dapat dilihat pada gambar 1.

personal health record
Gambar 1. Struktur Data Rekam Kesehatan Personal

Sampai saat ini belum ada standar data set untuk rekam kesehatan personal serta bagaimana data tersebut diinput. Beberapa tipe data/informasi mungkin bisa di-retrieve langsung dari database pemberi layanan kesehatan atau diinput secara manual oleh pasien sendiri. Tentu berkembangnya rekam kesehatan personal bergantung juga kepada perkembangan rekam kesehatan elektronik dan persepsi masyarakat terhadap manfaat rekam kesehatan personal.

Selain memberikan fungsi manajemen data kesehatan pribadi pasien, beberapa produk rekam kesehatan personal juga memberikan berbagai layanan tambahan untuk memudahkan dan memuaskan pengguna. Layanan tersebut berupa informasi seperti tips-tips dan ensiklopedi kesehatan. Secara lengkap representasi informasi pada produk rekam kesehatan personal dapat dilihat pada gambar 2.

Gambar 2. Layanan Tambahan pada Produk Rekam Kesehatan Personal
Gambar 2. Layanan Tambahan pada Produk Rekam Kesehatan Personal

Dengan berbagai layanan tambahan tersebut, kemudian dikombinasikan dengan user interface yang friendly dan menarik diharapkan produk rekam kesehatan personal dapat diterima dan digunakan oleh banyak orang. Nah bagaimana sahabat Gawai Sehat? Anda tertarik untuk menggunakan produk rekam kesehatan personal yang telah ada di pasaran? Tunggu review kami berikutnya.

 

Sumber:

Helmer et al. 2011. Empowering Patients Trough Personal Health Record: a Survey of Existing Third-Party Web Based PHR Products. Electronic Journal of Health Informatics. [http://www.ejhi.net/ojs/index.php/ejhi/article/view/154]

 

Show Buttons
Hide Buttons