Sistem Informasi Manajemen Gudang Farmasi

Sahabat Gawai Sehat sedang membutuhkan sistem informasi manajemen gudang farmasi? Sistem yang dikembangkan oleh CV Buana Teknologi Persada, sebuah perusahaan pengembang software yang berlokasi di Yogyakarta ini mungkin bisa jadi pilihan. Sistem ini telah diimplementasikan di Kabupaten Halmahera Barat, Propinsi Maluku Utara. Seperti apa fitur sistem ini? Mari kita simak.

Halaman utama sistem informasi manajemen gudang farmasi
Screenshot Sistem Informasi Manajemen Gudang Farmasi

Sistem informasi manajemen gudang farmasi dibangun untuk memudahkan pengelola gudang farmasi kabupaten dalam memantau dan mengelola stok obat di gudang farmasi. Beberapa modul yang terdapat dalam sistem ini antara lain:

  1. Modul Pengguna, berisi grup dan daftar pengguna yang membatasi hak akses masing-masing pengguna.
  2. Modul Data Referensi, berisi manajemen data master seperti master obat, golongan obat, satuan, supplier, customer, dan sumber dana.
  3. Modul Order Pembelian (Purchase Order),berisi  manajemen order pembelian barang kepada supplier.
  4. Modul Penerimaan, berisi manajemen penerimaan barang dari supplier, penerimaan dibagi 2 yaitu peneriman dengan PO (Purchase Order) atau penerimaan non-PO misal dari dana hibah atau lain-lain.
  5. Modul Order distribusi, berisi manajemen order distribusi dari customer, dalam hal ini adalah puskesmas dan rumah Sakit di wilayah kabupaten stempat.
  6. Modul Distribusi, berisi manajemen pendistribusian atau pengeluaran barang ke customer.
  7. Modul Retur, berisi manajemen pengembalian barang karena rusak atau expired. Terdiri dari retur penerimaan (pengembalian ke supplier) dan retur distribusi (pengembalian dari customer).
  8. Modul manajemen barang rusak, berisi manajemen barang rusak di gudang, untuk memisahkan barang yang rusak atau expired di gudang dengan barang yang masih baik.
  9. Modul pelaporan, berisi output laporan dalam bentuk view html dan bisa dieksport ke format excel.

Sistem ini merupakan sistem informasi berbasis web, dapat diakses secara online sehingga puskesmas atau rumah sakit daerah bisa mengetahui stok obat di gudang farmasi, begitu pula sebaliknya. Pengelola gudang farmasi kabupaten juga dapat melihat stok obat di masing-masing puskemas dan rumah sakit daerah setempat sehingga dapat memproyeksikan kebutuhan obat dengan lebih cepat dan akurat.

Nah, Anda tertarik untuk mengimplementasikan sistem ini di tempat Anda? Silahkan bisa menghubungi developernya, mas Agasi Gilang Persada melalui email di [email protected] atau [email protected].

Anda juga bisa terlebih dahulu mencoba demo sistemnya melalui alamat https://sisfarm.agasigp.web.id dengan username: admin dan password: administrator.

Salam Gawai Sehat.

Show Buttons
Hide Buttons