Prosedur Pengurusan STR Tenaga Kesehatan Online

Assalamulaikum, sahabat Gawai Sehat gimana nih kabarnya? Masih setia kan sama pasangan Gawai Sehat? Hehe kalem, nah kali ini sudah tahu belum kalau STR tenaga kesehatan bisa diurus secara online?

Nah buat Anda  jomblo tenaga kesehatan nggak perlu gundah lagi dengan proses pengurusan STR yang berbelit. Dengan diluncurkannya aplikasi registrasi online tenaga kesehatan semua bisa dikerjakan lewat gawai.

Menurut buku panduan registrasi online yang dikeluarkan oleh Majelis Tenaga Kerja yang perlu dipersiapkan adalah

  1. Memiliki alamat email sendiri
  2. Menyiapkan KTP (kartu Tanda Penduduk)
  3. Menyiapkan NPWP (jika sudah memiliki)
  4. Alamat korespondensi (jika alamat berbeda dengan tempat tinggal)
  5. Alamat tempat kerja (jika sudah bekerja)
  6. Ijazah terakhir
  7. Sertifikat Uji Kompetensi (baru diberlakukan untuk perawat DIII, bidan, dan Ners)
  8. Bukti Pembayaran (PNBP) sebesar Rp. 100.000,00 (seratus ribu rupiah) yang telah dibayarkan ke BRI dengan nomor rekening 0193.01.001868.30.7 dengan penerima “BPN 182 Pustanserdik Berkelanjutan” (atas nama pemohon/tidak diwakilkan ke orang lain)

Jika sudah siap semua dokumennya maka tahap selanjutnya adalah mengakses aplikasi registrasi online. Link nya ada disini http://mtki.kemkes.go.id/ sebelum mengakses link tersebut pastikan komputer atau laptop Anda terkoneksi dengan internet. Akan muncul halaman beranda sebagai berikut.

str online

Setelah itu pilih menu registrasi. Pada menu registrasi masukkan alamat email Anda. Nah disitu kan ada masukkan PIN karena belum mempunyai PIN maka klik Saya Belum Memiliki PIN?

str online

Ketika kita memilih Saya belum Memiliki PIN? Maka tampilan yang mucul adalah sebagai berikut. Server akan mengirimkan kode akses melaui email Anda. Jangan lupa untuk baca hal penting yang berada dibawah juga.

str online

Setelah mengisi request kode akses periksalah email Anda. Lalu isi kembali menu regstrasi, setelah semua terisi maka klik masuk. Apabila alamat email dank ode PIN sesuai, akan muncul halaman seperti dibawah ini. Pilih kata dalam kurung (klik disini)

str online

Tahap selanjutnya Anda tidak perlu bingung yaa karena Anda tinggal mengikuti perintah yang ada di aplikasi registrasi online tersebut. Setelah itu jangan lupa mencetak bukti setor dan mencetak formulir. Lalu lengkapi berkas nya dan kirim ke Majelis Tenaga Kesehatan Provinsi atau MTKP. Berkas yang harus disiapkan antara lain

  1. Lembar cheklist dan Formulir pendaftaran registrasi
  2. Foto 4×6 background merah
  3. Kartu Tanda Penduduk (KTP)
  4. Fotocopy Ijazah (dilegalisir)
  5. Fotocopy Sertifikat Kompetensi bagi yang sudah melaksanakan ujikom (Bidan, Perawat, Ners-dilegalisir)
  6. Surat Keterangan Sehat dari dokter yang telah memiliki SIP
  7. Slip kuning pembayaran PNBP (asli) melalui Bank BRI sebesar 100.000, 00. Nomor rekening 0193 01 001868 307 atas nama BPn182 Pusat Peningkatan Mutu SDM Kes. *tidak melalui ATM

Untuk memeriksa sejauh mana pemberkasan yang Anda ajukan anda bisa pilih menu Cek Status. Untuk cek status Anda memerlukan tanggal lahir dan nomor berkas. Nomor berkas Anda terima lewat email Anda setelah MTKP mengirim data Anda ke MTKI.

Sekian tips pengurusan registrasi online STR tenaga kesehatan. Semoga bermanfaat tunggu artikel kami selnjutnya.

Salam,

 

(Abdillah Azis)

Sumber: mtki

  • abdul haris Nasution

    maaf admin: numpang tanya serkom biasanya berapa lama setelah Ukom Ners, saya kemaren kebetulan lulus Ukom Ners periode I bulan Maret 2017, sampai sekarang belum ada info tentang serkom, terimakasih

    • Gawai Sehat

      Biasanya serkom akan diterbitkan tidak lama setelah seorang peserta dinyatakan lulus ukom, sebaiknya langsung ditanyakan ke sekretariat PPNI setempat untuk mengkonfirmasi.

  • Lisa Dwi Astuti

    Maaf…untuk serkom harus terbaru ya??klo untuk mendapatkan serkomnya sendiri klo bidan dmana?saya mau perpanjangan str online tp bingung.

  • Rani Irawan

    Maaf, aku mau tanya utk konfirmasi no berkas yg sdh pernah di via email bgm ya,,
    Soalnya email yang di kirim ke hp, dan hp nya hilang..
    Jadi bagaimana ya utk mengetahui no berkas pengurusan STR perawat..

  • Nyangtu Kaleh Legowo

    data registrasi pada step 1​ ada yg salah pa bisa dibetulkan lagi sblm print out nya dkirim ke mtkp?

Show Buttons
Hide Buttons