Tampilan Menarik Rekam Medis Elektronik (RME)

Rekam medik elektronik (RME) merupakan catatan rekam medik pasien seumur hidup dalam format elektronik tentang informasi kesehatan seseorang yang dituliskan oleh satu atau lebih petugas kesehatan secara terpadu dalam tiap kali pertemuan antara petugas kesehatan dengan pasien tersebut. Rekam medis elektronik bisa diakses dengan komputer dari suatu jaringan dengan tujuan utama menyediakan atau meningkatkan perawatan serta pelayanan kesehatan yang efesien dan terpadu.

SYARAT REKAM MEDIS ELEKTRONIK

Ada beberapa unsur atau persyaratan yang harus dipenuhi ketika suatu instansi akan membuat dan menggunakan rekam medis elektronik, yaitu: 1) Privacy atau confidentiality (keamanan data harus terjaga dan tersimpan dalam satu tempat yang aman sesuai dengan standar), 2) Integrity (data saling terhubung), 3) Authentication (pengguna mempunyai pin untuk mengakses sistem), 4) Availability (data bisa di-akses kapanpun sesuai kebutuhan), 5) Access control (Akses harus jelas antar level pengguna), dan 6) Non-repudiation (log perubahan data terekam oleh sistem).

KEUNTUNGAN PENERAPAN REKAM MEDIS ELEKTRONIK

Perkembangan dari rekam medis elektronik tidak terlepas dari semakin maju dan canggihnya teknologi yang ada hingga saat ini. Media yang digunakan beragam sebagaimana perkembangannya mulai dari PC, tablet, hingga ponsel pintar. Hasil penggunaan dari rekam medis elektronik telah diulas di beberapa artikel Gawaisehat sebelumnya tentang Manfaat RME. Dalam hal ini, pemanfaatan rekam medis elektronik akan memberikan berbagai keuntungan bagi penggunanya, antara lain:

  • Memungkinkan akses informasi secara cepat dan mudah,
  • Memungkinkan adanya copy cadangan (duplikat) informasi yang dapat diambil bila yang asli hilang atau rusak,
  • Rekam medis elektronik dilengkapi dengan sistem pendukung keputusan,
  • Memudahkan dalam analisis data,
  • Akses tidak terbatas tempat,
  • Menghemat biaya dan tempat untuk penyimpanan berkas rekam medis, dan
  • Mengurangi penggunaan kertas.

Para pengembang sistem rekam medis elektronik, selain berupaya mencapai penggunaan yang efisien, tentu saja juga dibarengi dengan penggunaan yang efektif, salah satu caranya adalah membangun rekam medis elektronik dengan penampilan/interface yang menarik, simpel, dan mudah dipahami oleh semua tipe pengguna.

TAMPILAN INFORMATIF

Pada gambar 1, kita bisa lihat tampilan/interface yang menarik. Selain menampilkan info tentang diagnosis, juga menampilkan body image pasien disertai perwarnaan yang lebih menonjol untuk penggambaran organ tubuh. Perbedaan warna pada info body image ini bertujuan agar pasien lebih mudah dalam identifikasi ataupun mempermudah penjelasan yang diberikan dokter pemeriksa kepadanya. Tidak hanya itu, tampilan rekam medis elektronik ini juga mempunyai kelebihan, yakni adanya info medications atau obat yang dibutuhkan pasien untuk pengobatan sesuai diagnosis penyakitnya serta adanya update yang berisikan kondisi penyakit terkini dan langkah/ tindakan yang sebaiknya dilakukan secara tepat dan cepat.

rekam medis elektronik
Gambar 1. Tampilan riwayat medis dengan menggunakan body image

KESINAMBUNGAN DATA PASIEN

Seperti yang telah dijelaskan di atas, salah satu unsur atau persyaratan yang diperlukan dalam pembuatan rekam medis elektronik adalah integrity, yakni dimana data pasien yang tercatat harus berkesinambungan satu sama lain. Menariknya, tampilan/ interface pada gambar 2 juga terdapat kombinasi bahasa klinis yang biasa digunakan oleh dokter dengan bahasa sehari-hari yang biasa digunakan oleh pasien. Diharapkan dengan adanya hal tersebut pasien akan lebih komunikatif dengan dokter karena pasien bisa mengerti dan lebih paham tentang keadaanya berdasarkan pemeriksaan klinis dari dokter yang merawatnya. Pada gambar 2 di bawah ini terlihat tampilan/ interface data seorang pasien yang berkesinambungan. Hal tersebut bisa kita lihat dari tanggal pemeriksaan pasien yang tertera pada tampilan/ interface rekam medis elektroniknya.

rekam medis elektronik
Gambar 2. Rekam medis elektronik berkesinambungan

FASILITAS EMOT ICON

Di era informasi ini, tidak sedikit masyarakat kita yang kian kritis dalam setiap tindak pengobatan dan perawatan medis yang dilakukan terhadapnya. Oleh karena itu, dibutuhkan penjelasan terkait tindakan medis dan pengobatan yang mudah dipahami oleh mereka. Salah satunya adalah tampilan/ interface yang atraktif dengan penggunaan emot icon pada rekam medis elektronik. Hal ini juga tidak terlepas dari tujuan rekam medis elektronik itu sendiri, yakni mempermudah dalam analisis data. Pada gambar 3 ditampilkan rekam medis elektronik yang di dalamnya memuat emot icon untuk menunjang kemudahan komunikasi antara tenaga medis dengan pasien.

rekam medis elektronik
Gambar 3. Emot icon pada hasil laboratorium

Pada gambar 3 merupakan hasil laboratorium lemak dari seorang pasien. Hasil laboratorium menunjukkan tingkat kolesterol, HDL (High Desity Lipoprotein), dan trigliserid. Dimana untuk masing-masing dari lipid panel (kolesterol, HDL, dan trigliserid) terdapat skala yang menunjukkan satuan ukurannya. Untuk menambah ketepatan tingkat masing-masing lipid panel maka ditambahkan tulisan “you: 230 mg/dl” yang menunjukkan si pasien sekarang kadar kolesterolnya adalah 230 mg/dl. Menariknya terdapat emot icon yang menginterprestasikan status lipid panel  untuk setiap keadaan desirable, borderline, ataupun high risk.

Rekam medis elektronik yang menarik, simpel, serta mudah dipahami analisi data dan penggunaannya sangat diperlukan oleh setiap orang, baik itu tenaga medis maupun pasien, guna memaksimalkan layanan sesuai kebutuhan. Bagaimana dengan Anda?

 

(Asmi Rizal Abdillah)

Sumber:

Abrams, lindsay. (2013). The Future of Medical Records. Diakses melaluihttps: //www.Theatlantic.com/ health/ archive/2013/ 01/ the-future-of-medical-records /267202/.

Adha, aprilia. (2015). Penggunaan Rekam Medis Elektronik. Diakses melalui http://aprillaadha.web.ugm.ac.id/2015/04/15/penggunaan-rekam-medis-elektronik.

Aditya, aris. (2011). Tentang Rekam Medis Elektronik. Diakses melalui http://www.Pormikijabar.org /tentang-rekam-medis-elektronik.htm.

Potter dan Perry. 2009. Fundamental of Nursing 7th Edition. Missouri: St. Louis.

http://www.bvk.co.id/artikel/berita/159-membangun-implementasi-rekam-medik-elektronik-rme-terintegrasi-di-rumah-sakit

 

*Image Credit: theatlantic.com

Check Also

electronic health record

Inilah Tahapan Ideal Implementasi Rekam Medis Elektronik di Rumah Sakit

Berikut adalah tahapan ideal dalam implementasi rekam medis elektronik, khususnya di rumah sakit.

Show Buttons
Hide Buttons