Panduan Dokter, Bidan dan Perawat dalam Satu Aplikasi Mobile

Perkembangan teknologi yang amat cepat tidak bisa kita bendung, berbagai produk inovatif dan memudahkan konsumen banyak bermunculan. Segala bidang kehidupan terkena dampak perkembangan teknologi ini, tak terkecuali di bidang medis. Android sebagai salah satu fenomena sepanjang 5 – 6 tahun belakangan telah memberikan corak baru pengusung aplikasi kesehatan mobile. Munculnya aplikasi berbasis android yang semakin mudah diakses dan digunakan mampu membantu para tenaga medis untuk belajar dan berlatih sebagai upaya peningkatan mutu layanan yang diberikan.

Tenaga medis, khususnya dokter, bidan dan perawat, dalam memahami kegiatan suatu pekerjaan harus memiliki acuan, instruksi ataupun prosedur. Karena dengan adanya prosedur kerja ini para tenaga medis, manajemen ataupun masyarakat dapat menilai kinerja layanan, apakah sudah dilakukan dengan tepat dan benar. Bicara masalah kualitas layanan, maka di sana terdapat prosedur terdokumentasi yang implementasinya wajib ditaati oleh pelaku kerja layanan. Dalam hal Sistem Manajemen Mutu ISO, diperlukan Prosedur Kerja (PK) dan Instruksi Kerja (IK) sebagai pedoman kerja para petugas layanan.

Perbedaan Prosedur Kerja dan Instruksi Kerja

Jika Anda masih belum paham perbedaan antara prosedur kerja dengan instruksi kerja, di sini kami coba jelaskan secara singkat. Menurut ISO 9001:2000, Prosedur Kerja adalah pedoman kerja berisi mekanisme dan urutan/ proses kerja dari suatu kegiatan/ aktifitas pada satu unit dalam rangka menunjang penerapan sistem manjemen mutu (Van Houten, 2000).  Sedangkan Instruksi Kerja adalah mekanisme kerja yang mengatur secara  rinci dan jelas urutan suatu aktifitas yang hanya melibatkan satu fungsi saja sebagai pendukung Prosedur Kerja. Masih bingung tentang perbedaan PK dan IK? ….

Jadi begini, prosedur kerja merupakan mekanisme kerja pada suatu unit yang masih bersifat luas belum spesifik, karena apabila diperinci maka prosedur akan semakin panjang. Lalu instruksi kerja adalah memperinci suatu langkah dalam prosedur agar jelas dan spesifik….. Kayaknya tambah bingung ya?

Baiklah, coba kita berikan contohnya. Misalkan dalam klinik gigi yang melayani pasien sakit gigi, bukan sakit karena patah hati lho ya. Salah satu prosedur kerja yang dibutuhkan adalah Prosedur Kerja Pelayanan Pasien Gigi yang berisi tentang tata cara pelayanan pasien gigi mulai dari masuk ke klinik gigi hingga keluar. Prosedur ini masih membutuhkan tata cara terinci dari kegiatan pelayanan pasien gigi yang dilakukan, seperti tata cara membersihkan gigi, tata cara menambal gigi, tata cara membius gigi, tata cara mencabut gigi, dan sebagainya. Nah, tata cara inilah yang disebut sebagai instruksi kerja. Jadi dalam PK Pelayanan Pasien Gigi harus disertai dengan IK Pembersihan Gigi, IK Penambalan Gigi, IK Pembiusan Gigi, IK Pencabutan Gigi dan sebagainya. Semoga paham yaa….

Kembali ke tema kita, bahwa PK dan IK sangat penting dalam penerapan pekerjaan, dalam hal ini tenaga medis (dokter, bidan dan perawat). Dokumen berbentuk naskah memiliki keterbatasan dalam penggunaan, media kertas berimplikasi pada volume sehingga memerlukan waktu, tenaga, biaya dan tempat khusus dalam penyimpanan maupun penggunaannya. Oleh karena itu, kini teknologi mobile telah mengemasnya secara lebih praktis. Kami perkenalkan aplikasi kesehatan IK Medis Paramedis sebagai pedoman bagi dokter, bidan dan perawat.

IK Medis Paramedis

Aplikasi IK Medis Paramedis

Tim Gawaisehat kali ini akan mengulas aplikasi IK Medis Paramedis versi 5 yang didedikasikan oleh penyusunnya bagi dokter, perawat, bidan, serta mahasiswa prodi kesehatan. Aplikasi ini dikembangkan oleh Puskesmas Ngadirejo Pacitan dan terakhir di-update pada 10 Juni 2015. Peminat apps ini cukup banyak karena telah diunduh sekitar 50.000-100.000 pengguna Android dan mendapat rating 4.2 dalam skala 5, juga sudah tersertifikat ISO 9001:2008. Keren banget kan?…. Pastinya, penasaran dong dengan rupa aplikasi ini…..yuk simak ulasannya berikut ini.

Kemudahan Akses

Apps IK Medis Paramedis termasuk mudah dalam pemasangannya, cukup buka di google playstore dan ketik “IK Medis Paramedis” lalu pasang. Untuk memasang aplikasi ini Anda cukup hanya memerlukan 2.91 MB di ruang penyimpanan ponsel pintar Anda. Koneksi internet Anda lambat atau sering terganggu? Santai saja apps ini masih bisa berjalan walau kita dalam keadaan offline.

Tampilan

Tampilan pada apps IK Medis Paramedis terbilang mumpuni dimana ada ilustrasi yang cukup dinamis pada setiap instruksi kerja.

Fitur Instruksi Kerja

Pada fitur ini tersedia Instruksi Kerja yang cukup komplit seperti:

  1. Penjahitan luka
  2. Perawatan luka
  3. Pengangkatan luka
  4. Pengangkatan jahitan
  5. Ekstraksi kuku
  6. Irigasi mata
  7. Visum et repertum
  8. Pemasangan kateter
  9. Pemasangan EKG
  10. Melakukan suction
  11. Pemasangan implant
  12. Pencabutan implant
  13. Hecting perineum
  14. Pemasangan AKDR
  15. Huknah glycerin
  16. Pemberian obat intracutan
  17. Pemberian obat intramuscular
  18. Pemberian obat intravena
  19. Pemberian obat subcutan
  20. Asma bronkhiale
  21. Penatalaksanaan DM
  22. Penatalaksanaan gastritis
  23. Penatalaksanaan hipertensi
  24. Penatalaksanaan ISPA
  25. Typhoid abdominalis
  26. Transfusi darah
  27. Pemasangan NGT (Nasogastric Tube)
  28. IK terkait UGD, poliklinik KIA/KB, Fisioterapi, Poliklinik Umum, Radiologi, Rawat Inap, dan Promosi Kesehatan.

Instruksi kerja ini bersumber dari mana? Santai saja, setiap instruksi kerja ada referensi yang dapat dipertanggungjawabkan kok.

Fitur Profil

Profil berisi tentang tim pengembang dari aplikasi ini.

Demikian ulasan kami, bagi Anda atau teman yang berprofesi sebagai Dokter, Perawat, Bidan kami anjurkan untuk memasang apps ini. Semoga bermanfaat dan simak ulasan kami yang lain juga yaa….

 

(Abdillah Azis)

Rating Redaksi Gawai Sehat

Manfaat
Tampilan
Kemudahan
Kecepatan
Efisiensi Storage
Fitur

Overall

Check Also

mobile-health-apps

[Survey] Berbagai Jenis Aplikasi Kesehatan Berbasis Mobile Di Pasaran

Terdapat berbagai mobile health apps atau aplikasi kesehatan berbasis mobile di pasaran, mulai dari yang memiliki fungsi sederhana hingga yang kompleks.

Show Buttons
Hide Buttons