Update Perkembangan Kesehatan Dunia dengan Aplikasi WHO Info

Siapa yang tidak tahu apa dan siapa World Health Organization (WHO)? Berdiri sejak 7 April 1948, WHO merupakan organisasi kesehatan dunia yang bertujuan meningkatkan derajat kesehatan semua orang di seluruh dunia. WHO memiliki kantor pusat di Jenewa dan 6 kantor regional yang tersebar di berbagai benua. Melalui kantor-kantor perwakilannya di lebih dari 150 negara, WHO bekerja sama dengan lembaga pemerintahan dan lembaga–lembaga lain untuk memastikan derajat kesehatan tertinggi untuk semua orang.

WHO Info

WHO Info merupakan sebuah aplikasi resmi dari World Health Organization (WHO). Hanya dengan sentuhan jari di smartphone, Anda dapat mengakses informasi–informasi penting dari WHO. Apps versi 1.0 yang terakhir diperbarui pada tanggal 23 Februari 2015 ini, telah diunduh sebanyak sepuluh ribu pengguna ponsel pintar, baik android maupun Iphone dan mempunyai rating 4.4 dari skala 5.

who info

WHO Info menyediakan beberapa fitur untuk memfasilitasi penggunanya. Nah, apa saja kegunaan fitur-fitur pada WHO Info ? Berikut ulasannya…

WHO News

Fitur ini menyediakan berita ter-update dari WHO. Berita yang dimuat mencakup semua hal yang berkaitan dengan program–program organisasi kesehatan dunia ini termasuk konferensi promosi kesehatan, isu–isu kesehatan dunia, target kesehatan dunia mendatang, dan masih banyak lagi.

WHO Stories

Fitur ini menyediakan info semua kegiatan di dunia yang telah dilakukan WHO, baik itu program kerja WHO sendiri maupun kegiatan yang bekerja sama dengan WHO.

WHO Factsheet

Kasus–kasus yang sering terjadi di dunia dapat dipelajari melalui fitur ini. Setiap kasus dilengkapi informasi yang dapat meningkatkan pemahaman pembacanya guna menekan angka terjadinya kasus tersebut. Informasi yang bisa didapatkan dari fitur ini antara lain pengertian penyakit terkait, sejarah, cara penularan, tanda-tanda dan gejala–gejalanya, cara pencegahan, pengobatan dan tanggapan dari WHO.

Disease Outbreak Update

Pada fitur ini, pengguna WHO Info disajikan dengan update outbreak yang terjadi di berbagai negara bahkan dunia. Outbreak adalah peningkatan insidensi kasus yang melebihi ekspektasi normal secara mendadak pada suatu komunitas, di suatu tempat terbatas, misalnya desa, kecamatan, kota, atau institusi yang tertutup (misalnya sekolah, tempat kerja, atau pesantren) pada suatu periode waktu tertentu (Gerstman, 1998; Last, 2001; Barreto et al., 2006). Dalam kehidupan sehari–hari mungkin lebih sering disebut dengan kejadian luar biasa (KLB).

Zika Virus

Informasi yang dapat diperoleh pada fitur ini spesifik pada wabah dunia yang saat ini sedang terjadi. Seperti yang kita ketahui bersama, sejak awal tahun 2016 virus Zika menjadi perhatian dunia sebagai virus yang dapat menyebabkan kecacatan bahkan kematian. Laporan perkembangan wabah tersebut rutin di­-update oleh WHO yang dapat diakses pada fitur ini. Selain itu, pertemuan / konferensi yang digelar WHO dengan badan kesehatan lainnya juga dipublikasikan melalui fitur ini.

Question And Answer

Pengguna aplikasi dapat melihat arsip pertanyaan dan jawaban yang ada di WHO Info. Selain itu, pengguna juga dapat mengajukan pertanyaan ke WHO melalui fitur ini.

Setting

Menu setting digunakan untuk mengatur bahasa yang ingin digunakan. Terdapat 6 bahasa pilihan. Sayangnya, saat ini belum terdapat bahasa Indonesia sebagai pilihan pengguna.

Untuk menggunakan aplikasi ini, pengguna diharuskan tersambung dengan jaringan internet (online). Selain WHO Info, masih ada beberapa aplikasi kesehatan yang informatif dan edukatif dari WHO . Tunggu ulasan tim Gawai Sehat selanjutnya..

 

(Dyan Riska R.)

Referensi: who, fk uns, googleplay

 

Check Also

mobile-health-apps

[Survey] Berbagai Jenis Aplikasi Kesehatan Berbasis Mobile Di Pasaran

Terdapat berbagai mobile health apps atau aplikasi kesehatan berbasis mobile di pasaran, mulai dari yang memiliki fungsi sederhana hingga yang kompleks.

Show Buttons
Hide Buttons