Aplikasi AIDSinfo, Semua Informasi Tentang HIV/AIDS Ada Disini

1 Desember kemarin adalah hari HIV/AIDS sedunia. Pembaca Gawai Sehat yang selalu baik hatinya, apakah Anda tahu apa perbedaan HIV dengan AIDS?

Secara singkat saja yaa, HIV adalah Human Immunodeficiency Virus artinya Virus ini hanya menyerang manusia pada bagian kekebalan tubuhnya. AIDS adalah  Acquired Immunodeficiency Syndrome artinya adalah Syndrome yang didapatkan karena kekebalan tubuh yang terus berkurang. Masih bingung? Secara mudahnya AIDS adalah stadium akhir dari virus HIV. Jadi orang yang terkena HIV belum tentu terkena AIDS.

HIV/AIDS di Indonesia

Di Indonesia, sejak pertama kali ditemukannya infeksi HIV pada tahun 1987 HIV tersebar di 368 dari 497 kabupaten/kota di seluruh provinsi. Pulau Bali adalah provinsi pertama tempat ditemukannya infeksi HIV/AIDS di Indonesia.

Menurut UNAIDS, di Indonesia ada sekitar 690 ribu orang pengidap HIV sampai tahun 2015. Dari jumlah tersebut, setengah persennya berusia antara 15 hingga 49 tahun. Wanita usia 15 tahun ke atas yang hidup dengan kondisi HIV sekitar 250 ribu jiwa. Angka kematian akibat AIDS mencapai 35 ribu orang. Dengan demikian terdapat anak-anak yatim piatu akibat kematian orang tua karena AIDS berjumlah 110.000 anak.

Aplikasi Aids Info

Tim Gawai Sehat bulan ini akan mengulas aplikasi kesehatan terkait HIV/AIDS, kali ini kami akan mengupas Aids Info, tertulis AIDSinfo versi 1.0.2. Aplikasi ini dikembangkan oleh National Library Of Medicine at NIH. Terakhir kali apps ini di-update pada 11 Februari 2016. Aplikasi kesehatan ini cukup banyak diminati pengguna android dengan telah diunduh sekitar 1.000-5.000 kali dan mendapat rating 4.4 dalam skala 5. Penasaran kan dengan aplikasi ini, yuk simak ulasannya di bawah ini.

Kemudahan Akses

Apps Aids Info termasuk mudah dalam pemasangannya, cukup buka google playstore dan ketik Aids Info, lalu pasang. Untuk memasang aplikasi ini Anda cukup hanya memerlukan 7.9 MB di ruang penyimpanan ponsel pintar Anda. Koneksi internet Anda lambat atau sering terganggu? Santai saja apps ini masih bisa berjalan walau kita dalam keadaan offline.

Tampilan

Tampilan pada apps Aids Info terbilang sederhana namun dinamis. Sepertinya dari pihak pengembangnya sendiri lebih konsen terhadap konten yang ada pada apps Aids Info.

AIDSInfo apps

Fitur

Secara umum fitur Aids Info memberikan informasi tentang HIV/AIDS hanya saja terbagi-bagi menjadi beberapa bagian supaya dapat dikupas lebih dalam.

Fitur Adult and Adolescent ARV

Fitur ini menyediakan informasi pedoman klinis yang akurat, bisa dilihat di panel roster. Pedoman ini mewakili pengetahuan saat ini mengenai penggunaan ARV (antiretroviral) karena ilmu HIV berkembang pesat, ketersediaan agen baru dan data klinis baru mungkin mengubah pilihan dan preferensi terapi. Nah, pada menu ini semua tersedia mulai dari indikasi, hasil lab untuk memastikan HIV/AIDS, tujuan mengkonsumsi ARV, rekomendasi dalam memulai pengobatan ARV hingga mencegah menyebarnya virus HIV/AIDS.

Fitur Pediatric ARV

Hampir sama seperti fitur Adult and Adolescent ARV, tapi disini pasiennya adalah anak-anak. Informasi yang diberikan bisa dipertanggungjawabkan bisa dilihat di members of panel. Pedoman ini mengenai pengelolaan efek samping terkait dengan obat antiretroviral yang digunakan pada anak-anak dan tinjauan informasi secara rinci tentang keamanan, khasiat, dan pharmakokinetik obat ARV pada anak-anak.

Fitur Perinatal

Pedoman ini memberikan bimbingan kepada praktisi perawat HIV dalam penggunaan optimal dari obat ARV pada ibu hamil untuk pengobatan infeksi HIV dan untuk pencegahan penularan sebelum kelahiran HIV.

Fitur Adult and Adolescent Opportunistic Infection

Memberikan informasi kepada praktisi perawat HIV terhadap pencegahan yang optimal dan pengelolaan HIV terkait infeksi oportunistik (IOs) untuk orang dewasa dan remaja.

Fitur Pediatrics Opportunistic Infection

Pedoman ini dimaksudkan untuk digunakan dokter dan petugas kesehatan lain yang menyediakan perawatan medis untuk anak yang terkena HIV dan anak-anak yang terinfeksi HIV. Pedoman ini juga membahas bakteri patogen yang menguntungkan dan yang mungkin diperoleh selama perjalanan lintas internasional, seperti malaria.

Fitur HIV Infected Residents Displaced from Disaster Areas

Informasi ini  memberikan panduan untuk penyedia layanan kesehatan supaya ikut hadir untuk kebutuhan medis pasien dewasa yang terinfeksi HIV (termasuk wanita hamil) atau anak-anak pengungsi dari daerah bencana yang belum dijamin perawatan HIV di daerah ini di mana mereka telah pindah dari tempat tinggal asal mereka.

Secara keseluruhan apps Aids Info sudah lengkap dan akurat informasinya, hanya saja bagi pengguna yang berada di Indonesia mungkin akan terkendala dalam hal bahasa. Semoga ke depan apps menyediakan versi bahasa Indonesia mengingat informasi yang ditanam sangat berguna.

Kembali ke pertanyaan di atas, apakah Anda masih kurang paham perihal HIV/AIDS? Silahkan pasang aplikasinya dan kunjungi Aids Info karena semua informasi tentang HIV/AIDS ada disini.

 

(Abdillah Azis)

Rating Redaksi Gawai Sehat

Manfaat
Tampilan
Kemudahan
Kecepatan
Efisiensi Storage
Fitur

Overall

Check Also

mobile-health-apps

[Survey] Berbagai Jenis Aplikasi Kesehatan Berbasis Mobile Di Pasaran

Terdapat berbagai mobile health apps atau aplikasi kesehatan berbasis mobile di pasaran, mulai dari yang memiliki fungsi sederhana hingga yang kompleks.

Show Buttons
Hide Buttons