Perbanyak Informasi, Mengurangi Dampak Terinfeksi HIV AIDS

Sebagaimana telah disampaikan artikel sebelumnya, Pengetahuan tentang HIV AIDS, Apakah Aplikasi Mobile dapat Membantu? bahwa di bulan Desember ini Gawaisehat akan banyak menginformasikan aplikasi kesehatan mengenai HIV AIDS yang telah banyak ditawarkan secara luas. Lalu apakah ada apps yang berbahasa Indonesia? …yap, sudah ada. Kemenkes RI bersama dengan Indonesia AIDS Coalition (IAC) telah melakukan upaya pencegahan HIV AIDS melalui peluncuran aplikasi mobile yang dapat diakses dengan mudah oleh pengguna.

Lebih dari 40.000 orang di Indonesia hidup dengan HIV, dan lebih dari 7.000 dari mereka tidak mengetahui penyebab mengapa bisa terinfeksi virus ini. Keadaan demikian semakin menggugah IAC bersama dengan Kemenkes RI dalam menggalakkan kampanyenya untuk penyebaran informasi mengenai pencegahan penularan HIV AIDS. Menteri Kesehatan RI, dr. Nafsiah Mboi, Sp.A., MPH dengan resmi meluncurkan aplikasi ini pada tanggal 31 Oktober 2013, awal pembuatan aplikasi ini ditujukan untuk gerakan menekan angka penderita AIDS sebagai target dari MDG’s.

aids digitalAplikasi ini bernama AIDS Digital, adalah aplikasi pertama di tingkat regional Asia Pacific, berteknologi tinggi yang berguna dalam mendukung pencapaian program penanggulangan AIDS.  AIDS Digital berisi informasi baik untuk ODHA (Orang Dengan HIV AIDS), untuk orang yang sehat, maupun untuk orang yang hidupnya dikelilingi oleh ODHA.

Dalam aplikasi ini tertanam 5 menu utama berikut:

  1. HIV 101

Pada fitur ini berisi informasi dasar mengenai HIV AIDS, juga berisi informasi tentang situasi yang dihadapi oleh ODHA atau orang yang disekitarnya menderita HIV AIDS. Bahasa yang digunakan amat sederhana, sehingga pembaca dari semua kalangan mampu memahaminya dengan baik.

  1. Layanan AIDS

Fitur ini berisi informasi medis apa saja yang dapat dilakukan untuk pencegahan HIV AIDS, juga mengenai fasyankes yang dapat memberikan pelayanan untuk ODHA atau pencegahan ODHA. Fitur ini juga dilengkapi dengan peta untuk menuju ke tempat fasyankes yang bersangkutan.

  1. Lembaga AIDS

Fitur ini berisi informasi mengenai lembaga baik pemerintah maupun non pemerintah yang memiliki visi untuk memberantas AIDS di Indonesia.

  1. Tambah/Revisi Layanan

Pada fitur ini pengguna dapat membuat sebuah permintaan layanan dengan memasukkan nama lengkap, email, nomor handphone, jenis layanan yang diinginkan dan lokasi keberadaan pengguna.

  1. About

Fitur ini yang memuat siapa saja yang berperan dalam pembuatan AIDS Digital .

Tulisan ini merupakan infomasi awal tentang apps tersebut. Ikuti terus warta dan review dari aplikasi kesehatan terkait HIV AIDS pada artikel-artikel berikutnya.

 

(Wahyu D.)

 

Sumber:

https://play.google.com/store/apps/details?id=com.langit7.aidsdigital

http://www.depkes.go.id/article/print/13100016/peluncuran-aplikasi-aids-digital-hiv-dan-aids-information-right-on-your-hand.html

http://indonesia.7langit.com/content/aids-digital

Check Also

mobile-health-apps

[Survey] Berbagai Jenis Aplikasi Kesehatan Berbasis Mobile Di Pasaran

Terdapat berbagai mobile health apps atau aplikasi kesehatan berbasis mobile di pasaran, mulai dari yang memiliki fungsi sederhana hingga yang kompleks.

Show Buttons
Hide Buttons