Kontrol Diabetes Anda dengan BG Monitor Diabetes

Assalamulaikum, salam sejahtera bagi kita semua. Pembaca Gawai Sehat yang baik hatinya, bagaimana kabar Anda? Semoga sehat selalu. Kali ini Gawai Sehat kembali akan mengulas apps yang yang berkaitan dengan penyakit diabetes. Bulan November tim redaksi gawaisehat memutuskan untuk mengangkat tema peduli diabetes karena penyakit diabetes butuh perhatian ekstra bagi pasien maupun keluarga pasien. Diabetes tidak dapat sembuh total dan harus mengkonsumsi obat sesuai anjuran dokter. Kita dapat menjaga kestabilan gula darah dengan menjalani pola hidup sehat yaitu menjaga asupan kalori harian, rutin berolahraga, konsumsi obat secara rutin sesuai dengan anjuran dokter dan memonitor kondisi gula darah secara teratur (hasil konsultasi dengan dr. Ruddy Kurniawan via dokter diabetes).

Pada edisi ulasan mengenai apps dokter diabetes, pembaca dapat mengetahui bahwa diabetes merupakan penyebab kematian terbesar no 3 di Indonesia setelah stroke dan jantung coroner. Bahkan diperkirakan tahun 2040, 642 juta penduduk dunia terkena diabetes. Penderita diabetes juga dapat terkena komplikasi seperti katarak, gangrene, polyneuropathy dan lain-lain.

Ulasan kami mengenai diabetes yang pertama adalah Garpu Pintar HAPIFork yang dapat mengatur kecepatan makan. Setelah itu ada DARIO METER alat pengecek gula darah yang mudah dibawa kemana saja. Nah yang terakhir ada Dokter Diabetes apps bagi penderita diabetes berbasis android.

Gambaran Umum

Kali ini tim gawai sehat akan mengulas tentang BG Monitor Diabetes versi 6.9.3. Aplikasi ini diluncurkan oleh Gordon Wong di San Fransisco. Aplikasi ini terakhir update pada 19 November 2016 dan telah diunduh hingga 500.000 kali. Aplikasi keluaran Gordon Wong ini juga mendapat rating 4.5 dalam skala 5 berdasarkan pengalaman pengguna aplikasi di Google Play Store. Aplikasi BG Monitor Diabetes membuat Anda mudah memantau bolus insulin dan kadar gula darah Anda. Desain interface yang elegan memudahkan Anda untuk mencari fitur yang Anda ingin cari. Tidak seperti apps diabetes yang lain, BG Monitor diciptakan untuk memantau, mengontrol, dan mengelola diabetes Anda dengan sederhana dan mudah. Penasaran?? Berikut ulasan tim Gawai Sehat.

BG Monitor diabetes

Kemudahan Akses

Apps BG Diabetes Monitor terbilang cukup mudah untuk diakses. Anda cukup buka Google Play Store dan mencari BG Diabetes Monitor. Apps ini tidak terlalu memakan ruang penyimpanan Android anda karena ukurannya hanya 7.7 MB. Apps ini bisa digunakan secara offline.

Fitur

Sebelum Anda menggunakan apps ini, Anda diminta untuk merekam data penyakit diabetes anda seperti ukuran satuan yang Anda gunakan dalam mengukur kadar glukosa dalam darah, cara memasukkan insulin ke dalam tubuh Anda, izin akses untuk menghitung kadar insulin yang tepat untuk tubuh Anda.

Fitur Entries

Perlu diketahui bahwa ketika Anda entry data kadar gula darah maka dosis insulin akan otomatis terkalkulasi (sebelum Anda menggunakan apps ini diharapkan untuk mensettings blood glucose dan insulin boluse yang terdapat di menu settings). Apabila Anda lupa makanan apa dan seberapa banyak yang anda makan tadi, tidak perlu cemas Anda cukup mengambil gambar makanan apa yang Anda konsumsi. Hal ini untuk membantu Anda dalam menghitung jumlah karbohidrat yang masuk ke dalam tubuh.

Fitur Overview

Pada fitur overview akan ditampilkan gambaran ringkasan dari hasil entry data Anda dengan cepat seperti entry data kadar gula darah Anda dan jumlah karbohidrat yang masuk ke dalam tubuh.

Fitur Statistics

Fitur statistics memberikan gambaran perjalanan kadar gula darah Anda. Tampilan dari fitur statistics sendiri bisa diatur mulai dari menampilkan statistik hari ini, 3 hari terakhir, 1 minggu terkahir, 2 minggu terakhir dan satu bulan terakhir.

Fitur Reminders

Seperti arti kata reminder yang berarti mengingatkan, maka fitur ini berfungsi untuk mengingatkan penggunanya untuk mengecek kadar gula darah dan memberi insulin.

Fitur Insulin

Insulin sangat diperlukan bagi penderita diabetes, maka dalam fitur ini Anda dapat menambah sendiri jenis insulin yang Anda gunakan beserta durasi keefektifan kerja insulin itu sendiri.

Fitur Tools

Dalam fitur ini pengguna dapat membackup dan me restore data kesehatan serta dapat membuat report dalam bentuk format file csv.

Bagaimana apps BG Monitor Diabetes keren kan?? Apps ini bisa di download di link dibawah ini https://play.google.com/store/apps/details?id=com.wonggordon.bgmonitor

 

(Abdillah Azis)

Rating Redaksi

Manfaat
Tampilan
Kemudahan
Kecepatan
Efisiensi Storage
Fitur

Overall

Check Also

mobile-health-apps

[Survey] Berbagai Jenis Aplikasi Kesehatan Berbasis Mobile Di Pasaran

Terdapat berbagai mobile health apps atau aplikasi kesehatan berbasis mobile di pasaran, mulai dari yang memiliki fungsi sederhana hingga yang kompleks.

Show Buttons
Hide Buttons