GlucoWise : Alat Tes Diabetes Tanpa Jarum

Penyakit Diabetes seringkali disebut  disebut silent killer karena pengidap umumnya  tidak menyadari dan kebanyakan dari mereka sudah terdiagnosis ketika sudah terjadi komplikasi parah. Tak jarang kebanyakan dari mereka dilakukan tindakan amputasi karena kematian jaringan akibat penyakit ini. Menurut data WHO (2014), 422 juta orang di dunia meninggal karena penyakit diabetes. Diabetes bisa terjadi karena gagalnya produksi insulin (hormon yang mengatur keseimbangan kadar gula darah) akibatnya terjadi peningkatan gula di dalam darah.

Untuk memastikan seseorang mengidap diabetes, diperlukan pemeriksaan kadar glukosa dalam darah. Cara  yang paling umum yaitu dengan mengambil darah dari telunjuk menggunakan jarum kemudian melakukan pengujian dengan alat khusus. Beberapa orang mungkin enggan melakukan pemeriksaan rutin karena cara tersebut dinilai menyakitkan. Bagaimana dengan anda?

Sebuah alat inovasi dari perusahaan London, MedWise Company, mungkin bisa menjadi salah satu solusi untuk anda. Medwise mengembangkan perangkat untuk pemantauan glukosa non-invasif (pemeriksaaan tanpa menembus kulit) bernama GlucoWise yang dirancang untuk membantu penderita diabetes mengontrol penyakitnya. GlucoWise dirancang dengan menawarkan beberapa keuntungan bagi Anda diantaranya:

  • Pengujian glukosa tanpa rasa sakit dengan perangkat yang mudah digunakan
  • Terintergrasi dengan aplikasi yang ada di smartphone atau tablet untuk menyimpan dan menganalisa data glukosa. Hal tersebut tentunya bisa membantu anda untuk mengatur asupan makanan/obat dan aktivitas anda.
  • Menawarkan tes tanpa perlu membayar tiap Anda menggunakannya, sehingga Anda dapat menguji sesering yang Anda suka tanpa harus khawatir tentang biaya atau rasa sakit.
  • Menawarkan tingkat privasi yang tinggi. Pemeriksaan akan memakan waktu tidak lebih dari 10 detik untuk memberikan hasil yang cepat dan Pengujian dapat dilakukan kapan saja dan di mana saja. Data kemudian dapat dikirim secara nirkabel dan aman untuk smartphone atau tablet.
  • Sistem manajemen data berbasis cloud yang memungkinkan Anda untuk menyimpan data pengukuran dan mengkonsolidasikan dengan sumber data lainnya.

gluco-wiseCara kerja alat ini adalah dengan teknik non-invasif yang mentransmisikan gelombang radio berdaya rendah melalui bagian dari tubuh manusia, seperti daerah antara ibu jari dan telunjuk atau daun telinga. daerah ini memiliki pasokan darah yang memadai dan cukup tipis untuk gelombang melewati jaringan. Sinyal ini kemudian diterima oleh sensor di sisi berlawanan dari perangkat GlucoWise, di mana data tentang karakteristik darah dikumpulkan dan dianalisis.

Dilansir dari halaman facebook GlucoWise,  Inovasi ini masih dalam tahap pengembangan sampai akhir tahun 2016, dan diharapkan dilepaskan  ke pasar pada tahun 2017 atau 2018. Target pasar GlucoWise akan diawali di Eropa, diharapkan nantinya pemasaran akan dilakukan secara global. Hadirnya produk ini tentunya akan membantu penderita diabetes di seluruh dunia.

 

(Mega Septiani)

Referensi: gluco-wise, news-medical

Check Also

nano retina 2

Nano Retina: Chip untuk Mengatasi Kebutaan

Nano Retina, sebuah perusahaan di Israel, mengembangkan teknologi berupa implant untuk menggantikan fungsi fotoreseptor yang rusak.

Show Buttons
Hide Buttons