wonderbra

Wonder Bra : ‘High-Tech’ Bra Pendeteksi Kanker Payudara

Menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), kejadian kanker payudara di Indonesia mencapai sekitar 40 kasus setiap 100.000 penduduk pada tahun 2012. Kanker payudara merupakan salah satu jenis kanker yang kampanye pencegahannya paling sering kita dengar. Penyakit ini sering tidak terdeteksi pada awal dan cenderung terdeteksi ketika sudah parah. Pengobatan kanker payudara diantaranya dengan lumpektomi, mastektomi, dan operasi plastik rekonstruksi.

Saat ini para ilmuan berlomba-lomba untuk menciptakan alat-alat untuk mendeteksi kanker payudara. Sebelumnya Gawai Sehat sudah membahas iTBra, sebuah bra berteknologi tinggi yang dikembangkan oleh Cyrcadia Health. Baru-baru ini sekelompok ilmuan Colombia telah mendesain sebuah bra yang diklaim dapat membantu pemakainya untuk mendeteksi keberadaan kanker payudara.

Bagaimana cara Wonder Bra mendeteksi kanker payudara?

Wonder bra dibuat oleh peneliti dari Departemen Teknik Elektro National University of Colombia. Wonder bra sama seperti bra pada umumnya. Namun, di dalamnya dilengkapi dengan alat sensor infrared pendeteksi suhu. Bra ini didesain untuk mendeteksi perbedaan temperature antara kedua payudara yang biasanya disebabkan oleh keberadaan sel malignant. Wonder Bra bertujuan untuk mendeteksi gejala awal dari penyakit kanker payudara karena kanker payudara akan menjadi lebih sulit lagi untuk ditangani ketika terlambat dideteksi.

wonderbraSalah satu mahasiswa dari tim peneliti, Maria Camila Cortes Arcila mengatakan bahwa tubuh akan lebih banyak menyirkulasikan darah ketika sel invasif muncul pada kelenjar payudara. Darah yang lebih sering bersirkulasi ini menyebabkan kenaikan suhu pada bagian tubuh yang terinfeksi. Kenaikan suhu ini yang kemudian dideteksi oleh sensor infrared pada Wonder Bra. Pada bra ini juga diinstal sebuah software khusus yang mampu memonitor dan mencatat melalui sensor suhu pada tiap payudara sehingga keberadaan sel malignant yang mungkin saja muncul di organ payudara Anda dapat terdeteksi.

Tim peneliti yang mengembangkan Wonder Bra telah menguji cobakan Wonder Bra pada 189 wanita. Hasil uji coba menyatakan bahwa sebanyak 122 wanita dinyatakan sehat, dan 12 diantaranya menderita jenis kanker payudara, sedangkan 7 wanita sisanya telah diangkat payudaranya karena sebelumnya telah terinfeksi kanker payudara.

Pengembang Wonder Bra berencana menjual bra ini di pasaran dengan harga yang terjangkau. Apakah Anda tertarik untuk mencoba Wonder Bra?

 

(Naufal Farah Azizah)

Referensi: lawankanker.org

Check Also

nano retina 2

Nano Retina: Chip untuk Mengatasi Kebutaan

Nano Retina, sebuah perusahaan di Israel, mengembangkan teknologi berupa implant untuk menggantikan fungsi fotoreseptor yang rusak.

Show Buttons
Hide Buttons