Dokter Diabetes: Aplikasi Kesehatan Berbasis Android Bagi para Penderita Diabetes

November adalah bulan peduli diabetes, tulisan Gawai Sehat akan banyak bertema tentang penyakit gula ini. Gula atau glukosa sangat penting bagi tubuh sebagai  sumber energi yang mempertahankan hidup. Namun, di sisi lain tingkat glukosa dalam darah yang tinggi terus-menerus dan berkelanjutan, pada akhirnya akan merusak pembuluh darah. Bila kondisi ini tak tertanggulangi, dapat menyebabkan disabilitas, bahkan kematian dini. Data Sample Registration Survey 2014 menunjukkan bahwa diabetes merupakan penyebab kematian terbesar nomor 3 di Indonesia dengan prosentase 6,7%, setelah stroke (21,1%) dan jantung coroner sebesar 12,9%.

Tes gula darah merupakan bagian penting dari perawatan diabetes. Data kadar gula yang didapat dari hasil pengujian gula darah ini menjadi informasi dalam mengelola rencana pengobatan, dan mencegah komplikasi jangka panjang dari diabetes. Kadar gula darah secara harfiah adalah jumlah glukosa dalam darah, kadang disebut tingkat glukosa serum. Biasanya, jumlah ini dinyatakan sebagai milimol per liter (mmol / l) dan ukuran tetap stabil di antara orang tanpa diabetes ada di sekitar 4-8mmol / l.

 Apps membantu mengelola penyakit secara mandiri

Artikel Gawaisehat sebelumnya telah mengulas tentang aplikasi mobile (apps) berupa glukosa meter yaitu DARIO. Apps ini berfungsi untuk memantau kadar gula darah, antisipasi terjadinya diabetes. Selain itu artikel lain lebih mengulas tentang perkembangan apps mendatang terkait pencegahannya, DIABETES: Topik MHealth Paling Potensial. Diperkirakan tahun 2040 terdapat 642juta penduduk semua kalangan tanpa batas negara, mengidap diabetes. Jumlah yang boleh jadi melampaui kecukupan kemampuan sarana pelayanan kesehatan dalam mendampingi para penderita secara individual. Mau tidak mau, ini mendesak peran para pengembang aplikasi mobile kesehatan agar terus berkontribusi dalam penanggulangan penyakit ini.

Apps Dokter Diabetes

Dari sekian banyak apps yang muncul, kini telah hadir aplikasi mobile Dokter Diabetes yang dapat mencatat kadar gula darah, berat badan, dan asupan kalori  dimana saja dan kapan saja Anda berada. Tidak hanya itu Dokter Diabetes adalah apps pertama yang bisa menghubungkan penggunanya langsung dengan dokter spesialis penyakit dalam, ahli gizi dan educator diabetes. Bagi kita di Indonesia, kiranya apps ini salah satu yang memakai bahasa Indonesia, yang menjadikan lebih mudah dan jelas dalam penggunaannya.

Dokter Diabetes diluncurkan oleh PT Amerta Indah Otsuka dan sudah di-download lebih dari 50.000 pengguna dengan update terakhir pada 27 September 2016. Sebagian besar pengguna apps ini memberikan hasil review yang cukup bagus yaitu skor 4,3 dari maksimal 5,0. Berikut tim Gawaisehat akan mengulas apps Dokter Diabetes versi 309 secara lebih dalam. 

Kemudahan akses

Apps Dokter Diabetes terbilang mudah untuk di-instal. Apps ini juga tidak membutuhkan ruang penyimpanan yang teralu besar di smartphone mengingat ukurannya yang cukup kecil sekitar 11 MB. Untuk menjalankan apps ini terbilang mudah, tidak perlu syarat akses internet yang kencang.

Tampilan sesuai kebutuhan

Dari segi tampilan memang bisa dikatakan sederhana karena apps kesehatan ini lebih mengedepankan konten daripada tampilan. Walaupun demikian, tampilan Dokter Diabetes sudah cukup mewakili dari konten-konten yang ada dalam apps ini. Dan setiap kali membuka apps, saat itu juga muncul informasi tentang seminar diabetes secara pop-up di layar. Jadi kita sebagai pengguna akan selalu update tentang berita-berita atau event seputar diabetes.

dokter diabetes

Fitur mumpuni

Apps Dokter Diabetes memiliki beberapa fitur diantaranya; Konsultasi Dokter, Dokter Diabetes Artikel, Checkup Record, Diabetes Risk, Shop dan yang terakhir Inbox.

Konsultasi Dokter adalah fitur yang disediakan kepada pengguna untuk berkonsultasi masalah penyakit diabetes kepada dokter yang kompeten. Pertanyaan yang Anda ajukan bisa di-program bersifat umum atau privat. Jadi tidak perlu khawatir apabila ingin berkonsultasi secara pribadi melalui apps ini, dijamin aman.

Sayangnya tim dokter yang disediakan Dokter Diabetes sampai saat ini masih terbilang sedikit, baru 3 orang, sehingga dalam berkonsultasi pengguna harus menunggu jawaban cukup lama. Selain dokter umum, spesialisasi dokter pada apps ini masih terbatas, yaitu internis dan gizi. Tak ada spesialis mata atau saraf yang merupakan komplikasi dari penyakit diabetes.

Diabetes Artikel

Fitur ini menyediakan artikel-artikel yang berkaitan dengan diabetes, dengan kategori : diet, olahraga, info diabetes, resep dan healthy lifestyle. Pilihan pembacaan artikel, sesuai dengan keinginan pengguna.

Checkup Record

Fitur ini berfungsi untuk mencatat kadar glukosa dalam darah, berat badan, tensi atau tekanan darah dan yang terakhir adalah asupan makanan yang masuk ke dalam tubuh. Ini lebih mengarah pada manajemen diabetes karena menyimpan data secara berkesinambungan dan dapat digunakan kapan saja, sehingga sangat membantu penderita dalam menjaga konsistensi pengobatan dan menjaga kestabilan gula darah dengan menjalani pola hidup sehat berupa asupan kalori harian, rutin berolahraga, dan selalu memonitor kadar gula darah.

Diabetes Risk Calculator

Fitur ini berfungsi untuk menghitung seberapa besar risiko seseorang terkena diabetes berdasarkan faktor-faktor penyebabnya. Dalam fitur ini diformulasi hitungan factor penyebab risiko diabetes dari berbagai faktor: faktor keturunan, faktor gaya hidup, faktor jenis kelamin, faktor usia dan faktor yang dilihat dari BMI (Body Mass Index).

S h o p

Fitur ini memudahkan pengguna untuk memesan Soyjoy, makanan atau snack rendah kalori yang juga diproduksi oleh PT Amerta Indah Otsuka pengembang apps ini.  Soyjoy juga dibuat atas dasar membantu penderita diabetes dalam melakukan diet dan bagi pengguna apps yang terbiasa ngemil (senang makan snack) akan merasa bebas ngemil tanpa takut bahaya gula. Untuk pesan snack ini, apps Dokter Diabetes memberi layanan lewat Whatsapp, Line, pesan singkat / sms, atau telpon  langsung.

I n b o x

Fitur yang terakhir ini berisi pemberitahuan yang dikirim langsung oleh server untuk menyediakan informasi kepada pengguna agar mengetahui informasi terbaru yang ada di apps Dokter Diabetes, biasanya memuat artikel yang selalu di-update.

Sekian ulasan kami tentang Dokter Diabetes, nantikan ulasan kami berikutnya. Stay tune in Gawaisehat.

 

(Abdillah Azis)

Referensi: depkes.go.idkadarguladarahnormal.complay.google.com

Rating Redaksi Gawai Sehat

Manfaat
Tampilan
Kemudahan
Kecepatan
Efisiensi Storage
Fitur

Total

Secara umum meskipun tampilannya sederhana, aplikasi ini memiliki fitur yang mumpuni.

Check Also

mobile-health-apps

[Survey] Berbagai Jenis Aplikasi Kesehatan Berbasis Mobile Di Pasaran

Terdapat berbagai mobile health apps atau aplikasi kesehatan berbasis mobile di pasaran, mulai dari yang memiliki fungsi sederhana hingga yang kompleks.

Show Buttons
Hide Buttons