Cara Mengetahui Jumlah Peserta BPJS Terdaftar di FKTP melalui PCare

Implementasi Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) yang dikelola oleh Badan Penyelenggaran Jaminan Sosial (BPJS) telah membawa banyak perubahan pada wajah pelayanan kesehatan di Indonesia. FKTP (Faslitias Kesehatan Tingkat Pertama) seperti Puskesmas merupakan garda terdepan yang mengawal implementasi ini. Puskesmas menjadi gate keeper untuk memfilter pasien yang perlu mendapatkan pelayanan kesehatan tingkat lanjut. Semua pasien perserta BPJS (selain dalam kondisi darurat) harus mendapatkan surat rujukan dari FKTP untuk dapat berobat ke FKTL (Fasilitas Kesehatan Tingkat Lanjut) seperti rumah sakit.

Dengan beroperasinya BPJS, Puskesmas dan FKTP lain seperti klinik pratama dan dokter keluarga semakin ramai dikunjungi pasien. Sistem pembayaran BPJS yang menggunakan sistem kapitasi memotivasi FKTP untuk terus menggiatkan kegiatan promotif dan preventif. Semakin banyak pasien BPJS yang terdaftar di FKTP dan semakin sedikit pasien yang berkunjung berobat tentu akan membuat FKTP tersebut semakin diuntungkan secara finansial.

Bagi Anda pengelola FKTP, tentu ingin mengetahui dengan mudah berapa jumlah peserta BPJS yang terdaftar ke FKTP Anda saat ini. Caranya cukup simple, Anda hanya perlu login ke aplikasi PCare. Sebelumnya Gawai Sehat sudah membahas potensi PCare sebagai rekam kesehatan elektronik serta bagaimana cara melakukan bridging sistem antara SIMPUS dan PCare. Meskipun saat ini PCare belum bisa dikategorikan sebagai rekam medis elektronik (RME), rekam kesehatan elektronik (RKE) dan rekam kesehatahan personal (RKP). Namun disamping fungsinya sebagai pencatat data pelayanan pasien, PCare juga dapat digunakan untuk mengetahui jumlah peserta BPJS terdaftar di FKTP terkait.

Setelah login ke PCare, Anda cukup mengakses menu “Lihat Data” kemudian pilih sub-menu “Jumlah Peserta Terdaftar”.

pcare bpjs jumlah kapitasi

Kemudian akan muncul jumlah peserta BPJS terdaftar di FKTP kita hingga saat ini.

pcare bpjs jumlah kapitasi

Cukup mudah bukan?

Check Also

jkn-emr

JKN: pendorong adopsi rekam medis elektronik di Indonesia?

Penggunaan rekam medis elektronik (RME) oleh fasilitas kesehatan terus meningkat. Di Indonesia survei dengan skala …

Show Buttons
Hide Buttons