dario

DARIO, Manajemen Glukosa Darah

Diabetes adalah suatu penyakit kronis yang terjadi ketika hormon insulin tidak diproduksi dalam jumlah yang cukup oleh pankreas atau tubuh yang tidak efektif menggunakan hormon insulin yang sudah dihasilkan. Prevalensi diabetes terus meningkat. Berdasarkan factsheet WHO, pada tahun 1980 data WHO menunjukkan sekitar 4,7% dari total penduduk dunia terjangkit diabetes, namun pada tahun 2014 sudah mencapai 8,5% atau sekitar 422 juta orang.

Salah satu tanda diabetes adalah terjadinya peningkatan kadar glukosa dalam darah atau hiperglikemia. Survei dari R2G kepada para pengembang app global menemukan bahwa bahwa diabetes merupakan bidang terapi yang paling potensial untuk pengembangan mHealth.  Salah satu produk mHealth untuk diabetes adalah DarioHealth Corp. (NASDAQ:DRIO), yaitu  sebuah inovasi alat bantu pengukur glukosa atau glukosa meter bernama Dario Smart Diabetes Management Solution. Produk ini dilengkapi dengan aplikasi mobil (apps) yang menunjukkan waktu yang sesungguhnya untuk mengelola diabetes secara cepat, efisien, dan akurat. Bentuk dan ukuran yang praktis, membuat alat ini mudah dibawa kemana saja.

Langkah mengecek kadar glukosa darah dengan Dario:

  1. Menyambung konektor glukosa meter ke smartphone;
  2. Memasukkan kartu pengukur (strip cartridge) ke konektor glukosa meter;
  3. Pengambilan sampel darah dengan penusuk yang ada pada glukosa meter;
  4. Smartphone akan menghitung kadar glukosa pada darah secara cepat dan akurat.

Bukan hanya menghitung kadar glukosa darah, tapi juga memiliki banyak keuntungan yang akan didapatkan penggunanya. Secara otomatis, aplikasi ini sekaligus menyimpan riwayat pemeriksaan kadar glukosa, dan data ini bisa digunakan saat kontrol ke dokter sehingga dapat mengetahui perkembangan kondisi glukosa darah. Melalui aplikasi Dario, informasi–informasi penting terkait hasil pengukuran kadar glukosa darah yang akurat, juga dapat dibagikan kepada pengasuh dan anggota keluarga penderita penyakit diabetes.

Selain itu, terdapat fitur keren yang ditawarkan aplikasi ini, yaitu emergency hypo alert. Alarm yang mampu mendeteksi terjadinya hipoglikemia maupun hiperglikemia, melalui pesan singkat beserta lokasi di GPS. Hal ini memungkinkan adanya tindakan pencegahan sebelum ditegakkan diagnosis diabetes.

Untuk mendapatkan alat pengukur kadar glukosa darah yang praktis ini, diperlukan biaya sebesar $29.99. Sedangkan aplikasinya yang dikembangkan oleh LabStyle Innovation Ltd., baru tersedia untuk pengguna iPhone iOS 7.0 dengan ukuran 51,2 MB dan terakhir diperbarui pada 31 Oktober 2016 dengan versi 3.3.0.

 

(Dyan R.)

Sumber dan ilustrasi : https://mydario.com/

 

Check Also

3

Leka – Teman Main Cerdas Untuk Anak Berkebutuhan Khusus

Sebuah robot mainan cerdas yang dinamakan Leka, dibuat sebagai teman bermain dan belajar anak-anak berkebutuhan khusus (autis).

Show Buttons
Hide Buttons