rmeina

Daftar rumah sakit Indonesia yang telah menerapkan rekam medis elektronik

Knowing is not enough; we must apply. Willing is not enough; we must do.
Johann Wolfgang von Goethe (1749-1832)

Rumah sakit manakah di Indonesia yang sudah menerapkan rekam medis elektronik? Saat ini sudah semakin banyak rumah sakit yang menerapkan rekam medis elektronik. Gawai Sehat mencoba merekapitulasi di halaman ini. Nama rumah sakit yang muncul di halaman ini akan berkembang secara dinamis. Tim Gawai Sehat (GS) mengandalkan data dari Internet untuk membuat daftar ini. Oleh karena itu untuk mengetahui sejauhmana implementasinya, apa saja fungsionalitas RMEnya, apakah sudah sudah menerapkan CPOE (computerized physician order entry), apakah sudah terpadu dengan laboratorium, dll, silakan menghubungi rumah sakit yang bersangkutan.

Apakah rumah sakit Anda sudah masuk dalam daftar di bawah ini? Kami mengajak para pengunjung GS untuk mengusulkan nama RS yang sudah menerapkan RME jika belum masuk dalam daftar ini.

RS dengan rekam medis elektronik

Daftar sementara  rumah sakit yang menerapkan rekam medis elektronik:   (update tanggal 24/11/2016)

No Nama Prov Link Catatan
1 RSCM DKI Jakarta 1, 2, 3, 4
2 Eka Hospital Banten 1
3 RS Pondok Indah DKI Jakarta 1,
4 RSA UGM DIY 1, 2
5 RS Panti Rapih DIY 1,
6 RSUD Margono Jawa Tengah 1,2, 3, 4
7 RS Paru Jember Jawa Timur 1,
8 RSUD Dr Moewardi Jawa Tengah 1,

Rumah sakit yang memiliki SIMRS

Berdasarkan data dari RS Online di Kemenkes (http://sirs.yankes.kemkes.go.id/rsonline/report/)**, dari 2588 rumah sakit di Indonesia, sudah terdapat 1257 rumah sakit yang memiliki SIMRS yang berfungsi. Sisanya, ada yang melaporkan memiliki SIMRS tetapi tidak berfungsi dan ada pula yang tidak melaporkan. Namun,  hanya sedikit link di Internet yang menampilkan tentang bagaimana penerapan SIMRS. Berikut ini adalah kompilasi beberapa link yang memuat informasi tentang SIMRS di beberapa rumah sakit.

No Nama Prov Link Catatan
1 RSUD Kodja DKI Jakarta 1  Video sistem antrian berbasis komputer
2 RSUD Jaraga Sasameh Kalimantan Tengah 1  Video SIMRS yang interoperabel dengan sistem eligibilitas peserta (SEP) BPJS Kesehatan
3 RSUD H Badaruddin Kalimantan Selatan 1  Video sistem anjungan layar sentuh bagi pasien
4 RSUD Arifin Achmad Riau 1  Video SIMRS dari pendaftaran sampai ke pencatatan transaksi di poliklinik, farmasi dan kasir  RS
5
6
7
8

  *Gambar RME bersumber dari web RS Pondok Indah dan RSUD Dr Margono

** diakses pada tanggal 27 November 2016

Check Also

rekam medis elektronik

Tinjauan Hukum Rekam Medis Elektronik

Kekuatan hukum rekam medis elektronik masih menjadi tanda tanya. UU ITE No 11 Tahun 2008 menyebutkan tentang tanda tangan elektronik atau e-signature.

Show Buttons
Hide Buttons