Philips Kian Memacu, Layanan Kesehatan Makin Maju

Perusahaan elektronik gaek dari Eindhoven-Belanda, Royal Dutch Philips Electronics atau lebih dikenal dengan Philips sudah berdiri sejak 1891 oleh dua bersaudara Gerard dan Anton Philips. Produk pertamanya berupa bohlam lampu, lalu pisau cukur kemudian radio transistor. Umur perusahaan ini membuktikan bahwa semakin tua itu tidak membuatnya semakin renta dan kalah dari perusahaan-perusahaan inovator lainnya, tetapi justru semakin berjaya. Sudah lebih satu abad, kini Philips merupakan perusahaan dengan jumlah konsumen terbesar di dunia dan mempekerjakan sekitar ratusan ribu orang, dan bercokol di lebih dari 100 negara di seluruh dunia, termasuk Indonesia. Produknya makin variatif, segala peralatan elektronik kebutuhan rumah tangga hingga perkakas kantor. Tahun 2014 Fast Company mengakui Philips sebagai perusahaan paling inovatif dengan kategori Energi dan Internet of Things. Karenanya mereka berkomitmen turut meningkatkan kehidupan 3 milyar orang hingga tahun 2025 mendatang.

Masuk ke Indonesia, sejak 1895 Philips berkantor pusat di Jakarta serta memiliki pabrik yang berlokasi di Batam dan Surabaya. Meskipun bukan perusahaan nasional, tetapi Philips telah menunjuk Suryo Suwignjo, orang Indonesia, sebagai Presiden Direktur Philips Indonesia efektif sejak tanggal 1 April 2014 .

Mungkin sebagian orang mengenal Philips sebagai perusaan lighting, tapi nyatanya perusahaan ini juga berlayar di  pasar alat kesehatan sejak 6 tahun lalu. Dilansir dari halaman resmi miliknya, Philips juga bergerak di bidang kesehatan. Diberi label Philips HealthCare, mereka berkomitmen untuk meningkatkan kehidupan masyarakat di kawasan ASEAN melalui solusi perawatan kesehatan.

philips lifehealthcare

Philips HealthCare telah banyak menetaskan inovasi alat kesehatan untuk  membantu masalah pengobatan yang berteknologi canggih seperti CT Scan, skirining kanker, USG 4 Dimensi, MRI, produk untuk sumbatan jantung (kateter), fluoroscopy, dan berbagai alat kesehatan lainnya. Tak hanya alat-alat kesehatan, dalam  mendukung gaya hidup sehat Philips mempunyai produk unggulan yaitu alat pereda rasa nyeri InfraPhil, sikat gigi elektrik, aplikasi mobile kanker payudara, aplikasi diabetes, dan inovasi-inovasi lain yang bertujuan meningkatkan kesehatan konsumennya. Tidak berhenti pada alat, di Indonesia Philips menyelenggarakan [email protected] yang merupakan program edukasi tentang kesehatan anak sekolah SD yang menjadi sasarannya.

Bahkan, yang paling istimewa untuk Indonesia adalah Philips bekerjasama dengan Bundamedik – IRSI dalam rangka ikut menekan angka kematian ibu melalui inovasi Mobile Obstetrical Monitoring atau dikenal dengan MOM.

MOM Solutions, sebuah solusi layanan kesehatan jarak jauh dalam bentuk aplikasi ponsel. Dengan MOM ini, data kehamilan yang diunggah secara online atau melalui SMS, dihubungkan ke pusat data utama. Selanjutnya ahli kandungan dapat memonitor laporan-laporan tersebut untuk kemudian mengidentifikasi apakah ada kasus kehamilan beresiko tinggi, dan kemudian memberikan penanganan lanjutan sesuai kebutuhan.

Kini, tak hanya “menerangi”, Philips juga mampu urun andil dalam memajukan layanan kesehatan serta gaya hidup sehat yang inovatif dan bermanfaat. Ini membuktikan bahwa Philips sungguh berperan dan mengambil bagian dalam meningkatkan kesehatan masyarakat melalui inovasi dan kreatifitas buatannya, tidak sebatas menjual tetapi juga memberi solusi. Ini bukan pesan sponsor, tetapi cukup jelas bahwa sukses berkarya adalah tidak cukup hanya “menerangi” tapi juga harus “sarat solusi”. . .

 

(MS & RM)

Sumber : philips.co.id

Ilustrasi: reuters.com; echoqc.com

Show Buttons
Hide Buttons