Diabetes: topik mHealth paling potensial dalam 5 tahun mendatang

Diabetes mellitus: epidemi global

Diabetes adalah penyakit metabolik, bersifat kronik yang ditandai dengan meningkatnya kadar gula dalam darah. Pada tahun 2016, diperkirakan terdapat 423.4 juta orang di dunia yang menderita diabetes.  Jumlah tersebut setara dengan 8,5% dari seluruh populasi orang dewasa. Penderita dibetes akan terus meningkat dan diperkirakan dapat mencapai  642 juta orang pada tahun 2040.

Diabetes mellitus  dijumpai di seluruh negara, baik negara yang kaya, menengah sampai miskin. Jika tidak ditangani dengan baik, penyakit ini dapat menyebabkan beberapa komplikasi serius seperti kebutaan, amputasi, gagal ginjal, serangan jantung sampai dengan stroke. Dengan berbagai konsekuensi komplikasi, disabilitas dan biaya tinggi, penyakit ini dapat berujung pada kemiskinan, rendahnya kualitas  hidup dan kematian.

mHealth untuk Diabetes

Strategi global dalam menanggulangi penyakit diabetes adalah pencegahan, deteksi dini, diagnosis yang tepat yang didukung dengan manajemen terapi yang baik serta perubahan perilaku.  Dalam konteks inilah, mHealth (khususnya berbagai apps untuk diabetes) memiliki potensi besar untuk berkontribusi dalam penanggulangan penyakit diabetes melalui fungsi sebagai berikut:

  • Pelacakan (hasil pemeriksaan misalnya glukosa dan kegiatan).
  • Perhitungan dosis insulin.
  • Pengingat/reminder (misalnya untuk obat-obatan, pemeriksaan lab rutin).
  • Jejaring pasien dengan pelatih, dokter dan sesama penderita.
  • Pendidikan untuk pasien tentang penyakit ini.
  • Rekomendasi  untuk  perubahan perilaku.
  • Perbaikan kualitas hidup.

Topik favorit para pengembang apps

Hal tersebut diamini oleh para developer apps kesehatan. Hasil survei yang dilakukan oleh Research 2 Guidance (R2G) pada Oktober 2016 kepada lebih dari 2600 responden pengembang app global menemukan bahwa diabetes merupakan bidang terapi yang paling potensial untuk pengembangan mHealth. Semenjak tahun 2010, sebagian besar pengembang menempatkan diabetes sebagai topik paling potensial dalam pengembangn mHealth. Urutan berikutnya ditempati oleh obesitas, hipertensi, depresi dan penyakit jantung kongestif.

diabetesapp

Best potential market for mHealth in the next 5 years

Dalam laporan tersebut, R2G mengestimasikan bahwa saat ini  pasar apps sudah semakin crowded dengan dijejali tidak tidak kurang dari 259.ooo mHealth apps yang 100.000 diantaranya adalah apps mHealth baru yang dirilis sejak awal tahun 2015. Bertepatan dengan bulan November yang juga merupakan diabetes awareness month, Gawai Sehat akan mengulas berbagai produk apps yang terkait dengan diabetes. Yang terbaru, Gawai Sehat menuliskan tentang Dario, apps untuk memantau kadar glukosa darah. Sebelumnya Gawai Sehat membahas tentang HAPIFork, perangkat garpu pintar yang akan mengatur pola menyuap makanan. Selamat menyuap eh menikmati…

Check Also

mobile-health-apps

[Survey] Berbagai Jenis Aplikasi Kesehatan Berbasis Mobile Di Pasaran

Terdapat berbagai mobile health apps atau aplikasi kesehatan berbasis mobile di pasaran, mulai dari yang memiliki fungsi sederhana hingga yang kompleks.

Show Buttons
Hide Buttons