aplikasi sehat jiwa

Sehat Jiwa: Apps untuk Edukasi, Informasi, dan Deteksi Dini Gangguan Jiwa

Sebuah apps bernama Sehat Jiwa  yang diharapkan bisa menjadi wadah komunikasi, edukasi serta informasi tentang kesehatan jiwa bagi masyarakat telah  dikembangkan oleh Direktorat Pencegahan dan Pengendalian Masalah Kesehatan Jiwa Dan Napza Kementerian Kesehatan RI tahun 2015 lalu. Dengan apps yang inovatif ini anda dapat dengan mudah menemukan fasilitas layanan kesehatan, tes kesehatan jiwa, maupun melaporkan kejadian pasung/bunuh diri. Apps ber-platform Android ini dapat diunduh secara gratis di Google Play Store, Anda cukup mencarinya dengan kata kunci “Sehat Jiwa” maka ia akan muncul di daftar teratas. Aplikasi ini tidak akan terlalu banyak memakan ruang penyimpanan gadget anda, karena ukuran file tidak terlalu besar yakni 12,7 MB, jadi tidak perlu khawatir apabila Anda ingin menginstallnya.

Pertama kali masuk pada apps ini, kita akan disuguhkan lima pilihan menu. Lima menu tersebut yaitu Kementrian Kesehatan RI, Info Pelayanan, Deteksi Dini, dan Laporan. Berikut ini penulis sajikan sedikit ulasan tentang aplikasi ini.

screenshot_2016-11-01-08-16-26_2

Pertama, Kementrian Kesehatan RI

Menu ini memuat Visi & Misi, Dasar Hukum, Deskripsi apps dan kegiatan Kementrian Kesehatan terkait upaya penanganan kesehatan jiwa.

Kedua, Info Pelayanan

Jika kita masuk pada menu ini, kita akan disuguhkan tiga fitur antara lain:

  1. Informasi fasiltas kesehatan dengan metode Geotagging pengguna bisa menemukan fasilitas kesehatan baik Puskesmas, Dinas Kesehatan ataupun Rumah Sakit terdekat.
  2. Informasi alur pelayanan; memuat informasi berupa alur pelayanan bagi peserta BPJS Kesehatan. Fitur ini ditunjukkan bagi pengguna yang belum paham akan bagaimana alur pelayanan bagi mereka yang mempunyai gangguan kesehatan jiwa.
  3. Informasi institusi penerima wajib lapor pecandu narkotika; pecandu narkotika/keluarganya bisa memperoleh informasi institusi penerima Wajib  Lapor  untuk mendapatkan pengobatan atau perawatan melalui rehabilitasi medis dan rehabilitasi sosial.

Ketiga, Info Kesehatan

Melalui menu ini kita bisa memperoleh pengetahuan seputar kesehatan jiwa, karena di dalamnya memuat artikel-artikel terkait hal tersebut. 

Keempat, Deteksi Dini

Menu ini bisa disebut menu utama pada aplikasi ini. Dengan membuka Deteksi Dini pengguna bisa memperkirakan kondisi kesehatan jiwa. Ketika menggunakan fitur ini kita akan diberikan pertanyaan-pertanyaan, dan kita wajib menjawabnya untuk bisa melihat skor kondisi kesehatan jiwa kita. Tersedia tiga kategori pertanyaan yaitu CAGE (Deteksi Kecanduan Alkohol), Self Reporting Questionnaire (SRQ) 20, dan Geriatric Depression Scale (GDS) 15 untuk pemeriksaan depresi pada usia lanjut.

aplikasi sehat jiwa

Ketika pengguna telah selesai menjawab pertanyaan, apps akan memunculkan skor penilaian terhadap jawaban yang telah diberikan pengguna. Skor tersebutlah yang menentukan kondisi kesehatan jiwa pengguna. Apabila skor anda lebih dari kategori normal, sebaiknya anda perlu pergi ke tenaga kesehatan untuk berkonsultasi. Jika pengguna berkenan untuk mengisi data diri, pengguna bisa memilih “Isi Data”. Data diri pengguna akan masuk pada server Kementrian Kesehatan RI.

Kelima, Laporan

Menu ini merupakan salah satu media yang dapat digunakan untuk melaporkan kasus pasung ataupun percobaan bunuh diri yang ditemui. Pengguna bisa megambil gambar kejadian tersebut kemudan mengunggahnya pada aplikasi ini. Foto yang sudah diunggah akan masuk ke server Kementrian Kesehatan RI dan bersifat rahasia. Setiap pengguna yang melapor harus mengisi data diri (pelapor) dan kasus yang ditemukan agar bisa diverifikasi. Kementrian Kesehatan akan memberikan feedback yaitu tim dari Rumah Sakit Jiwa terdekat yang akan melakukan evakuasi ke lokasi. Tapi ingat, jangan sesekali mencoba memberikan informasi yang tidak benar karena kita bisa mendapat sangsi sesuai peraturan perundangan yang berlaku. Dengan layanan ini diharapkan mampu mendukung program “Indonesia Bebas Pasung” yang dicanangkan Kementrian Kesehatan RI.

Apps Sehat Jiwa dirancang dengan tampilan yang cukup menarik dan interaktif. Selain itu, saat anda menggunakan aplikasi ini anda tidak akan menjumpai iklan yang mengganggu seperti aplikasi lain pada umumnya. Meskipun demikian, aplikasi ini juga mempunyai kekurangan. Ketika Gawai Sehat mencoba menggunakan aplikasi ini, proses loading dirasa cukup lama. Kemudian untuk menggunakan fitur tertentu seperti “Deteksi Dini”, pengguna harus menjamin adanya koneksi internet. Jika tidak, kita tidak akan bisa menggunakannya.

Bagi yang ingin mencoba fitur yang ada di aplikasi ini tetapi tidak mempunyai smartphone berbasis Android, Anda bisa membuka http://sehat-jiwa.kemkes.go.id/ . Halaman tersbut  menyediakan  fitur yang tidak jauh berbeda dengan fitur yang ada di smartphone, dan tentunya komputer Anda harus terkoneksi dengan internet.

 

(Mega Septiani)

Check Also

3

Leka – Teman Main Cerdas Untuk Anak Berkebutuhan Khusus

Sebuah robot mainan cerdas yang dinamakan Leka, dibuat sebagai teman bermain dan belajar anak-anak berkebutuhan khusus (autis).

Show Buttons
Hide Buttons