Ketahui Sakitmu dengan Aplikasi “ApaSakitku”

Smartphone sudah menjadi bagian yang tidak terpisahkan dari kehidupan kita. Berbagai pertanyaan, kebutuhan, dan pekerjaan dapat dibantu dengan ponsel android. Setelah minggu lalu tim gawai sehat mengulas aplikasi AloDokter sekarang aplikasi ApaSakitku versi 1.1.0 yang akan kami ulas.

Gambaran Umum

Aplikasi ApaSakitku dikembangkan oleh Smartindo Acces. Sampai sekarang sudah sekitar 1.072 orang yang telah memberikan rating dengan rata-rata rating aplikasi ini 4,2 dari skala 1 – 5. Aplikasi ini dapat mendeteksi kemungkinan penyakit yang diderita pasien berdasarkan gejala yang dirasakan pasien. Tidak hanya mendeteksi penyakit tapi masih banyak fitur lain yang menarik. Simak ulasan berikut ini;

Kemudahan Akses

Aplikasi ApaSakitku terbilang cukup ringan dan mudah untuk di-install. Aplikasi ini hanya membutuhkan ruang penyimpanan 5,78 MB. Hanya saja apabila koneksi internet anda sedang tidak baik-baik saja aplikasi ini tidak bisa berjalan dengan semestinya. Selain itu, terkadang aplikasi ini juga sering menutup paksa senidri (force close).

Tampilan/ User Interface

Tampilan dari aplikasi ApaSakitku terbilang cukup sederhana. Hanya ada gambar anatomi tubuh manusia. Walaupun hanya sederhana gambar anatomi, ini dapat membantu pengguna mendeteksi penyakit dengan hanya menunjuk ke gambar antomi lokasi gejala sakit yang dirasakan. Animasi ini walaupun sederhana tapi sangat membantu dalam mendeteksi penyakit yang diderita pasien.

apasakitku

Fitur

Di aplikasi ApaSakitku ada lima fitur. Ada fitur apa sakitku, konsultasi online, map, penyakit dan yang terakhir fitur more.

Kita mulai dari fitur apa sakitku. Fitur ini menyediakan fungsi gambaran singkat penyakit yang Anda derita berdasarkan gejala-gejala yang Anda alami. Anda hanya perlu memasukkan gejala yang dialami, kemudian aplikasi ApaSakitku akan memberi gambaran singkat berdasarkan gejala yang dialami. Ada 3 langkah yang harus Anda lakukan; pertama pilih dimana anda merasakan gejala itu, bisa di bagian kulit, anggota badan bagian depan (anterior) dan bisa juga anggota badan  bagian belakang (posterior). Langkah yang kedua adalah pilih salah satu gejala atau lebih dari list yang telah disediakan berdasarkan apa yang Anda alami atau rasakan. Langkah selanjutnya adalah aplikasi ini akan menampilkan diagnosis dan solusi dari penyakit tersebut.

Fitur penyakit adalah fitur dimana berbagai informasi tentang penyakit dikupas tuntas mulai dari deskripsi penyakit, penyebab, mitos atau fakta tentang penyakit itu serta terapi yang harus dilakukan.

Fitur konsultasi adalah fitur untuk menayakan masalah kesehatan kepada tim dokter dari ApaSakitku. Layanan konsultasi ini tidak dipungut biaya alias gratis, tidak seperti Halodoc yang mayoritas berbayar. Fitur konsultasi ini juga sudah terenkrispsi datanya sehingga percakapan Anda tidak bisa dilihat oleh orang lain, tidak seperti yang ada pada AloDokter. Sayangnya dokter di tim ApaSakitku sering offline.

Fitur maps adalah fitur untuk mengetahui sarana pelayanan kesehatan yang ada di sekitar kita. Sarana pelayanan kesehatan yang bisa dideteksi adalah lokasi praktik dokter, klinik, klinik gigi, rumah sakit dan apotik yang ada di sekitar lokasi Anda. Hal ini sangat membantu  apabila sewaktu-waktu Anda sedang bepergian dan tidak tahu sarana pelayanan kesehatan terdekat di sekitar Anda.

Fitur more berisi item-item tambahan. Disini ada artikel-artikel kesehatan yang tentu sudah terpercaya sumbernya. Ada Informasi tentang obat yang dibagi berdasarkan merk, kategori, dan generic. Satu lagi fitur yang cocok untuk perempuan ada tools kesehatan. Di tools kesehatan ada BMI (Body Mass Index), Water, Calorie, P3K, Diet, Kalender Kehamilan, dan Tidur Ku. Sudah lengkap bukan? jadi kapan Anda mulai mencoba aplikasi ini?

Check Also

mobile-health-apps

[Survey] Berbagai Jenis Aplikasi Kesehatan Berbasis Mobile Di Pasaran

Terdapat berbagai mobile health apps atau aplikasi kesehatan berbasis mobile di pasaran, mulai dari yang memiliki fungsi sederhana hingga yang kompleks.

Show Buttons
Hide Buttons