cancer.net

Tanggulangi Kanker dengan Cancer.Net

Menurut Global Action WHO 2014, penyakit kanker terdiri dari 40 persen yang dapat dicegah, 40 persen yang jika ditemukan dalam stadium dini dapat disembuhkan, dan sisanya 20 persen merupakan penyakit kanker yang harus mendapatkan perawatan paliatif.

Kendala Pengobatan di Indonesia

Indonesia, mempunyai jumlah penderita kanker yang cukup tinggi. Perhimpunan Onkologi Indonesia (POI) mencatat dalam rentang Januari-Juni 2014 jumlah kasus kanker mencapai 88.106. Pengobatan yang harus dilakukan oleh penderita kanker tidaklah murah. Obat-obatan yang mahal dan belum terdistribusi secara merata di seluruh pelosok negeri menyebabkan banyak penderita kanker tidak mendapatkan pengobatan sesuai standar.

Cancer.Net

Cancer.Net merupakan sebuah website yang dikembangkan oleh sebuah komunitas dokter di Amerika bernama American Society of Clinical Oncology (ASCO). Website yang saat ini telah dikembangkan sebagai sebuah aplikasi berbasis android ini berisi tentang informasi seputar kanker yang dapat digunakan untuk membantu penanggulangan kasus kanker dengan cara memberikan edukasi dan memberikan informasi pengobatan lanjutan.

Cancer.Net menyediakan beberapa fitur untuk memfasilitasi penggunanya. Antara lain informasi tentang berbagai jenis kanker, gejala, pengobatan, serta informasi-informasi lainnya seputar kanker.

Menu utama pada aplikasi Cancer.Net antara lain :

Informations

cancer.net

Berisi informasi terkait pengertian dari 120 jenis kanker yang berbeda, cara pengobatan, mengetahui resiko, mengetahui biaya pelayanan dan bagaimana hidup dengan kanker.

Ketika mengakses informasi tersebut pertama kali, dibutuhkan koneksi internet untuk mengunduhnya dari website Cancer.Net ( www.cancer.net ). Konten yang sudah diunduh, akan disimpan di perangkat android dan dapat dibuka sewaktu-waktu.

Jika tersedia koneksi internet, aplikasi akan secara periodik mengecek informasi baru dari Cancer.Net dan otomatis mengunduhnya. Ini akan menjadikan perangkat android menjadi perangkat yang memiliki informasi yang kekinian.

Questions

cancer.net

Masukkan pertanyaan – pertanyaan yang akan ditanyakan ke dokter di kunjungan selanjutnya. Di menu ini, pengguna juga dapat melihat pertanyaan – pertanyaan yang disarankan oleh para ahli kanker Cancer.Net.

Medications

cancer.net

Merekam informasi penting terkait pengobatan yang telah ditentukan untuk pengguna. Cara memasukkan datanya dengan mengunggah foto label atau botol obat yang dikonsumsi.

Symptoms

cancer.net

Melihat perkembangan keparahan gejala yang dialami dari waktu ke waktu dan mengetahui efek sampingnya.

RSS

cancer.net

Dengan adanya fitur RSS, pengguna dapat melihat video, podcasts, dan postingan blog dari RSS Cancer.Net. Informasi dalam layanan RSS akan otomatis diperbarui jika terdapat koneksi internet.

Pengguna dapat mengirimkan data yang telah diisikan di menu Questions, Medication, dan Symptoms melalui email atau pengguna juga dapat menghapus datanya.

Menariknya, aplikasi ini juga dilengkapi fitur keamanan untuk menjaga privasi penggunanya. Pengguna dapat memberi passcode untuk setiap kali akan menggunakan. Namun, hal ini opsional, pengguna dapat memberikan passcode atau tidak.

Saat ini aplikasi Cancer.Net telah diunduh lebih dari 10.000 kali. Aplikasi ini bisa diunduh secara gratis di Play Store untuk pengguna android dan AppStore untuk pengguna Iphone.

Namun, pengembang Cancer.Net baru menyediakan bahasa Inggris dan Spanyol dalam kontennya.

(Dyan Riska R.)

Referensi: beritajogja, omediapc, iphone-informer

Check Also

mobile-health-apps

[Survey] Berbagai Jenis Aplikasi Kesehatan Berbasis Mobile Di Pasaran

Terdapat berbagai mobile health apps atau aplikasi kesehatan berbasis mobile di pasaran, mulai dari yang memiliki fungsi sederhana hingga yang kompleks.

Show Buttons
Hide Buttons