halodoc

Halodoc: Dokter Anda, Kapan Saja

Pada era modern ini akses pelayanan kesehatan masih mengalami berbagai permasalahan, salah satu permasalahan utama adalah lamanya waktu perjalanan yang ditempuh serta lamanya waktu tunggu pelayanan, sedangkan pasien ingin segera menemui dan berkonsultasi dengan dokter. Lamanya pelayanan ini biasanya disebabkan oleh panjangnya antrian dan proses administrasi yang berbelit ketika datang ke fasilitas pelayanan kesehatan. Melihat fenomena ini, Jonathan Sudharta mengambil kesempatan menggabungkan bidang kesehatan dan bidang teknologi dengan mengembangkan sebuah aplikasi yang diberi nama Halodoc.

Halodoc adalah sebuah aplikasi konsultasi dokter berbasis online yang dirilis pada 21 April 2016 oleh PT Media Dokter Investama. Aplikasi ini bertujuan untuk memudahkan pengguna dalam mengakses layanan kesehatan. Aplikasi ini bisa diunduh di iOS Store dan Google play.

Sejauh ini Halodoc berhasil menggandeng lebih dari 16000 dokter di Indonesia dengan berbagai spesialisasi penyakit. Tak hanya itu. Halodoc semakin berkembang dan menjalin kerjasama dengan berbagai perusahaan besar seperti Unilever(Lifebuoy), PT Allianz, dan Go Jek.

Ingin tau lebih lanjut tentang Halodoc?

Berikut fitur-fitur yang ada pada Halodoc:

Konsultasi dokter

halodoc consultations

Fitur konsultasi dokter yang dinamai dengan Consultations ini memudahkan pengguna untuk mengakses layanan kesehatan berupa konsultasi dengan dokter. Sesuai dengan tagline yang diusung oleh Halodoc “Dokter Anda, Kapan Saja”, pengguna dapat berkonsultasi dengan dokter yang diinginkan kapanpun dan dimanapun. Pengguna dapat berkonsultasi dengan dokter via chat, videcall dan juga telepon. Pada fitur ini pengguna dapat melihat pilihan dokter, spesialisasinya, serta tarif konsultasi per menit. Tarif konsultasi ini berkisar antara Rp6000,00/menit hingga Rp35000,00/menit. Namun ada juga beberapa dokter umum yang memasang tarif Rp0/menit alias gratis. Tentunya fitur ini sangat membantu pengguna ketika sedang sakit namun tidak memiliki waktu untuk perjalanan menuju rumah sakit. Sangat mudah dan praktis bukan?

Perjanjian dengan dokter

halodoc appoinment

Menindaklanjuti fitur Consultations, Halodoc mengembangkan fitur baru yang disebut dengan “Appointments”, fitur ini memfasilitasi pengguna jika dirasa konsultasi via online yang telah dilakukan kurang memuaskan. Dalam fitur ini pengguna dapat membuat perjanjian dengan dokter yang diinginkan. Meskipun fitur ini masih dalam proses pengembangan, Jonathan yakin bahwa fitur ini akan semakin mempermudah pengguna dalam mendapatkan layanan kesehatan.

Pemesanan Pemeriksaan Lab

halodoc lab

Pada fitur ini pengguna dapat memesan cek lab apapun dengan memilih lab manapun yang diingikan. Fitur ini dirasa sangat memudahkan pengguna halodoc, karena petugas lab akan datang ke lokasi pengguna dan pemeriksaan akan dilakukan di lokasi tersebut. Lalu setelah hasil lab keluar, petugas lab akan mengantarkan hasil lab ke pengguna. Fitur ini masih dalam tahap pengembangan terutama untuk delivery cek lab dan hasil lab, karena belum semua lab di indonesia bekerja sama dengan Halodoc.

Delivery obat

halodoc apotik

Selain delivery lab, Halodoc juga menyuguhkan fitur delivery obat yang disebut dengan “Apotik”. Pada fitur ini Halodoc bekerja sama dengan Go Jek, sehingga ketika pengguna ingin membeli obat, pengguna tinggal memilih obat yang diperlukan. Setelah itu obat yang telah dipesan tersebut akan diantar oleh pegawai Go Jek sesuai lokasi yang Anda inginkan. Untuk pembayaran obatnya dapat dilakukan secara langsung maupun dengan top up saldo yang ada pada aplikasi ini.

Rumah sakit di dekat Anda

halodoc directory

Fitur ini dinamai dengan fitur “Directory”. Sebuah fitur yang sudah terintegrasi dengan google maps, sehingga dapat mengidentifikasi rumah sakit- rumah sakit terdekat di sekitar Anda. Fitur ini akan memudahkan pengguna terutama ketika pengguna sedang berada di luar kota domisilinya, cukup dengan menggunakan aplikasi ini, penguna akan diarahkan ke rumah sakit terdekat. Fitur ini juga masih dalam tahap pengembangan, sejauh ini rumah sakit yang dijangkau dan bekerjasama dengan Halodoc adalah rumah sakit-rumah sakit swasta. Namun kedepannya Halodoc akan berusaha menjalin kerja sama dengan rumah sakit-rumah sakit pemerintah. Tak hanya itu, hingga saat ini Halodoc masih mengusahakan agar dapat bekerjasama dengan BPJS agar seluruh masyarakat Indonesia merasakan mudahnya akses pelayanan kesehatan.

 

(Pralampita K.M.)

Check Also

3

Leka – Teman Main Cerdas Untuk Anak Berkebutuhan Khusus

Sebuah robot mainan cerdas yang dinamakan Leka, dibuat sebagai teman bermain dan belajar anak-anak berkebutuhan khusus (autis).

Show Buttons
Hide Buttons