miband

Mi Band: Gelang Trendi untuk Pantau Kebugaranmu

Menjadi sehat dan menghindari risiko sakit menjadi suatu hal yang penting untuk dilakukan oleh setiap manusia. Era yang serba digital ini telah membuat manusia memasuki gaya hidup baru yang tidak terlepas dari perangkat elektronik atau yang sering disebut juga dengan gadget atau gawai. Gaya hidup yang seperti ini mendorong manusia untuk jarang bergerak dan menghabiskan kesehariannya hannya dengan duduk. Salah satu perusahaan elektronik swasta yang berpusat di Beijing bernama Xiaomi berdedikasi untuk menciptakan user experience dari segala aspek, terlebih di bidang kesehatan. Unutk mendukung hal ini, Xiaomi menciptakan teknologi wearable device bernama Mi Band. Mi band merupakan sebuah gelang pintar (smartband) yang diciptakan untuk memantau gerakan (activity tracker) setiap penggunanya meliputi penghitungan jumlah langkah, jumlah kalori dan jarak yang telah ditempuh.

Aman untuk Kulit

Mi Band terbuat dari TPSiV yang diproduksi oleh perusahan Amerika Serikat, Dow Corning. TPSiV adalah salah satu elastomer thermoplastik dengan kemampuan anti-UV, anti-mikroba dan anti-alergi. Bahan ini tidak menimbulkan reaksi alergi bahkan untuk kulit yang sensitif, dan lembut saat disentuh sehingga memberikan kenyamanan yang maksimal.

Dibuat dengan Teliti Melalui Proses 12 Tahap

miband

Permukaan inti aluminium setebal 1 mm dimanufaktur dengan proses 12 langkah. Proses compression molding, polishing, dan sandblasting menghasilkan permukaan bertekstur mulus dan proses CNC miling menambah kilau pada tepiannya. Terdapat 3 indikator lampu yang diinjeksi dengan perekat UV untuk mencegah debu dan air memasuki device. Ketahanan Mi Band ini telah mendapat sertifikasi IP67 dimana dapat digunakan di dalam air hingga kedalaman 1 meter.

Xiaomi Mi Band menggunakan akselerometer grade militer dari ADI untuk mendeteksi gerakan. Sedangkan untuk konektivitas, Mi Band menggunakan Bluetooth 4.0.

Baterai yang digunakan adalah Lithium-Polymer (Li-Po) 41 mAh dengan ketebalan hanya 8 mm yang dalam sekali isi daya sampai penuh dapat bertahan hingga 30 hari.

Aplikasi Pendukung  (Mi Fit)

miband

Pihak Xiaomi telah menyiapkan aplikasi pendukung berbasis Android dan iOS bernama Mi Fit untuk produk Mi Band. Sebelum menggunakan aplikasi ini, pengguna harus login menggunakan akun Xiaomi dan memasukan data diri berupa tinggi badan, berat badan, dan jenis kelamin.

Aplikasi yang berlangsung secara real-time ini akan membantu dalam memonitor kebugaran dan pola tidurmu. Akselerometer yang terdapat dalam gelang ini dapat mendeteksi gerakan yang telah kamu lakukan bahkan tanpa harus mengayunkan tangan. Hasil deteksi gerakan ini akan ditampilkan dalam bentuk grafis berupa total langkah, jarak, jumlah kalori yang telah dibakar, waktu tidur, kualitas tidur dan deteksi detak jantung.

Penanda Telepon Masuk, Pesan dan Alarm

miband

Fitur getar yang terdapat dalam Mi Band dapat juga dijadikan penanda adanya telepon masuk, pesan maupun alarm yang sudah di set-up. Pengaturan ini dapat di atur melalui apliaksi  Mi Fit dimana ketika terdapat telepon dan pesan masuk, Mi Band akan secara otomatis bergetar sehingga pesan dan telepon yang masuk tidak terlewatkan. Begitu juga dengan alarm,  setelah diatur melalui aplikasi Mi Fit, Mi Band akan bergetar sesuai waktu yang telah ditentukan. Untuk mematikannya, cukup dengan mengetuk beberapa kali pada permukaan Mi Band.

Only IDR225.000 you can customize alerts to nudge you to move.  Get Healthy, Be Heathy and Stay Healthy!

 

(Pintari Dian)

Referensi: mi.com

Check Also

nano retina 2

Nano Retina: Chip untuk Mengatasi Kebutaan

Nano Retina, sebuah perusahaan di Israel, mengembangkan teknologi berupa implant untuk menggantikan fungsi fotoreseptor yang rusak.

Show Buttons
Hide Buttons