it bra

Ingin Terhindar dari Kanker Payudara? Gunakan Bra Ini!

Kanker payudara merupakan salah satu penyebab kematian yang paling sering terjadi pada wanita di dunia. Menurut International Agency on Cancer (IARC), terdapat 1,7 juta penderita kanker payudara atau 11,9% dari total keseluruhan kasus kanker di dunia pada tahun 2012. Kanker menduduki posisi kedua penyebab kematian akibat kanker pada wanita setelah kanker leher rahim.

Deteksi kanker payudara di fasilitas pelayanan kesehatan biasanya menggunakan mammogram. Mammogram memanfaatkan sinar x-ray untuk mendeteksi kelainan pada payudara. USG juga menjadi salah satu alat yang digunakan dengan mammogram untuk mendeteksi kelainan pada payudara. Namun, terkadang mammografi dan USG tidak bisa mendeteksi kanker pada jaringan padat payudara.

Daripada mammogram atau USG, sebuah teknologi baru akan merevolusi cara pemeriksaan kanker payudara. Informasi teknologi ini ditransmisikan dengan smartphone dan sistem ini dapat digunakan serta mudah digunakan di rumah. Alat ini disebut iTBra.

iTBra dikembangkan berbentuk seperti bra olahraga. iTBra memanfaatkan sensor untuk memeriksa apa yang terjadi dengan pola circadian dari perubahan panas dalam payudara selama penggunaannya. Rob Ryeo, CEO Cyrcadia Health (perusahaan pengembang iTBra) mengungkapkan bahwa perubahan panas dikorelasikan dengan percepatan aktifitas sel yang terasosiasi dengan tumor payudara. Hasil sensor iTBra kemudian diproses dengan algoritma mutakhir dan ditransmisikan dengan smartphone.

Cyrcadia Health saat ini sedang menguji coba sistem iTBra di Ohio State University dan The Medicine X Group di Stanford. Sejauh ini iTBra telah diuji coba pada 500 pasien dan telah terbukti sebesar 87% akurat, atau sedikit lebih tinggi daripada akurasi mammogram yang sebesar 83%. Ini karena metode teknologi yang digunakan untuk mendeteksi kanker payudara masih berlum teruji dan Cyrcadia Health memerlukan penelitian lebih lanjut untuk sistemnya.

Teknologi seperti USG, mammogram, iTBra, dan lain sebagainya memang membantu kita dalam mendeteksi keberadaan kanker payudara. Namun, akan lebih baik mencegah diri Anda sendiri mau pun orang-orang tersayang serta masyarakat sekitar untuk bisa melakukan deteksi awal karena biasanya kanker baru diketahui setelah sudah pada tahapan yang parah. Mendeteksi kanker payudara pun saat ini dapat dilakukan dengan mudah dengan beberapa aplikasi yang membantu mendeteksi kanker payudara seperti aplikasi Pita Pink dan Breast Cancer Awareness SRIOR misalnya.

 

(Naufal Farah Azizah)

Referensi: spirit.web.id, liputan6, wearable.com

Check Also

3

Leka – Teman Main Cerdas Untuk Anak Berkebutuhan Khusus

Sebuah robot mainan cerdas yang dinamakan Leka, dibuat sebagai teman bermain dan belajar anak-anak berkebutuhan khusus (autis).

Show Buttons
Hide Buttons