AloDokter – Aplikasi untuk Chatting dengan Dokter

AloDokter sebelumnya berupa sebuah website tanya jawab masalah kesehatan yang sekarang telah tersedia versi mobile-nya berupa aplikasi android yang bisa didownload gratis di playstore. Kali ini kami akan membahas aplikasi AloDokter versi 1.1.2. Aplikasi ini tidak memakan banyak media penyimpanan ponsel kita karena hanya berukuran 6,6 MB. Instalasinya pun termasuk cukup mudah, Anda tinggal menginstallnya melalui android playstore. Sebelum menggunakan aplikasi AloDokter anda akan diminta untuk login terlebih dahulu bagi yang sudah punya akun, sedangkan bagi yang belum punya akun bisa login dengan menggunakan akun facebook ataupun membuat akun baru. Dari ketiga proses tersebut (login dengan akun AloDokter, login dengan Facebook, maupun membuat akun baru) terbilang cukup mudah dan simpel.

Ketika anda telah berhasil login maka akan muncul menu utama dari aplikasi AloDokter.  Ada fitur Tanya, Dokter, Info, dan Majalah. Pada fitur Tanya ini Anda bisa bertanya masalah kesehatan Anda dengan dokter. Cukup meng-klik tombol berwarna biru bertuliskan “Tanya” di pojok kanan bawah lalu tuliskan judul pertanyaan dan deskripsi dari pertanyaan Anda.  Dokter yang ada di aplikasi AloDokter akan menjawab pertanyaan anda dengan memberikan edukasi terlebih dahulu lalu menjawab pertanyaan yang telah Anda berikan. Apabila dibutuhkan pemeriksaan lebih lanjut Anda akan disarankan untuk berkonsultasi langsung dengan dokter ahli. Di fitur Tanya ini Anda juga dapat bertanya tentang mitos-mitos di dunia kesehatan dengan dokter yang berkompeten.

alodokter

Kita beralih ke fitur Dokter. Fitur Dokter ini berisi daftar dokter yang ada di aplikasi AloDokter yang siap menjawab pertanyaan-pertanyaan Anda. Ini adalah fitur yang paling menarik karena dokter yang tersedia di aplikasi AloDokter adalah dokter “sungguhan” bukan abal-abal.  Nomor keanggotaan dokter dalam Ikatan Dokter Indonesia (IDI MEMBERSHIP) tercantum dalam profil dokter. Selain itu ada juga riwayat pendidikan dan alamat praktik dari dokter tersebut.  Urutan daftar dokter berdasarkan keaktifan dokter dalam menjawab pertanyaan pengguna aplikasi AloDokter dan berdasarkan like dari pengguna. Fitur ini dibuka dari senin-minggu pukul 05.00-23.00 dan selalu ada dokter yang online untuk menjawab pertanyaan Anda.

Fitur yang ketiga adalah Info. Fitur ini memberikan edukasi terhadap masyarakat luas terhadap obat dan penyakit yang beredar di masyarakat.  Ini menjawab rasa ingin tahu dari masyarakat awam atau bisa juga menjawab mitos-mitos tentang penyakit atau obat yang beredar di masyrakat. Info yang diberikan pun cukup lengkap. Misal kita memilih penyakit alergi maka akan muncul apa itu alergi?, gejala-gejala saat alergi, penyebab alergi, diagnosis alergi, pengobatan hingga pencegahan alergi. Begitu juga dengan informasi obat, tersedia cukup lengkap.  Misalnya kita memilih obak dengan nama “ambroxol” maka akan keluar info seperti pengertian ambroxol, dosis ambroxol, cara mengkonsumsi dengan benar, serta efek samping dari ambroxol.

Fitur yang terakhir pada aplikasi AloDokter adalah Majalah. Fitur ini meungkinkan kita membaca berbagai artikel kesehatan secara online. Bagi Anda yang punya perhatian lebih di dunia kesehatan, Anda bisa membaca tips, informasi, kesehatan kewanitaan, dan menjawab mitos yang ada di masyarkat dengan alasan yang ilmiah.

Dengan berbagai fitur dan keunggulan tentu aplikasi AloDokter bukannya tanpa kekurangan. Menurut penulis ada banyak yang bisa dikembangkan atau disempurnakan ke depannya dari aplikasi ini. Aplikasi ini hanya bisa berjalan apabila jaringan internet Anda kuat, apabila lemah maka Anda tidak bisa mengakses aplikasi ini. Dan yang kedua adalah chat history konsultasi bersama dokter belum di enkripsi sehingga setiap orang bisa melihat percakapan atara pengguna lain dengan dokter. Ini tentu mengurangi rasa nyaman ketika berkonsultasi terutama apabila masalahnya bersifat sangat pribadi.

Jadi bagi Anda yang sibuk dan tidak ingin mengantri hanya untuk berkonsultasi dengan dokter bisa mencoba aplikasi AloDokter dengan mengakses link berikut http://play.google.com/store/apps/details?id=com.alodokter.android atau melalui versi website resminya di http://www.alodokter.com/. Sekian, terimakasih, dan selamat mencoba.

 

(Abdillah Azis)

Review Redaksi Gawai Sehat

Manfaat
Kemudahan
Tampilan
Kecepatan
Efisiensi Storage
Privasi/Kenyamanan
Biaya

Total

Secara umum aplikasi ini cukup bagus dan bermanfaat, terutama lisensinya yang free. Kekurangannya hanya ada pada aspek privasi dimana user lain dapat melihat history konsultasi kita.

Check Also

mobile-health-apps

[Survey] Berbagai Jenis Aplikasi Kesehatan Berbasis Mobile Di Pasaran

Terdapat berbagai mobile health apps atau aplikasi kesehatan berbasis mobile di pasaran, mulai dari yang memiliki fungsi sederhana hingga yang kompleks.

Show Buttons
Hide Buttons