PitaPink: Aplikasi Deteksi Dini Kanker Payudara

Kanker adalah penyakit akibat pertumbuhan tidak normal dari sel-sel jaringan tubuh yang berubah menjadi sel kanker. Kanker payudara adalah pertumbuhan sel abnormal yang sifatnya ganas yang menyerang sel-sel jaringan pada payudara. Berdasarkan data dari rekam medis RS Kanker Dharmais 2010, saat ini kanker payudara merupakan kanker yang paling banyak diderita oleh perempuan. Di RS Dharmais sendiri, kanker payudara menduduki peringkat pertama dari 10 kanker terbesar.

Di Indonesia, kanker payudara merupakan penyakit kanker dengan prevalensi tertinggi di Indonesia pada tahun 2013, yaitu sebesar 0,5%. Prevalensi kanker payudara tertinggi terdapat pada Provinsi D.I. Yogyakarta, yaitu sebesar 2,4%.

Melihat begitu besarnya prevalensi kanker payudara di Indonesia YKPI (Yayasan Kanker Payudara Indonesia) bekerja sama dengan Indosat Ooredoo meluncurkan Kartu Perdana Edisi Khusus Breast Cancer Awareness dan Aplikasi Pita Pink untuk deteksi dini kanker payudara sebagai bentuk  kepedulian terhadap perempuan Indonesia.

pita-pink

Aplikasi Pita Pink ini adalah aplikasi yang berisi mengenai langkah-langkah bagaimana mendeteksi kanker payudara dari diri sendiri mulai dari tes visual, tes sentuh, dan tes rasa sakit kemudian aplikasi akan menyimpan setiap hasil tes pada riwayat tes. Panduan SADARI (Perikasa Payudara Sendiri) yang ada pada applikasi ini sebaiknya dilakukan secara rutin agar ketika muncul benjolan pada payudara dapat terdeteksi sedini mungkin sehingga pengobatannya lebih mudah. Aplikasi ini juga berisi informasi mengenai Rumah Sakit atau klinik yang dapat memberikan pelayanan mamografi dan tes klinis di dekat tempat tinggal pengguna aplikasi. Informasi mengenai gejala kanker payudara dan faktor-faktor penyebabnya juga terdapat dalam aplikasi mobile ini.

Aplikasi Pita Pink adalah aplikasi mobile yang tersedia gratis pada Google Play Store yang berbasis Android. Sebelum menggunakan aplikasi ini terlebih dahulu membuat akun dengan menggunakan email atau akun facebook. Kemudian setiap akun akan memiliki riwayat tes tersendiri.

Aplikasi Pita Pink dapat diunduh dan digunakan oleh seluruh pengguna smartphone berbasis Android. Harapan dari penggunaan applikasi ini adalah masyarakat khususnya kaum wanita terbantu dalam mendeteksi kanker payudara sedini mungkin sehingga penyembuhannya akan lebih mudah. Kemudian dengan adanya aplikasi ini diharapkan masyarakat mendapatkan pengetahuan lebih mengenai kanker payudara.

 

(Wahyu Dwi J.)

 

Sumber : RS Dharmais, Yayasan Kanker Indonesia, Indosat Ooredoo

Ilustrasi: Google Play

Check Also

mobile-health-apps

[Survey] Berbagai Jenis Aplikasi Kesehatan Berbasis Mobile Di Pasaran

Terdapat berbagai mobile health apps atau aplikasi kesehatan berbasis mobile di pasaran, mulai dari yang memiliki fungsi sederhana hingga yang kompleks.

Show Buttons
Hide Buttons