esight

E-Sight: Kacamata Canggih untuk Penderita Tunanetra

Dewasa ini teknologi semakin canggih. Penemuan-penemuan baru yang inovatif bermunculan untuk memberikan solusi dari masalah yang ada. Tidak terkecuali di dunia kesehatan. Muncul Upsee untuk anak penderita gangguan neuromuscular. Ada backup memory untuk memerangi Alzheimer. Yang terbaru ada E-Sight kaca mata untuk tunanetra. Tunanetra bisa menyerang siapa saja bahkan yang dulunya bisa melihat. Setelah mengalami proses penuaan, seseorang bisa mengalami degenerasi makula yang dapat menyebabkan kebutaan. Degenerasi makula adalah gangguan pada mata yang umum dialami karena proses penuaan yang menyebabkan kehilangan penglihatan dan bahkan kebutaan terutama pada orang lanjut usia di seluruh dunia. Makula adalah pusat dari retina dan merupakan bagian yang paling vital dari retina. Makula merupakan bagian dari retina yang memungkinkan mata melihat detail-detail halus pada pusat lapang pandang.

E-Sight adalah kacamata yang diciptakan sebuah perusahaan di Kanada. Kacamata ini merupakan sebuah inovasi terbaru dalam dunia kesehatan. Kacamata ini diciptakan khusus untuk tunanetra.

Kathy Beitz salah satu orang yang beruntung dapat menggunakan kacamata e-Sight. Kathy mengalami kebutaan sejak usia 11 tahun. Dia memiliki penyakit bernama Stargardt yang menyebabkan ia menderita degenerasi makular. Kondisi tersebut menempatkan sebuah blind spot yang mengaburkan sebagian besar penglihatannya. Namun saat menggunakan e-Sight akhirnya dia mampu melihat dari kondisi keburaman tersebut. Kathy berkeinginan untuk melihat anak lelakinya yang baru lahir. Dengan bantuan e-Sight akhirnya Kathy dapat melihat anaknya.

E-Sight adalah perangkat kacamata yang menggabungkan antara kamera, teknologi layar, dan komputasi canggih yang mampu memberikan rekaman secara real-time bagi para penyandang kebutaan. Pengguna memiliki kontrol penuh atas gambar yang mereka lihat, yang berarti dapat memperbesar serta menyesuaikan tampilan objek untuk memastikan mata dapat menafsirkan kualitas gambar terbaik. Pemakainya pun bisa mengantur kontras hingga kecerahan sesuai dengan kebutuhan. Kathy mengatakan e-Sight telah membantunya dalam mengasuh bayi hingga pergi ke pasar swalayan.

Saat ini kacamata tersebut telah dijual dan dapat dibeli dengan harga 15 ribu USD atau sekitar Rp 195 juta. Sampai saat ini ada sekitar 450 orang yang menggunakan kacamata tersebut dengan rentang usia antara 7 sampai 93 tahun.

 

(Abdillah Azis)

 

Referensi:

http://www.ahlinyapenyakitmata.web.id/degenerasi-makula/

http://www.jurnalasia.com/gadget/kacamata-esight-bantu-tunanetra-untuk-melihat/

http://news.allteknow.net/kacamata-esight-membantu-melihat/

http://video.republika.co.id/berita/video/otomotif-gadget/16/09/10/od9ssd216-kacamata-canggih-ini-bantu-tunanetra-melihat

Ilustrasi:

http://d27bf9iy63vb4h.cloudfront.net/wp-content/uploads/2015/01/rsz_esight.jpg

 

Check Also

nano retina 2

Nano Retina: Chip untuk Mengatasi Kebutaan

Nano Retina, sebuah perusahaan di Israel, mengembangkan teknologi berupa implant untuk menggantikan fungsi fotoreseptor yang rusak.

Show Buttons
Hide Buttons