upsee

Upsee: Teknologi untuk Anak Penderita Gangguan Neuromuskular

Beberapa penyakit seperti polio dan cerebral palsy adalah penyakit yang menyebabkan kelumpuhan pada kaki bayi yang membuat si kecil tak mampu berjalan seperti orang normal. Bantuan kepada anak-anak yang dikaruniai keadaan ini adalah dengan kursi roda atau gendongan dari orang dewasa. Namun bantuan tersebut tentu saja tak membuat anak bergerak bebas, tak merasakan tapakan kaki ditanah, berjalan serta bermain dengan anak normal lainnya.

Melihat kondisi tersebut kini telah hadir teknologi baru yang disebut Upsee. Teknologi ini berbentuk perangkat mobilitas yang memungkinkan anak-anak dengan gangguan motorik dapat berdiri dan berjalan dengan bantuan orang dewasa. Alat ini adalah anugrah bagi banyak anak-anak dengan gangguan neuromuskuler.  Mereka dapat berdiri dan memeluk adik mereka atau saudaranya untuk pertama kalinya. Beberapa anak melambaikan tangan kepada tetangga disepanjang jalan mereka berjalan. Dan beberapa menyeberangi taman bermain lalu bergandeng tangan  dengan sahabat mereka untuk pertama kalinya.

upsee

Upsee terdiri dari tiga bagian, satu tali pengikat untuk anak, satu sabuk untuk orangtua yang menghubungkan tali pengikat anak dan sepasang sandal khusus yang memungkinkan kaki orangtua dan anak melangkah bersamaan. Dengan cara seperti itu, tangan anak dan orangtua menjadi terbebas tak seperti cara tatih konvensional.

Penemu alat ini adalah Debby Elnatan, seorang ibu rumahan yang memiliki anak yang memiliki gangguan neuromuskuler. Melihat anaknya ia memiliki ide untuk membuat alat ini dan dengan idenya tersebut anak-anak yang memiliki keterbatasan fisik kemudian bisa “berjalan”. Debby yang merupakan seorang terapis musik awalnya hanya ingin membantu putranya yang mengalami cerebral palsy. Ia merancang harness yang memungkinkan putranya berdiri tegak dengan bersandar ke dirinya, sehingga membiarkan orangtua dan anak sama-sama melangkah. Debby mencari-cari agar ada perusahaan yang mau memproduksi alat tersebut secara masal.

upsee

Dibantu sebuah perusahaan asal Irlandia, Leckey, dan distributor terkemuka Firely, Debby mengembangkan Upsee. Debby dan perusahaan tersebut mengembangkan Upsee sejak tahun 2012 dengan melibatkan sejumlah pakar kesehatan, ahli terapi, juga pakar fashion.

Manajer penelitian klinis dan okupasi terapis Firefly, Clare Canale, mengatakan bahwa produk ini bisa membantu keluarga di seluruh dunia. Maura McCrystal, ibu dari Jack dari Draperstown di Irlandia Utara, menjadi salah satu orangtua di Inggris yang menggunakan produk itu untuk pertama kalinya. Setelah uji coba Upsee sukses pada beberapa keluarga di Inggris, Amerika Serikat, dan Kanada, produk ini kemudian diluncurkan secara global.

 

(Wahyu D)

 

Referensi :

http://www.satuharapan.com/life/upsee-alat-bantu-jalan-balita

http://health.liputan6.com/read/2027510/alat-ini-bisa-buat-anak-berkursi-roda-berjalan-lagi

http://www.fireflyfriends.com/upsee

http://www.cerebralpalsy.org.au/services/ndis/canberra-services/

Check Also

nano retina 2

Nano Retina: Chip untuk Mengatasi Kebutaan

Nano Retina, sebuah perusahaan di Israel, mengembangkan teknologi berupa implant untuk menggantikan fungsi fotoreseptor yang rusak.

Show Buttons
Hide Buttons