screenshot_2016-09-16-19-37-02

Perangi Gejala Alzheimer dengan “Backup Memory”

Alzheimer merupakan salah satu jenis penyakit dementia yang menyebabkan permasalahan ingatan, cara berpikir dan tingkah laku. Pengobatan Alzheimer selama ini hanya dilakukan menggunakan obat yang dikonsumsi pasien untuk menghentikan atau menghambat kerusakan yang memperparah gejalanya. Menurut U.S. Food and Drug Administration (FDA), obat seperti donepezil, galantamine, memantine, rivastigmine, dan campuran donepezil memantine merupakan lima obat yang terbukti untuk mengobati penyakit Alzheimer. Saat ini tak hanya obat konsumsi saja yang dapat memperlambat gejala Alzheimer, teknologi mulai dilirik untuk membantu memperlambat gejala Alzheimer.

Sekitar satu tahun yang lalu, Azer Jaafoura dan beberapa koleganya di Samsung Electronics Tunisia (SETN) memikirkan bagaimana caranya membantu penderita Alzheimer. Tetapi, dengan pekerjaan dan kegiatan kerelawanannya di rumah sakit anak, Azer dan koleganya menjadi kekurangan waktu.

“Kami ingin membuat kehidupan penderita Alzheimer lebih mudah seperti penjaganya, tetapi kami mulanya tidak yakin untuk melakukan ini,” ucap Azer, seorang manajer marketing untuk mobile products di SETN. “Ketika Alzheimer tidak dapat disembuhkan, penelitian terbaru menunjukkan bahwa stimulasi mental dalam bentuk pengingat teratur dari kenangan masa lalu dapat berpotensi melambatkan progress dari Alzheimer. Di sinilah kami melihat kesempatan.”

Dengan bantuan Tunisian Alzheimer’s Association, SETN bekerja dengan 3SG BBDO untuk membuat aplikasi smartphone yang disebut Backup Memory. Aplikasi ini berfungsi sebagai stimulator memori untuk mereka yang menunjukkan gejala awal Alzheimer. Aplikasi ini membantu pasien untuk menyadari lingkungan sekitar dengan mengidentifikasi anggota keluarga dan teman terdekat, dan juga mengingatkan pasien mengenai hubungan mereka dengan masing-masing orang dan memori yang mereka miliki bersama di masa lalu melalui foto dan video.

Beberapa fitur Backup Memory dibuat terintegrasi dengan Bluetooth. Backup Memory menggunakan Bluetooth untuk mencari smartphone lain yang menggunakan aplikasi yang sama, dan menghubungkan perangkat mereka ketika berada dalam radius 10 meter. Jika sudah terkoneksi dengan smartphone lain, Backup Memory memunculkan informasi tentang orang terdekat. Sebelum menggunakan Backup Memory, informasi yang relevan dan konten multimedia harus diinput secara manual atau diupload ke dalam aplikasi.

Ketika SETN bekerja dengan 3SG BBDO untuk mendesain dan mengembangkan aplikasi ini, Tunisian Alzheimer’s Association menguji coba aplikasi ini untuk memastikan bahwa aplikasi ini berguna untuk pasien Alzheimer.

“Kami telah menguji cobakan aplikasi Backup Memory ke beberapa pasien Alzheimer, dan kami melihat hasil yang baik,” ucap Dr. Meriam Labidi, seorang ahli penyakit yang khusus melayani kebutuhan perawatan orang tua dan anggota dari Tunisian Alzheimer’s Association. “Dengan Alzheimer, apa yang hilang tetap hilang selamanya. Melalui stimulasi kognitif, pasien dapat menyimpan memori mereka sedikit lebih lama dan memperlambat efek Alzheimer.”

Backup Memory tersedia dalam dua versi bahasa, yaitu Inggris dan Prancis yang dapat diunduh melalui Google Play.

Tetapi, ini bukan merupakan akhir dari Backup Memory. Azer dan koleganya bekerja untuk meningkatkan aplikasi ini dengan menambahkan fitur tambahan dan memoles lagi user interface Backup Memory. Salah satu dari fitur tambahan ini adalah penambatan sinyal GPS smartphone untuk menyediakan lokasi pasien bagi anggota keluarga pasien.

“Backup Memory bukan sebuah terobosan teknologi, tetapi merupakan pemanfaatan dari teknologi yang sudah ada”, ucap Azer. “Sejauh ini kami puas dengan progres ini, tetapi kami ingin melakukan lebih. Masih banyak hal baik lain yang dapat Anda lakukan dengan teknologi dan kami ingin berpikir bahwa kami hanya baru saja memulai.”

 

(Naufal Farah Azizah)

 

Referensi:

 

Check Also

mobile-health-apps

[Survey] Berbagai Jenis Aplikasi Kesehatan Berbasis Mobile Di Pasaran

Terdapat berbagai mobile health apps atau aplikasi kesehatan berbasis mobile di pasaran, mulai dari yang memiliki fungsi sederhana hingga yang kompleks.

  • Mollyi

    Opal, Wi mantap. Lanjutkan op ?

Show Buttons
Hide Buttons