pokemon go

Booming Pokemon Go Seperti “Badai Gurun Pasir”?

Beberapa bulan yang lalu permainan baru inovatif, Pokemon Go, adalah aplikasi yang paling sukses. Saat ini setiap hari pengguna Pokemon Go telah berkurang dan yang dikhawatirkan adalah aplikasi kesehatan lain juga akan mengalami hal yang sama.

Demam Pokemon Go tampaknya mereda dengan cepat bagai badai di gurun pasir. Di awal peluncuran dampaknya sangat besar namun seiring waktu ia semakin menghilang. Permainan yang pernah dipuji sebagai aplikasi kesehatan yang paling efektif yang pernah ada kini semakin turun pamornya hanya dalam sekejap saja.

Jadi pertanyaan yang muncul bagi para profesional kesehatan masyarakat, peneliti, dan pengembang aplikasi kesehatan melihat fenomena ini adalah: Apakah Pokemon Go juga mengungkap nasib begitu banyak aplikasi kesehatan yang lain?

Fenomena Badai di Gurun Pasir

Tak lama setelah Pokemon Go duluncurkan pada bulan Juli, Johns Hopkins Bloomberg School of Public Health menulis bahwa permainan ini memiliki potensi besar untuk mencegah dan mengobati kondisi kronis seperti obesitas dengan meningkatkan aktivitas fisik, mengajak beraktivitas di luar, bahkan mendorong interaksi sosial.

“Mungkin bukan sebuah rahasia Pokemon Go tidak mencoba untuk menjadi aplikasi kesehatan, melainkan fokus pada permainan yang membuat orang-orang dari sofa, ke dunia nyata, dengan efek kesehatan yang tidak disengaja,” tulis Johns Hopkins Bloomberg School of Public Health. “Sebagai sebuah game digital komersial, Pokemon Go mungkin lebih menarik pengguna dibanding aplikasi lain yang memang difungsikan sebagai aplikasi kesehatan.”

“Satu pemain dapat berjalan 140 mil (225 km) dan kehilangan berat badan  (12.7kg) saat  mengumpulkan semua karakter, aplikasi Pokemon Go juga dapat meringankan beban obesitas dan diabetes tipe 2” kata Dr. Margaret McCartney dari British Medical Journal (BMJ).

Apakah Pokemon Go akan bertahan  lebih lama dari  aplikasi kesehatan lain, seperti Endomodo, atau hilang bagai badai di gurun pasir dan banyak pemain regular Pokemon Go yang kembali ke rutinitasnya. Tapi bukti yang ada menunjukkan bahwa orang yang menggunakan aplikasi Pokemon Go setiap hari semakin menurun dibandingkan saat Pokemon Go mencapai kejayaaannya.

Apptopia, pengamat pasar aplikasi mobile, meneliti dan hasilnya menunjukkan bahwa pada puncaknya pada pertengahan Juli 2016 sekitar 45 juta orang di seluruh dunia sedang bermain Pokemon Go setiap hari dan hanya satu bulan kemudian jumlahnya turun menjadi sekitar 30 juta orang saja.

Booming awal Pokemon Go adalah prediksi bahwa hal itu akan mengantar era baru aplikasi kesehatan yang memanfaatkan augmented reality untuk melibatkan pengguna dengan cara yang yang belum ada sebelumnya.

“Jika penurunan ini terus berlanjut, ini akan menjadi tendensi negatif tidak hanya pada kelangsungan hidup dan popularitas Pokemon Go, tetapi juga aplikasi augmented reality pada umumnya,” Aksioma Capital Management Analyst Senior Victor Anthony menulis pada sebuah artikel Bloomberg. Data pada google trend sudah menunjukkan menurunnya minat pada aplikasi augmented reality. Terkait dengan aplikasi kesehatan, kebanyakan orang hanya menggunakan aplikasi kesehatan dan kebugaran hanya sekitar satu bulan pertama

Tidak bisa dipungkiri bahwa aplikasi Pokemon Go memiliki efek negatif, namun efek positifnya juga banyak. Paling tidak bagi Anda yang pernah bermain Pokemon Go pasti pernah merasakan manfaat seperti ini; bertambahnya kenalan sesama pemain Pokemon Go, meningkatnya aktifitas fisik karena aplikasi Pokemon Go menuntut pemainnya agar bergerak aktif, dan mendekatkan diri kepada Tuhan karena banyak pokestop yang diletakkan di rumah ibadah.

 

(Abdillah Azis)

 

Sumber:

http://www.healthcareitnews.com/news/pokemon-go-decline-does-not-bode-well-health-apps-and-patient-engagement

http://metro.co.uk/2016/08/10/playing-pokemon-go-is-really-good-for-your-health-6058376/

http://www.hipwee.com/hiburan/cowok/pokemon-go-ternyata-punya-manfaat-baik-bagi-cowok-7-hal-ini-yang-bikin-kamu-harus-main-game-ini/

 

Ilustrasi:

http://blogs-images.forbes.com/erikkain/files/2016/07/pokemon-go.jpg

Check Also

mobile-health-apps

[Survey] Berbagai Jenis Aplikasi Kesehatan Berbasis Mobile Di Pasaran

Terdapat berbagai mobile health apps atau aplikasi kesehatan berbasis mobile di pasaran, mulai dari yang memiliki fungsi sederhana hingga yang kompleks.

Show Buttons
Hide Buttons