pcare

Cara Bridging SIMPUS dengan Pcare

Pcare yang dapat diakses melalui http://pcare.bpjs-kesehatan.go.id/pcare/ adalah sistem informasi yang diperuntukkan bagi fasilitas kesehatan tingkat pertama (FKTP) yang bekerjasama dengan BPJS. Sistem ini digunakan untuk mencatat data pelayanan yang diberikan kepada pasien peserta BPJS sehingga BPJS dapat memantau jumlah pasien yang dilayani serta diagnosis dan jenis layanan yang diberikan.

Setiap FKTP yang bekerjasama dengan BPJS wajib menggunakan sistem ini termasuk puskesmas. Kendala yang dihadapi saat kebijakan ini pertama kali diterapkan adalah adanya double entry yang harus dilakukan oleh petugas puskesmas sehingga menambah beban kerja. Petugas harus menginput data pelayanan pasien pada SIMPUS (sistem informasi manajemen pusksesmas) kemudian juga harus menginputkan data yang sama pada pcare untuk pasien peserta BPJS.

Menanggapi permasalahan tersebut, BPJS kemudian menyediakan sebuah infrastruktur teknologi berupa web service yang dapat digunakan untuk menjembatani komunikasi antara SIMPUS dengan pcare, atau yang lebih familiar kita dengar dengan istilah bridging.   Konsep implementasi teknologi web service adalah adanya interaksi antara service provider dan service requester (Kreger, 2003). Dalam hal ini service provider adalah BPJS dan service requester adalah puskesmas yang difasilitasi melalui SIMPUS. Dokumentasi penggunaan web service pcare dapat diakses melalui alamat http://dvlp.bpjs-kesehatan.go.id:9080/pcare-rest-dev/.

Skema bridging simpus dan pcare
Skema bridging simpus dan pcare

Dengan menggunakan teknologi web service ini maka data yang diinputkan pada SIMPUS juga akan otomatis terinput di basis data pcare sehingga petugas puskesmas tidak perlu lagi melakukan double entry untuk data pasien BPJS. Berikut adalah langkah-langkah yang harus dilakukan agar SIMPUS di tempat Anda dapat di-bridging dengan pcare:

  1. Mengajukan permohonan ke BPJS setempat untuk mendapatkan consumer ID yang merupakan kunci akses untuk menggunakan web service. Consumer ID yang didapatkan pada tahap ini adalah development version, artinya hanya digunakan untuk kepentingan pengembangan sistem, belum bisa digunakan untuk mengakses data pada pada primary server BPJS.
  2. Melakukan mapping antara struktur data yang ada pada database SIMPUS dan struktur data yang ada pada pcare.
  3. Melakukan mapping untuk atribut yang memiliki standar klasifikasi tertentu seperti diagnosis, tindakan, dan obat.
  4. Menanam kode pemanggilan web service pada source code SIMPUS.
  5. Mengikuti assessment atau uji kelayakan yang akan dilakukan oleh tim IT BPJS.
  6. Jika SIMPUS yang diuji dinyatakan telah memenuhi standar oleh tim IT BPJS maka akan diberikan consumer ID yang live version sehingga SIMPUS akan dapat langsung terkoneksi dengan primay server BPJS.

Langkah-langkah di atas terkesan sangat rumit dan mungkin sulit dipahami oleh orang yang awam dengan dunia programming. Namun jangan khawatir, vendor atau pengembang SIMPUS Anda pasti dapat melakukannya dengan mudah.

Selamat melakukan bridging!!!

 

(Dian Budi Santoso)

Pustaka:

Kreger, H. (2003). Fulfilling The Web Services Promise. Communication of the ACM, 46(6), 29-34.

Check Also

emr-ehr

Pengertian rekam medis elektronik

Kali ini Gawai Sehat akan  membahas mengenai rekam medis elektronik (lagi). Sebenarnya, beberapa posting sebelumnya …

  • SY S

    halo! saya mau bertanya apakah bridging bisa dibuat timbal balik? maksud saya, selama ini apabila mengentry di SIMPUS maka data akan terinput otomatis ke PCare, bisakah dibuat sebaliknya juga (bila input di PCare maka secara otomatis terinput ke SIMPUS)? Karena kadang bila SIMPUS error, petugas adm Puskesmas jadi 2x entry (Pertama di PCare selagi SIMPUS dalam perbaikan, kemudian setelah SIMPUS pulih baru diinput di SIMPUS). Mohon pencerahannya terimakasih.

    ?

    • Gawai Sehat

      Belum bisa pak/bu, karena fasilitas API yang disediakan oleh BPJS saat ini adalah mekanisme untuk menginputkan/mengirimkan data ke BPJS tanpa harus input manual di pCare, bukan sebaliknya.

  • Budiman

    Saya mao nanya dong caranya mengajukan customer id untuk kebutuhan pembuatan bridging, di bagian bpjsnya saya ajukan ke bagian mana yah? Thanks

Show Buttons
Hide Buttons