fatcounter

Kontrol Berat Badan dengan Smartphone

Berat badan adalah hal yang sangat sensitif dibicarakan di muka umum, khususnya bagi kaum hawa, mengingat berat badan berhubungan langsung dengan keindahan postur tubuh. Terlalu gemuk dan terlalu kurus selain berakibat pada susahnya memilih pakaian, juga masalah pada pekerjaan, bahkan berdampak pada kesehatan. Sudah banyak cara dilakukan dalam peningkatan atau penurunan berat badan, namun banyak juga usaha yang akhirnya gagal.

Kini seiring dengan berkembangnya teknologi, telah muncul aplikasi mobile (apps)  pengontrol berat badan berlabel Fatsecret.  Aplikasi ini bernama lengkap Calorie Counter by FatSecret yang tersedia gratis untuk iPhone, iPad maupun ponsel android. Pada dasarnya Fatsecret merupakan apps untuk mereka yang sedang menjalankan diet berbasis kalori, salah satunya adalah menghindari penyakit diabetes. Fatsecret telah memiliki komunitas pengguna di lebih dari 35 negara dan aplikasinya sendiri  memiliki 15 bahasa, termasuk bahasa Indonesia. Apps ini menyuguhkan panduan untuk menurunkan berat badan, menstabilkan berat badan, serta menambah berat badan.

fatcounter2

Fitur dalam aplikasi ini meliputi:

  • Catatan makanan  harian untuk merencanakan dan melacak apa yang telah pengguna  makan.
  • Catatan latihan harian untuk mencatat semua kalori yang dibakar.
  • Jurnal makanan yang sangat lengkap dan bervariasi sehingga memandu pengguna mengetahui jumlah kalori yang terkandung dalam setiap makanan. Pilihan cepat untuk menemukan info kalori dan gizi pada makanan favorit, merek, dan restoran.
  • Kalender diet untuk melihat kalori yang dikonsumsi dan dibakar.
  • Pelacak berat badan untuk melihat data berat badan yang dimasukkan dari waktu ke waktu.
  • Laporan untuk melihat jenis makanan yang telah dikonsumsi pengguna dalam periode mingguan atau harian.
  • Resep; untuk melihat berbagai resep masakan beserta informasi kandungan gizinya.

Aplikasi ini telah didownload lebih dari 50 juta kali pada berbagai platform mobile. Kunci dari kesuksesan penurunan atau penambahan berat badan menggunakan apps ini adalah dengan disiplin memasukkan data setiap harinya yang menjadi tanggung jawab masing-masing pengguna.

Gawaisehat juga mengulas tentang apps yang membantu para penderita diabetes untuk mengatur cara kunyah dengan garpu pintar Hapifork. Silahkan Anda berkunjung ke artikel tersebut.

 

(Wahyu D.)

Sumber: fatsecret, detik-inet, id.techinasia

Check Also

mobile-health-apps

[Survey] Berbagai Jenis Aplikasi Kesehatan Berbasis Mobile Di Pasaran

Terdapat berbagai mobile health apps atau aplikasi kesehatan berbasis mobile di pasaran, mulai dari yang memiliki fungsi sederhana hingga yang kompleks.

Show Buttons
Hide Buttons