kontrol kelahiran

Era Baru Kontrol Kelahiran: Layanan Kontrasepsi Online

Terkait dengan kontrol kelahiran, sebuah web dan mobile apps baru di Amerika memungkinkan wanita untuk mendapatkan resep kontrasepsi tanpa harus bertemu dengan dokter. NurxMavenLemonaidVirtuwell dan Prjkt Ruby menawarkan sebuah program yang membuat wanita dapat menjawab pertanyaan mengenai kesehatan reproduksi mereka secara online atau dengan video; jawaban akan diulas oleh dokter yang akan menuliskan resep untuk kontrasepsi oral yang dapat diambil oleh pasien di apotek terdekat. Layanan ini ditawarkan untuk wanita yang saat ini mengonsumsi pil pengontrol kelahiran dan wanita yang belum berpengalaman dengan pil pengontrol kelahiran.

Nathaniel DeNicola, seorang dokter Obsgyn di Universitas Pennsylvania dan seorang ahli Obstetri-Ginekologi American College di bidang mobile dan media sosial mengatakan bahwa keuntungan utama dari aplikasi ini adalah meningkatkan akses untuk kontrasepsi. “Harapannya adalah program ini dapat meningkatkan pemanfaatan beberapa bentuk kontrasepsi serta meningkatkan ketaatan dan penyesuaian kontrol kelahiran yang merupakan isu yang cukup panas saat ini.”

Program ini juga dikerjasamakan dengan pihak asuransi. Untuk pengguna yang tidak memiliki asuransi, pil pengontrol kelahiran bisa didapatkan dengan harga $15 per bulan.

Namun inovasi ini memiliki keterbatasan yaitu tidak dapat menggunakan apps untuk mendapatkan IUD [intrauterine device] atau implant. Hanya kotrasepsi oral yang ditawarkan melalui program ini sehingga pengguna bisa saja tidak mengetahui mengenai pilihan lain jenis kontrasepsi yang mungkin sesuai bahkan lebih baik untuk mereka. Menurut ACOG (The American Congress of Obstetricians and Gynecologists), sebenarnya menggunakan kontrol kehamilan dengan IUD lebih efektif daripada mengonsumsi kontrasepsi oral. Dengan kontrasepsi jangka panjang, tidak perlu lagi mengingat untuk mengonsumsi pil setiap harinya. Sekali dipasang, IUD dan implant control kelahiran dapat bertahan di dalam tubuh selama 10 tahun.

Sementara itu, jika Anda memiliki masalah kesehatan yang kronis, Anda lebih baik bertemu secara langsung dan berdiskusi dengan dokter Anda mengenai apakah kontrasepsi oral aman untuk Anda.

Meskipun demikian, inovasi digital ini menghapus berbagai hambatan akses terhadap kontrasepsi. Tidak perlu lagi mengorbankan waktu, mengambil cuti misalnya, dan menjadwalkan pertemuan dengan dokter hanya untuk mendapatkan resep kontrasepsi.

 

(Naufal Farah Azizah)

 

Sumber: usnews

Check Also

mobile-health-apps

[Survey] Berbagai Jenis Aplikasi Kesehatan Berbasis Mobile Di Pasaran

Terdapat berbagai mobile health apps atau aplikasi kesehatan berbasis mobile di pasaran, mulai dari yang memiliki fungsi sederhana hingga yang kompleks.

Show Buttons
Hide Buttons