loreal UV patch

L’Oréal My UV Patch: Mengukur Paparan Sinar UV dengan Smartphone

Bahaya sinar ultra violet (UV) dapat mengintai kita dimanapun kita berada, terlebih apabila kita berada di luar ruangan. Para ahli kesehatan mengungkapkan bahwa manusia yang terpapar sinar UV dengan intensitas yang tinggi dapat terkena penyakit kanker kulit, katarak, hingga penurunan sistem kekebalan tubuh. Melihat bahaya sinar UV terhadap kesehatan manusia, sangat bermanfaat jika ada sistem yang dapat mendeteksi paparan intensitas sinar UV.

Tahun ini L’Oréal meluncurkan produk terbaru yang kali ini bukan merupakan produk rias wajah ataupun perawatan tubuh. Perusahaan kecantikan asal perancis ini meluncurkan sebuah produk yang  diberi nama “My UV Patch”. Produk ini akan membantu pemakai untuk mengetahui seberapa besar paparan sinar UV terhadap kulit pemakai. My UV Patch terdiri dari dua komponen yaitu  dalam bentuk stiker eletronik yang ditempel pada kulit dan aplikasi pada  smartphone.

Stiker yang ditempel mengandung photosensitive yang akan berubah warna ketika terkena sinar UV untuk menunjukan berbagai tingkat paparan sinar matahari. Perubahan warna tersebut  tergantung pada intensitas cahaya dan berapa lama stiker itu terpapar sinar UV. Pemakai akan mengambil foto dari My Uv Patch dan mengungggahnya pada aplikasi My UV Patch di smartphone, aplikasi akan menganalisis photosensitive untuk menunjukan jumlah paparan sinar UV yang sudah terserap oleh kulit. “Dengan menggunakan teknologi, kita bisa melihat paparan dari luar tubuh terhadap kulit, termasuk sinar UV.” Ujar Guive Balooch selaku wakil presiden Global dari L’Oréal’s Technology Incubator.

Produk ini sangat cocok digunakan untuk memonitoring kulit terhadap paparan sinar UV, terlebih bagi mereka yang tinggal di daerah tropis. Bagi anda yang ingin mencoba produk ini, mungkin anda harus menunggu beberapa bulan lagi karena rencananya  produk “My UV Patch”  baru akan didistribusikan di akhir tahun ini.

 

(Mega Septiani)

Sumber: loreal

Check Also

mobile-health-apps

[Survey] Berbagai Jenis Aplikasi Kesehatan Berbasis Mobile Di Pasaran

Terdapat berbagai mobile health apps atau aplikasi kesehatan berbasis mobile di pasaran, mulai dari yang memiliki fungsi sederhana hingga yang kompleks.

Show Buttons
Hide Buttons