pneumatic tube system

Pneumatic Tube System: Solusi Distribusi Logistik di Fasyankes

PENGERTIAN

Pneumatic tube adalah alat pengirim / pengantar sample blood, medical record, obat-obatan dan dokumen administrasi yang rutin dilakukan pada suatu fasilitas layanan kesehatan. Pneumatic tube merupakan sistem yang cepat dan handal, sehingga pengiriman akan menjadi cepat, tepat, handal, efisien dan efektif.

Sejarah pneumatic tube system dan kepopulerannya dewasa ini sesungguhnya mempunyai bentangan sejarah waktu yang sangat jauh. Sejarah mencatat bahwa sistem pneumatic tube ini mulai muncul pada era tahun 1660 dimana seorang ahli dari kebangsaan Jerman, Otto Von Guericke, telah memulai invensi sistem tersebut.

PERUSAHAAN PENYEDIA

Aerocom UK Ltd merupakan salah satu perusahaan penyedia Pneumatic Tube System. Dalam rumah sakit dan sektor kesehatan, Aerocom memiliki lebih dari 100 sistem operasi. kualitas produk dan layanan yang diberikan oleh Aerocom telah membantu mengurangi perputaran waktu untuk pelayanan pasien di rumah sakit dan telah memberikan penghematan yang signifikan dalam memberikan layanan kesehatan.

KOMPONEN PADA PNEUMATIC TUBE SYSTEM

Pneumatic tube system terdiri atas beberapa komponen, yaitu:

  1. Stasiun, merupakan tempat pengiriman dan penerimaan carrier atau barang yang telah dikirim dari atau ke stasiun yang terhubung dengan pusat kontrol
  1. Pengalir, merupakan tempat pengiriman untuk meluncurkan barang atau jalan untuk carrier yang dihubungkan dari blower sampai stasiun.
  1. Pusat kontrol, merupakan pusatnya kontrol semua sistem yang dilengkapi dengan PC untuk memprogram sistem yang dikehendaki yang dihubungkan ke semua sistem pneumatic
  1. Blower, merupakan mesin pendorong carrier atau tabung supaya barang yang dikirim sampai ke tempat tujuan yang diinginkan.
  1. Sistem kopling, merupakan sistem yang berfungsi sebagai percabangan pipa yang dihubungkan ke stasiun yang mempunyai 1 input dan outputnya bisa 2,3, sampai 4 lubang.

CARA PEMAKAIAN

Isi tabung dengan barang yang akan dikirim.

pts1

Masukkan tabung pada station peluncur

pts2

Tekan / sentuh tulisan “SEND” atau sesuai petunjuk penggunaan pada masing – masing mesin pengirim. Biasanya disini juga mengatur ke lantai berapa barang akan dikirim.

pts3

 

(Dyan Riska R.)

 

Sumber :

http://www.aerocom.co.uk/about/

http://digilib.mercubuana.ac.id/manager/[email protected]_skripsi/Isi3229748586719.pdf

http://marketingmitrateknologiima.blogspot.co.id/2013/09/cara-pemakaian-pneumatic-tube-system-pts.html

Check Also

nano retina 2

Nano Retina: Chip untuk Mengatasi Kebutaan

Nano Retina, sebuah perusahaan di Israel, mengembangkan teknologi berupa implant untuk menggantikan fungsi fotoreseptor yang rusak.

Show Buttons
Hide Buttons