Endomondo

Olahraga Kekinian dengan Aplikasi Endomondo

Berolahraga kini menjadi kian menarik dengan hadirnya berbagai macam aplikasi untuk smartphone khususnya yang berbasis android yang dapat diunduh secara gratis di internet. Salah satu aplikasi tersebut adalah Endomondo. Ini adalah aplikasi yang dikembangkan oleh endomondo.com, sebuah tim developer asal Denmark yang didirikan oleh Mette Lykke, Christian Birk, dan Jakop Jonck.

Misi Endomondo sendiri adalah memotivasi orang untuk selalu aktif berolahraga dengan cara yang menyenangkan. Oleh karena itu mereka membuat aplikasi yang menawarkan pengalaman layaknya berolahraga bersama seorang personal trainer pribadi langsung dari smartphone kita. Untuk mulai menggunakan aplikasi ini, terlebih dahulu kita mengunduhnya di google play store. Kemudian kita diharuskan membuat akun keanggotaan komunitas Endomondo dengan akun sosial media yang kita miliki seperti google plus, facebook ataupun email.

Pihak developer aplikasi ini tampaknya benar-benar total dalam menggarap endomondo karena banyak sekali fitur yang ditawarkan bahkan untuk free user sekalipun, diantaranya Track Your Fitness, dimana kita bisa memonitor langsung durasi,  kecepatan, jarak, serta kalori yang dibakar tubuh kita saat berolahraga. Kemudian terdapat  juga fitur Set a Goal and Take on Challanges, yakni keleluasaan untuk menseting waktu, jarak atau kalori yang ingin dibakar selama latihan yang akan dipandu oleh audio coach hingga kita mencapai tujuan yang telah kita tentukan sebelumnya.

Endomondo2

Bagi yang memilih endomondo premium selain fitur-fitur yang tersedia dalam mode free charge, juga akan mendapatkan fitur tambahan yang tak kalah menarik seperti porsi menu latihan personal, analisa zona detak jantung untuk setiap latihan yang dipilih, rangkuman data statistik latihan seperti kalori yang terbakar perbulan, jarak lari yang telah ditempuh setahun, dan sebagainya. Disamping itu pengguna akun premium endomondo juga akan dimanjakan dengan ad free experience alias bebas iklan. Untuk menjadi premium user, pihak Endomondo menawarkan dua alternatif pilihan berlengganan yakni bulanan dan tahunan dimana masing-masing pilihan akan dikenakan biaya sebesar 75.000 rupiah dan 340.634 rupiah.

Fitur unggulan lainnya adalah aplikasi ini dapat terhubung dengan gawai android semisal smartwatch. Yang tak kalah seru, terdapat pula fitur Get Social dimana kita dapat berbagi foto, mengirim dan menerima real time audio pep talk, saling memotivasi maupun memberikan komen dari hasil latihan teman yang muncul di news feed.

Selain sejumlah fitur tersebut, semua data yang tercatat dalam aplikasi endomondo akan secara otomatis terkirim ke dalam profil kita di www.endomondo.com. Dalam website tersebut, kita dapat menganalisa dan mereview perkembangan kondisi tubuh kita selama menjalankan latihan yang telah kita lakukan sebelumnya, sekaligus berinteraksi serta bersaing dengan sesama anggota komunitas global penggemar olahraga lainnya. Menarik bukan?

 

(Abdillah  Azis)

Sumber:

Googleplaystore/endomondo

Check Also

mobile-health-apps

[Survey] Berbagai Jenis Aplikasi Kesehatan Berbasis Mobile Di Pasaran

Terdapat berbagai mobile health apps atau aplikasi kesehatan berbasis mobile di pasaran, mulai dari yang memiliki fungsi sederhana hingga yang kompleks.

Show Buttons
Hide Buttons