instant heart rate

Aplikasi Instant Heart Rate: Cek Kesehatan Jantung dengan Smartphone

Menjaga kesehatan jantung sangat penting, mengingat saat ini penyakit-penyakit degeneratif termasuk penyakit jantung coroner merupakan penyakit pembunuh utama. Salah satu indikator kesehatan jantung dapat dilihat dari frekuensi detak jantung, sehingga pengecekan denyut jantung perlu dilakukan secara kontinyu di setiap kesempatan guna mendeteksi lebih dini timbulnya penyakit.

Kini teknologi kesehatan telah banyak menciptakan aplikasi praktis pengukur denyut jantung, salah satunya Instant Heart Rate (IHR). Aplikasi ini bisa dipasang pada smartphone jenis apapun dan tidak memerlukan perangkat keras eksternal tambahan. Fitur yang ditanam dapat digunakan untuk mengetahui :

✓ Pengukuran denyut jantung

✓ Real time PPG graph (mirip dengan ECG / EKG / Cardiograph)

✓ Pemantauan jantung saat berkegiatan atau berolahraga

Penggunaan aplikasi sangat mudah, yaitu dengan meletakkan ujung jari telunjuk  pada kamera ponsel kemudian dalam beberapa detik rekaman detak  jantung akan tampil. Cara kerjanya adalah mendeteksi melalui sensor ujung jari dengan menggunakan built-in kamera smartphone untuk melacak perubahan warna pada ujung jari yang secara langsung terkait dengan denyut nadi. Aplikasi ini akan bekerja lebih baik saat melacak perubahan warna pada ujung jari dengan menggunakan flash atau ruangan dengan tingkat kecerahan tinggi. Sebuah grafik real-time akan ditampilkan pada layar sesuai dengan denyut nadi yang berdetak dalam durasi 10 detik. Aplikasi ini juga akan menampilkan rata-rata denyut nadi berdetak dalam 10 detik tersebut. Teknik seperti ini sama dengan penggunaan medical pulse oximeters, yang telah dikenal di dunia alat kesehatan sebelumnya.

Para penderita penyakit kardiovaskular, stroke, Afib (fibrilasi atrium), serangan jantung, stres dan diabetes akan sangat terbantu dalam memantau kondisi detak jantung mereka. Akurasi aplikasi ini telah diakui sebagaimana telah digunakan oleh para pelatih kebugaran, atlet dan 25 juta pengguna lain yang tidak hanya digunakan bagi penderita penyakit, tetapi juga sebagai pemantau kesehatan jantung mereka yang sehat.

IHR menjadi alat praktis guna mengukur detak jantung, apakah saat beristirahat, berolahraga, setelah berenang,  atau kegiatan lainnya hanya dengan menggunakan smartphone. Ujicoba aplikasi telah dilakukan dengan membandingkan detak jantung seseorang pada waktu dan keadaan yang sama dengan menggunakan IHR dan tensimeter yang dilengkapi dengan alat pengukur denyut jantung, hasilnya sama. Meskipun aplikasi ini cukup akurat, penggunaan aplikasi ini tidak bisa digunakan sebagai penentu diagnosis penyakit. Apabila ada gangguan pada jantung, maka seharusnya dikonsultasikan kepada ahli medis.

 

(Wahyu D.)

 

Sumber :

http://www.azumio.com/s/instantheartrate/index.html

http://play.google.com/store/apps/details?id=si.modula.android.instantheartrate&hl=en

http://doktersehat.com

Check Also

mobile-health-apps

[Survey] Berbagai Jenis Aplikasi Kesehatan Berbasis Mobile Di Pasaran

Terdapat berbagai mobile health apps atau aplikasi kesehatan berbasis mobile di pasaran, mulai dari yang memiliki fungsi sederhana hingga yang kompleks.

Show Buttons
Hide Buttons