Manfaat Rekam Medis Elektronik (RME) : Efisiensi Waktu Pengerjaan Tugas Pelengkapan Data Pasien

Melalui penerapan Rekam Medis Elektronik (RME), tugas-tugas administratif seperti  pengisian dan pelengkapan data pasien –yang berbasis kertas menggunakan formulir atau berkas– yang memerlukan waktu guna memenuhi syarat data yang lengkap akandapat dipangkas menjadi lebih efisien. Penelitian Keshavjee (2001) membuktikan bahwa penggunaan waktu untuk mengerjakan tugas pengisian data pasien di berkas bisa berkurang hingga 50% setelah memakai sistem RME.

MR manual

 

Sektor-sektor keuntungan menggunakan sistem RME

Laporan penelitian dari Canada Health Infoway tahun 2013 menyampaikan tentang apa saja keuntungan serta manfaat dari penggunaan RME di fasyankes, terutama rumah sakit. Ada 4 sektor di bawah ini yang mengalami keuntungan, yaitu:

1. Efisiensi waktu kerja, yaitu adanya dampak penggunaan RME yang dapat menghemat waktu kerja. Sektor ini mencakup subsektor penggunaan waktu kerja guna menyelesaikan tugas-tugas administratif berbasis kertas serta sebagian besar pengguna RME mendapatkan return of investment yang positif.

2. Hasil penggunaan RME memberikan keuntungan pada tingkat system kesehatan, yaitu menurunkan angka duplikasi tes diagnostik, meningkatkan Patient Safety melalui pengurangan KTD (kejadian tidak diinginkan) obat; serta meningkatkan kelayakan tes diagnostik.

3. Penggunaan RME lebih jauh dapat meningkatan outcome kesehatan dan keamanan pasien melalui pelayanan preventif dan manajemen penyakit kronis. Dengan RME juga terlihat dampak meningkatnya rerata imunisasi serta memungkinkan perubahan yang cepat dalam merespon prosedur pelayanan dan tindakan.

4. Penggunaan RME mendukung peningkatan interaksi dan komunikasi di antara anggota tim pelayanan serta antara pihak fasyankes dengan pasien. Dengan demikian akan mendukung peningkatan pelayanan berbasis tim dan menjaga kesinambungan pelayanan/perawatan; juga memfasilitasi peningkatan keseluruhan pelayanan terhadap pasien yang juga meningkatkan aspek mutu layanan rumah sakit.

 

Kemampuan RME pada sektor pekerjaan administratif

RME mampu mengurangi penggunaan waktu yang diperlukan utk menyelesaikan tugas-tugas administratif di rumah sakit, seperti:

· Pengumpulan berkas pasien

Sistem RME dapat mengurangi kebutuhan untuk penggunaan kertas dalam layanan pasien. Petugas tidak perlu selalu melakukan retrieval atau ambil-simpan berkas rekam medis, juga mengurangi waktu pencarian berkas yang misfile atau salah simpan.

· Pengaturan hasil laboratorium

Penggunaan RME bisa mempercepat proses pemeriksaan laboratorium, entry permintaan pemeriksaan lebih akurat, menjamin kecocokan data hasil laboratorium, rute yang tepat dan benar dari permintaan hingga keluarnya hasil laboratorium, otomatisasi status permintan pemeriksaan laboratorium, dan validasi informasi asuransi yang lengkap.

· Penjadwalan / Scheduling

Meskipun penjadwal tidak harus memerlukan sistem RME, tetapi RME bisa mengaktifkan fitur guna tersambung secara langsung dengan informasi pasien secara spesifik.

· Penagihan / Billing

Sistem RME memungkinkan penggunaan fasilitas penagihan, mengurangi kemungkinan kesalahan kegiatan penagihan dan meningkatkan pencatatan dokumen klinik. Beberapa model system RME membuat info diagnosis dan kode billing dalam bahasa umum, sehingga bisa mengurangi penggunaan waktu untuk mencari bahasa kode.

· Dokumentasi klinis

Entry data secara komputerisasi bisa mengurangi waktu pencatatan data pasien dan informasi visit, mengingat pencarian data dilakukan secara shortcuts dan otomatis. Juga memastikan keterbacaan atau kejelasan informasi antar tim medis, yang pada akhirnya dapat mengurangi kegiatan tindak lanjut dan pengecekan berkali-kali.

· Entry Order

RME dapat mengurangi waktu yang dibutuhkan untuk mengerjakan tugas-tugas pengiriman, pencetakan, dan sebagainya dalam prosedur permintaan tes laboratorium serta prosedur radiologi. Dengan RME secara tidak langsung akan menghemat waktu karena informasi order atau permintaan sudah langsung lengkap dan terbaca jelas.

· Manajemen akses info pasien

RME dapat meningkatkan akses kebutuhan informasi selama berhubungan dengan pasien.

 

Manfaat yang menguntungkan

Kemampuan RME dalam “menyelesaikan” tugas-tugas administratif di atas, menghasilkan keuntungan yang cukup berarti. Berikut data penelitian Canada Health Infoway 2013:

Estimasi manfaat penggunaan RME dalam mengurangi waktu mengisi berkas adalah penghematan waktu sebesar 4,5 juta jam (1,8 jam tiap dokter perminggu) dan perkiraan pengurangan biaya dari kegiatan itu atau keuntungan yang dirasakan adalah sebesar 84juta dollar.

Untuk penentuan diagnosis, pengurangan waktu kegiatan permintaan tes laboratorium adalah sekitar 15,6 menit. Sedangkan penghematan waktu adalah sebesar 5,0 juta jam (2,0 jam tiap dokter permMR electronicinggu) dengan perkiraan penghematan biaya sekitar 93 juta dollar.

Tentu saja data tersebut merupakan hasil secara kuantitatif. Manfaat sesungguhnya adalah bagaimana kegiatan pekerjaan dapat benar-benar terbantu sebagaimana yang dirasakan oleh pengguna system RME, selain merasa aman dan nyaman.

 

(rawi miharti)

Sumber:

A Full Report of a 2013 Commissioned Study by Canada Health Infoway. www.infoway-inforoute.ca

Keshavjee, K., Troyan, S., Holbrook, A.V. (2001) Measuring the success of Electronic Medical Record Implementation using electronic and survey data. Proceedings of the AMIA Symposium.

Check Also

electronic health record

Inilah Tahapan Ideal Implementasi Rekam Medis Elektronik di Rumah Sakit

Berikut adalah tahapan ideal dalam implementasi rekam medis elektronik, khususnya di rumah sakit.

Show Buttons
Hide Buttons